Tips Membangkitkan Semangat untuk Kembali Olahraga

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 08 Sep 2019, 14:30 WIB
Menjelang Hari Olahraga Nasional, Anda perlu membangkitkan semangat untuk berolahraga. Ada tips yang bisa Anda ikuti, lo!
Tips Membangkitkan Semangat untuk Kembali Olahraga (Focus-and-Blur/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Anda sedang dalam kondisi tidak bersemangat untuk berolahraga? Jangan khawatir, ada cara yang bisa Anda lakukan untuk membangkitkan kembali semangat berolahraga. Apalagi momentumnya saat ini dirasa sangat pas, yakni menjelang Hari Olahraga Nasional (Haornas).

Ya, mumpung momentumnya tepat, tak ada salahnya untuk kembali menggelorakan semangat rutin olahraga. Menurut dr. Nitish Basant Adnani BMedSC, MSc dari KlikDokter, dengan olahraga rutin, Anda akan memiliki tulang dan otot yang lebih kuat, menjaga berat badan tetap ideal, meningkatkan energi, daya tahan tubuh lebih prima, serta membuat tekanan darah dan kolesterol tetap stabil.

"Akan tetapi, konsistensi untuk melakukan olahraga setiap hari hingga menjadikannya gaya hidup tidaklah mudah dicapai. Seolah-olah, ada banyak alasan merintangi Anda berolahraga setiap hari selama 30 menit, sesuai anjuran para ahli," ujar dr. Nitish. 

Ya, olahraga perlu konsistensi. Apa pun olahraganya, Anda butuh melakukannya selama 30 menit, minimal 5 hari dalam seminggu.

Sumber motivasi untuk berolahraga

Pada dasarnya, motivasi adalah penting ketika ingin berolahraga. Bagi para atlet, misalnya, motivasi untuk berolahraga mungkin datang dari keinginan untuk bersaing dan menang. Namun bagi orang kebanyakan, motivasi berolahraga dipicu oleh keinginan menurunkan berat badan dan hidup sehat.

Apa pun motivasi Anda, tidak ada yang salah. Asalkan Anda melakukannya dengan konsisten dan bertanggung jawab. Lantas bagaimana jika Anda masih kekurangan motivasi? Tujuh hal ini mungkin bisa membantu Anda.

1. Tujuan

Langkah pertama adalah memiliki sesuatu untuk dikerjakan. Tidak masalah apakah itu tujuan penurunan berat badan atau tujuan lainnya, yang penting bisa membuat Anda berhasil dalam berolahraga. Lalu, jangan berpikir juga bahwa Anda harus menetapkan hanya satu tujuan. Anda dapat mengatur sebanyak yang Anda suka, kapan pun Anda mau.

Tetapkan tujuan harian, misalnya "saya akan berjalan selama 20 menit hari ini". Bisa juga tujuan mingguan "saya akan mendapatkan minimal 3 latihan dalam minggu ini".

2. Persiapan

Setelah Anda memutuskan untuk berolahraga, siapkan segala sesuatu sebelumnya untuk memudahkan Anda. Misalnya, kemasi tas olahraga Anda malam sebelumnya, siapkan makanan atau camilan sebelum latihan untuk menambah mood, siapkan handuk dan botol minuman, serta rencanakan latihan apa yang akan dilakukan.

1 of 2

Selanjutnya

3. Disiplin

Buat rutinitas dan Anda akan mengembangkan disiplin untuk mematuhinya. Jika Anda bisa, rencanakan waktu reguler Anda untuk bisa berolahraga. Begitu saatnya tiba, Anda seperti otomatis untuk melaksanakannya. 

Anda juga dapat membuat ritual untuk menambah semangat berolahraga. Misalnya, luangkan waktu beberapa menit sebelum mulai untuk mendengarkan lagu dengan tempo yang cepat yang pada akhirnya membuat Anda siap untuk aktivitas fisik. Temukan cara untuk menjadikan olahraga seperti kebiasaan sehari-hari, seperti menyikat gigi.

4. Fleksibilitas

Rutinitas sangat membantu, tapi jangan terlalu kaku. Anda tetap bisa menetapkan beberapa kelonggaran. Anda mungkin berencana joging 5 mil 4 kali seminggu, tetapi akan tiba suatu hari ketika Anda terlalu lelah atau Anda tidak punya waktu. Jika itu terjadi, jangan paksakan. Namun ingat, jangan sampai kelonggaran yang Anda berikan itu malah kebablasan.

5. Komitmen

Menjadi sehat bukanlah keputusan yang Anda buat sekali, itu keputusan yang Anda buat setiap hari. Berkomitmen kembali ke tujuan Anda membuat Anda tetap pada jalurnya. 

Luangkan beberapa menit setiap pagi untuk berpikir atau menulis tentang apa yang ingin Anda capai hari itu dan bagaimana Anda akan melakukannya. Ingatkan diri sendiri tentang tujuan Anda dan luangkan waktu untuk menghargai seberapa jauh Anda telah mencapai itu.

6. Jadikan olahraga menyenangkan

Semua daftar di atas akan menjadi percuma jika Anda tidak menikmati berolahraga. Pastikan Anda merasakan bahwa olahraga adalah sesuatu yang menyenangkan. Jika Anda sudah merasa monoton, luangkan waktu untuk gerakan yang tidak terstruktur dan mengalir bebas. Misalnya berjalan-jalan atau menari mengikuti alunan musik.

7. Hadiah

Berjanjilah bahwa Anda akan memberikan hadiah kepada diri sendiri setelah Anda mencapai tujuan. Mungkin Anda menghadiahi diri Anda sendiri dengan pijatan yang menyegarkan tubuh selepas latihan melelahkan. 

Tak sulit membangkitkan semangat untuk kembali berolahraga. Tips-tips di atas bisa jadi panduan Anda. Nah, semoga menjelang Hari Olahraga Nasional besok Anda bisa menetapkan target-target tentu terkait olahraga yang membuat Anda lebih sehat.

[HNS/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓