Kenali Gejala Sel Kanker Menyebar seperti dialami Ria Irawan

Oleh dr. Alvin Nursalim, SpPD pada 09 Sep 2019, 15:10 WIB
Akibat kanker kambuh, aktris Ria Irawan harus menjalani perawatan. Sel kankernya bahkan menyebar. Gejala seperti apa yang perlu diwaspadai?
Kenali Gejala Sel Kanker Menyebar seperti dialami Ria Irawan (Muhammad Akrom Sukarya/Kapanlagi)

Klikdokter.com, Jakarta Salah satu alasan mengapa kanker merupakan penyakit yang sangat berbahaya adalah kemampuannya untuk menyebar ke berbagai organ lain dalam tubuh. Kondisi ini pula yang tengah dialami aktris dan seniman, Ria Irawan. Bahkan diduga sel kanker sudah menyebar ke berbagai organ lain. 

Sel-sel kanker dapat menyebar secara lokal dengan berpindah ke jaringan normal terdekat. Selain itu, kanker juga dapat menyebar secara regional, yaitu ke kelenjar getah bening, jaringan, atau organ di sekitarnya.

Namun, ternyata kanker juga dapat menyebar ke bagian tubuh lain yang jaraknya jauh. Hal ini dikenal sebagai metastasis, yaitu tahapan di mana kanker telah menyebar jauh. Pada kebanyakan jenis kanker, umumnya kondisi ini juga disebut sebagai kanker stadium IV.

Kanker yang mengalami metastasis akan tetap memiliki nama sesuai dengan kanker awalnya. Misalnya, pada kanker payudara yang menyebar ke paru-paru, maka akan tetap disebut sebagai kanker payudara yang mengalami metastatis, bukan berubah menjadi kanker paru-paru.

Gejala kanker bermetastasis

Lalu, apa saja gejala dari kanker yang bermetastasis? Kondisi ini tidak selalu menimbulkan gejala. Tapi ketika gejala muncul, maka akan tergantung pada ukuran dan lokasi organ tempat metastasis. 

Beberapa tanda umum kanker metastasis meliputi:

  1. Penyebaran ke tulang

Jika kanker sudah mengalami penyebaran ke tulang, maka dapat menimbulkan gejala berupa nyeri tulang dan patah tulang. Patah tulang sendiri dapat terjadi hanya dengan gerakan minimal yang seharusnya tidak menimbulkan cedera pada tulang. 

Jika penderita kanker mengeluhkan adanya nyeri tulang atau mengalami patah tulang, ada baiknya segera lakukan pemeriksaan pada tulang secara menyeluruh.

  1. Penyebaran ke otak

Jika kanker sudah menyebar ke otak, maka akan muncul keluhan berupa sakit kepala. Pada beberapa keadaan, penderita akan mengalami kejang atau pusing. Bahkan, pada keadaan yang berat, dapat terjadi penurunan kesadaran.

  1. Penyebaran ke paru

Penderita kanker yang mengalami penyebaran ke paru akan mengeluhkan adanya batuk dan sesak napas. Pada keadaan yang berat, metastasis paru juga dapat menyebabkan kesulitan bernapas yang berat.

Terdapat beberapa jenis kanker yang dapat menyebabkan penyebaran ke paru, antara lain kanker payudara, kanker usus besar, dan kanker paru.

  1. Penyebaran ke hati dan rongga perut

Jika kanker menyebar ke hati, maka penderita akan mengeluhkan adanya benjolan pada hati dan nyeri pada perut kanan atas. Penyebaran pada rongga perut akan menyebabkan perut menjadi semakin besar dan perut dapat terisi dengan cairan atau dikenal dengan istilah asites.

1 of 2

Mengenal penyebaran kanker

Sel kanker (Andrii Vodolazhskyi/Shutterstock)
Sel kanker (Andrii Vodolazhskyi/Shutterstock)

Kanker dapat menyebar ke hampir semua bagian tubuh. Akan tetapi, ada juga beberapa kanker yang memiliki kecenderungan menyebar ke organ tubuh tertentu dibanding ke organ yang lain. Sementara, organ tubuh yang paling umum menjadi tempat penyebaran kanker adalah tulang, hati, dan paru-paru. 

Berikut adalah daftar kanker dan organ yang paling umum menjadi penyebarannya:

  1. Kanker payudara: Metastasis ke paru, hati, dan tulang.
  2. Kanker usus besar: Metastasis ke hati dan paru-paru.
  3. Kanker paru: Metastasis ke kelenjar adrenal, tulang, dan hati.
  4. Kanker ovarium: Metastasis ke hati, peritoneum, dan paru.
  5. Kanker prostat: Metastasis ke paru, hati, dan tulang.
  6. Kanker rektum: Metastasis ke hati, peritoneum, dan kelenjar adrenal.
  7. Kanker lambung: Metastasis ke hati, peritoneum, dan paru.

Sama seperti sebagian besar penyakit serius lainnya, kunci untuk mencegah sel kanker menyebar – seperti yang kini dialami Ria Irawan – adalah deteksi dini dan pemantauan kanker secara berkala. Dengan demikian, sangat penting juga untuk mengetahui gejala sel kanker yang menyebar. Jadi, jangan anggap sepele pemantauan kanker walaupun sudah selesai berobat, ya.

[MS/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓