Kecantikan Area Kewanitaan Bantu Wanita Lebih Percaya Diri

Oleh Hotnida Novita Sary pada 09 Sep 2019, 10:00 WIB
Kecantikan area kewanitaan atau intimate beauty adalah hal yang sangat penting, hingga bisa meningkatkan rasa percaya diri wanita.
Kecantikan Area Kewanitaan Bantu Wanita Lebih Percaya Diri (Foto: Andalan Feminine Care)

Klikdokter.com, Jakarta Timbulnya bau serta area kewanitaan berwarna gelap adalah beberapa hal yang dapat merusak kepercayaan diri wanita di atas ranjang. Kecantikan serta kesehatan area kewanitaan atau intimate beauty merupakan hal yang sangat penting bagi seorang wanita. Saking pentingnya intimate beauty, sebanyak 52 % wanita sengaja menghindari hubungan seksual dengan pasangannya walaupun sudah “turn on” hanya karena merasa tidak siap dengan tubuhnya. 

Ditambah lagi, 13 % dari perempuan mengaku hanya mau berhubungan seksual dalam keadaan gelap karena merasa tidak percaya diri. Fakta menarik lain menyebutkan bahwa perempuan cenderung tertutup berbicara terkait seksualitas dibandingkan dengan lelaki. Perasaan tabu dan malu antara lain mendasari hal ini. Pada akhirnya, hal ini berujung pada menurunnya kepuasan seksual para wanita secara signifikan.

Hal tersebut menjadi tema diskusi acara “Perempuan dan Berbagai Permasalahan ‘Intim’ yang Jarang Terungkapkan” yang digelar Andalan Feminine Care di Langit Seduh Kafe, Rabu (4/9) lalu.

Pentingnya memiliki intimate beauty

Menurut Maharani Anindita, Brand Manager Andalan Feminine Care, intimate beauty adalah suatu kondisi ketika perempuan merasa aman dan nyaman terkait kesehatan area kewanitaannya. Namun, kurangnya pengetahuan akan pentingnya kesehatan seksual dan reproduksi, hingga rasa risih dan malu untuk membicarakannya, membuat wanita sering merasa tidak aman dengan intimate beauty

“Akibatnya, banyak wanita yang menghadapi berbagai permasalahan ranjang tanpa tahu apa yang harus dilakukan, dan pasif untuk mencari solusi,” dia menuturkan.

Dalam kesempatan yang sama, dr. Dinda Derdameisya Sp.OG menambahkan dengan menjaga intimate beauty, seorang wanita akan lebih paham kondisi kesehatan area kewanitaannya. 

“Anda sebagai wanita juga dapat membedakan kondisi organ kewanitaan yang normal dan yang sedang terinfeksi. Anda pun dapat segera mencari rujukan medis, serta meningkatkan kondisi kebersihan organ intim mereka ketika ada masalah,” dr. Dinda melanjutkan.

Dengan intimate beauty, dijelaskan dr. Haekal Anshari, M. Biomed (AAM), seorang wanita akan merasa sangat terbantu untuk meningkatkan rasa percaya diri pada aktivitas seksualnya. 

“Hal itu karena mereka sudah memiliki organ seksual yang sehat untuk melakukan hubungan seksual yang memuaskan, baik untuk pasangan maupun dirinya sendiri,” ujar dr. Haekal.

1 of 2

Tips menjaga intimate beauty

Tips menjaga intimate beauty (Foto: Andalan Feminine Care)
Tips menjaga intimate beauty (Foto: Andalan Feminine Care)

Lantas, apa saja yang harus dilakukan untuk menjaga intimate beauty? Dokter Dinda dan dr. Haekal sepakat untuk menyebutkan tiga poin utama yang bisa Anda lakukan untuk merawat area kewanitaan Anda, antara lain:

  1. Be Confident, selalu percaya diri dengan tubuh. Selain itu, jangan lupa untuk menciptakan mindset percaya diri dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Be Talkative, berani lebih terbuka dan tak tabu lagi berbicara tentang kesehatan seksual reproduksi.
  3. Be Prepared, selalu siap sedia untuk menjaga kebersihan dan kesehatan organ kewanitaan kapan pun dan di mana pun berada.

Kecantikan dan kesehatan area kewanitaan merupakan hal yang penting bagi seorang wanita agar tampil lebih percaya diri di atas ranjang bersama pasangan. Untuk itu, jagalah kebersihan dan kesehatannya. Selain dapat menggunakan cairan khusus untuk area kewanitaan, hindari memakai celana yang terlalu ketat. Lebih baik gunakan celana dalam yang longgar dan berbahan katun. Hindari mencukur bulu kemaluan dengan pisau cukur karena bisa membuat area kewanitaan menghitam. Selain itu, konsumsilah makanan sehat dan cukupi kebutuhan air minum air agar kulit tidak kering.

[RVS]

Lanjutkan Membaca ↓