Mengenal 3 Manfaat Vitamin K untuk Kesehatan Tubuh

Oleh dr. Karin Wiradarma pada 10 Sep 2019, 09:00 WIB
Jika selama ini Anda lebih kenal dengan Vitamin A, B, C, D dan E, kini kenali manfaat vitamin K untuk kesehatan tubuh Anda!
Mengenal 3 Manfaat Vitamin K untuk Kesehatan Tubuh (Nataliya Arzamasova/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Hampir setiap orang tahu bahwa vitamin C dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Orang juga lebih banyak mengenal vitamin lainnya seperti A, B, D dan E. Namun, bagaimana dengan vitamin K? Tahukah Anda apa fungsi dan manfaat dari jenis vitamin yang satu ini?

Vitamin K paling dikenal dapat membantu proses pembekuan darah. Vitamin jenis ini paling sering diberikan pada bayi baru lahir, agar tidak mengalami perdarahan di dalam tubuh.

Vitamin K termasuk ke dalam golongan vitamin larut lemak, mirip dengan vitamin A, D, dan E. Vitamin ini pertama kali ditemukan pada tahun 1920-1930. Vitamin K itu sendiri sebenarnya terdiri dari banyak jenis, namun ada dua jenis utama yang paling banyak ditemukan dalam makanan yang dikonsumsi oleh manusia, yaitu vitamin K1 dan K2.

Vitamin K1 (phylloquinone) yang banyak terdapat di sayuran hijau adalah jenis vitamin K yang paling banyak dikonsumsi (75–90%). Contoh bahan makanan nabati yang banyak mengandung vitamin K1 adalah kale, bayam, lobak, dan brokoli. 

Sementara itu, vitamin K2 (menaquinone) banyak terdapat pada bahan makanan hewani atau fermentasi, seperti ayam, kuning telur, mentega, natto (fermentasi kacang kedelai khas Jepang) dan keju.  Selain itu, vitamin K2 juga dapat diproduksi oleh fermentasi bakteri usus manusia.

Berbeda sumber, berbeda pula cara tubuh memperlakukan jenis vitamin K tersebut. Vitamin K1 lebih sulit diserap oleh tubuh karena hanya kurang dari 10% saja yang dapat diserap oleh tubuh dari makanan. Sebaliknya, vitamin K2 lebih mudah diserap oleh tubuh. 

Para ahli menduga hal tersebut terjadi karena vitamin K merupakan vitamin larut lemak, sehingga keberadaannya di dalam bahan makanan hewani yang berlemak turut membantu penyerapan vitamin K2. Selain itu, vitamin K2 juga memiliki rantai yang lebih panjang sehingga dapat bertahan di dalam darah selama berhari-hari. Sedangkan, vitamin K1 yang memiliki rantai lebih pendek, hanya mampu bertahan di peredaran darah selama beberapa jam.

Manfaat vitamin K bagi kesehatan manusia

Beberapa manfaat vitamin K bagi kesehatan manusia yang telah dibuktikan oleh berbagai penelitian, di antaranya:

  1. Pembekuan darah

Proses pembekuan darah sangat penting untuk menjaga agar manusia tidak mudah kehilangan darah. Bayangkan, jika proses pembekuan darah terganggu, yang akan terjadi adalah perdarahan hebat hanya karena satu luka goresan kecil saja. 

Faktanya, beberapa protein yang berperan dalam proses pembekuan darah membutuhkan bantuan vitamin K (baik K1 maupun K2) dalam menjalankan tugasnya.

  1. Kesehatan tulang

Vitamin K juga berperan dalam mengaktivasi protein yang diperlukan untuk pertumbuhan tulang. Penelitian menemukan bahwa konsumsi suplemen vitamin K2 dapat secara signifikan menurunkan risiko patah tulang. 

Badan keamanan makanan Eropa juga menyetujui bahwa vitamin K penting untuk kesehatan tulang, selain dari kalsium, vitamin D, dan magnesium yang selama ini telah banyak diketahui.

  1. Kesehatan jantung

Penumpukan kalsium di pembuluh darah arteri dapat menyebabkan timbulnya plak penyebab serangan jantung. Vitamin K dapat menghambat proses tersebut, sehingga risiko terjadinya serangan jantung bisa diminimalkan.

Dalam hal ini, beberapa penelitian membuktikan bahwa vitamin K2 memberikan hasil yang lebih signifikan dibandingkan dengan vitamin K1.

Vitamin K memiliki banyak manfaat, meski kurang dikenal seperti vitamin-vitamin lainnya. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan vitamin K harian, yaitu 90 mikrogram per hari untuk wanita dan 120 mikrogram per hari untuk pria. Dengan mencukupi vitamin K setiap hari, kesehatan tubuh Anda pasti akan lebih terjaga lagi.

(NB/ RVS)