4 Cara Mengatasi Pipi Bengkak Akibat Sakit Gigi

Oleh drg. Wiena Manggala Putri pada 11 Sep 2019, 08:00 WIB
Pipi bengkak merupakan salah satu tanda adanya infeksi dari gigi berlubang. Atasi pipi bengkak karena sakit gigi dengan cara-cara berikut.
4 Cara Mengatasi Pipi Bengkak Akibat Sakit Gigi (Natali_ploskaya/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Pipi bengkak karena sakit gigi akan membuat penampilan wajah Anda sedikit berubah dan terlihat lebih bulat. Tak hanya itu, pembengkakan pada pipi terkadang disertai rasa sakit sehingga akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Sebelum belarut-larut, Anda perlu mengatasi kondisi tersebut sesegera mungkin. 

Sakit gigi adalah penyebab umum pipi menjadi bengkak. Ini merupakan masalah utama yang sering dialami banyak orang. Keadaan ini biasanya disebabkan oleh karena kurangnya menjaga kesehatan gigi dan mulut. Selain itu juga diakibatkan karena kebiasaan mengonsumsi makanan yang mengandung gula dalam kadar belebih.

Awal terjadinya pipi bengkak

Biasanya hal ini diawali dari kerusakan gigi, gigi berlubang atau adanya penyakit gusi yang dibiarkan saja.  Kondisi ini merupakan sumber timbulnya infeksi pada gigi.

Ketika infeksi terjadi, gusi dan wajah akan membengkak karena tubuh sedang berusaha memerangi bakteri yang sedang menyerang dalam tubuh. Bila kondisi tersebut tidak segera dilakukan perawatan, dapat bertambah parah dan menyebabkan abses.

Abses adalah kantong berisi nanah yang terbentuk di dalam mulut. Kondisi ini timbul disebabkan oleh adanya infeksi bakteri dan umumnya ditandai dengan rasa sakit. Bila tidak segera ditangani dapat memperburuk kondisi tubuh.

Gejala yang meliputi diantaranya sakit gigi berdenyut parah, nyeri dan bengkak pada gusi di sekitar gigi yang sakit, gigi terasa sensitive terhadap suhu panas dan dingin, demam, kesulitan saat mengunyah atau berbicara, kelenjar getah bening membengkak dan munculnya bau mulut.

Mengatasi Pipi Bengkak

Sakit gigi yang disertai adanya pembengkakan pada pipi memang sangat mengganggu penderitanya. Oleh karena itu, diperlukan penanganan segera agar tidak bertambah parah. Beberapa diantaranya:

  1. Kompres dingin

Dengan melakukan terapi dingin menggunakan es batu dapat membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit yang muncul pada daerah tersebut serta mempersempit pembuluh darah untuk memperlambat aliran darah ke daerah yang terkena.

Hindari menempel es batu secara langsung pada kulit, hal tersebut justru akan merusak jaringan dan memperburuk keadaan. Tempelkan es batu yang sudah dibungkus dengan kain atau handuk ke pipi yang bengkak selama 10 hingga 20 menit lalu istirahat selama 20 menit sebelum menempelkannya kembali. Ulangi hingga Anda merasa nyaman.

  1. Kumur air garam

Berkumur dengan air garam hangat juga dapat membantu mengatasi rasa sakit dan pembengkakan. Air garam dapat mengurangi kadar bakteri di dalam mulut karena bakteri tidak dapat bertahan hidup di air asin.

Caranya, campurkan 2 sendok garam ke dalam air hangat lalu aduk, kemudian kumur secara perlahan. Lakukan kegiatan ini 3 kali sehari sampai rasa sakit berkurang dan Anda merasa nyaman.

  1. Periksa ke dokter gigi

Jika pembengkakan pada pipi disertai rasa sakit yang hebat, demam, menggigil dan sakit saat membuka mulut, segera periksakan dokter gigi. Gejala-gejala tersebut dapat terkait dengan infeksi gigi yang bila dibiarkan akan merusak gusi serta jaringan dan menyebar ke tulang rahang.  Kondisi ini bahkan bisa menyebabkan infeksi darah atau sepsis yang mengancam jiwa. 

  1. Antibiotik

Jika penyebab pipi bengkak berasal dari infeksi gigi, obat antibiotik dapat mengurangi pembengkakan pada wajah. Namun, diperlukan pemeriksaan secara langsung terlebih dahulu dan atas rekomendasi oleh dokter gigi. 

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi pipi bengkak karena sakit gigi. Sebagai pencegahan, jagalah kebersihan gigi dan mulut serta lakukan pemeriksaan dengan dokter gigi minimal 6 bulan sekali secara rutin. Jangan sampai sakit gigi mengganggu hari-hari Anda. 

[RVS]