Ibu, Makan Ikan Bisa Bikin Anak Genius seperti BJ Habibie, Lo!

Punya anak genius seperti BJ Habibie adalah impian banyak orang tua. Nah, makan ikan ternyata bisa jadi salah satu langkah awalnya!
Ibu, Makan Ikan Bisa Bikin Anak Genius seperti BJ Habibie, Lo! (Foto: @b.jhabibie/Instagram)

Klikdokter.com, Jakarta Benar gak sih, bahwa kalau mau anak bisa genius seperti BJ Habibie harus rutin makan ikan? Nah Anda bisa lihat kiprah almarhum BJ Habibie semasa hidup.

Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie yang wafat Rabu 11 September lalu, punya gelar yang cukup panjang: Prof.Dr.Ing.H. Bacharuddin Jusuf Habibie, FREng. Semasa hidup Habibie dikenal sebagai salah satu orang genius di Indonesia. Penemuannya dalam hal teknologi dirgantara tidak hanya diakui dalam skala nasional, bahkan internasional. 

Baca Juga

Uniknya seperti dikutip Liputan6.com, makanan-makanan seperti ikan, sayur, dan buah memang menjadi makanan favorit pria kelahiran Parepare 25 Juni 1936 itu. Saat masih tinggal di Eropa, Habibie tetap menjadikan hidangan berbahan ikan sebagai makanan favoritnya.

Perlu Anda tahu, selain genetika dan lingkungan, kecerdasan yang optimal juga dipicu oleh konsumsi makanan bergizi setiap harinya. Nah, salah satu makanan yang dinilai bisa mengoptimalkan fungsi otak pada anak adalah ikan.

Makan ikan bikin pintar

Nah, jika Anda ingin memiliki anak genius seperti BJ Habibie, kebiasaan makan ikan tersebut dapat Anda sontek. 

“Ikan seperti salmon, kembung, tuna, tongkol, dan sarden adalah jenis makanan yang kaya akan omega-3, DHA dan EPA. Kombinasi zat gizi tersebut membuat asupan ini dapat membantu meningkatkan fungsi otak anak,” jelas dr. Karin Wiradarma, M. Gizi dari KlikDokter

Anda bisa memberikan anak dua porsi ikan setiap minggunya untuk pertumbuhan otak yang optimal. Namun, hindari memberi ikan secara berlebih karena berpotensi mengandung merkuri yang dapat merusak sel dan jaringan di dalam tubuh anak.

Selain itu, pilih juga buah-buahan yang mengandung antioksidan flavonoid dan vitamin C tinggi, seperti stroberi, ceri, blueberry, blackberry, dan raspberry. Zat-zat yang terkandung dalam buah-buahan tersebut bisa meningkatkan fungsi memori si Kecil.

“Ibu bisa menyajikan buah beri dalam bentuk jus, smoothies, atau buah potong yang sebelumnya sudah dimasukan dalam kulkas agar rasanya lebih segar saat masuk ke dalam mulut anak,” dia menambahkan.

Apabila anak enggan untuk memakan ikan karena rasa dan baunya yang amis, Anda bisa memberikan si Kecil minyak ikan dalam bentuk sirup maupun kapsul. Menurut dr. Karin, minyak ikan diketahui kaya akan asam lemak esensial omega-3 yang juga berfungsi untuk meningkatkan kecerdasan otak anak. 

Tidak hanya itu, kandungan EPA dan DHA juga terbukti ada dalam minyak ikan yang berfungsi untuk membentuk membran sel dan memiliki kapasitas antiinflamasi.

1 dari 2

Makanan yang bisa tingkatkan kecerdasan otak anak 

Ikan (Africa Studio/Shutterstock)
loading

Tak hanya ikan, menurut dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter, ada beberapa makanan lain yang juga dikenal mampu meningkatkan kecerdasan otak anak. 

Berikut beberapa jenis makanan yang bisa memacu kecerdasan anak: 

  • Telur 

Selain omega-3, kandungan protein juga dibutuhkan untuk meningkatkan kecerdasan otak anak. Telur merupakan salah satu dari sekian banyak sumber protein yang paling mudah dan murah untuk ditemukan. Disampaikan dr. Theresia, kuning telur memiliki kandungan kolin yang baik untuk membantu perkembangan otak anak. 

“Menurut penelitian yang ada di Boston University, anak yang rajin mengonsumsi makanan mengandung kolin, terbukti memiliki kemampuan memori yang lebih baik. Penelitian tersebut mengatakan bahwa kolin juga membantu mengurangi risiko penyakit demensia,” katanya. 

  • Selai kacang 

Vitamin E di dalam selai kacang merupakan antioksidan yang dapat melindungi membran sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas. Selai kacang juga mengandung vitamin B1 yang dapat membantu sel saraf mengolah gula darah (glukosa) sebagai energi.

  • Susu dan yoghurt 

Tidak hanya telur, susu dan yoghurt juga memiliki kandungan kolin yang diklaim mampu meningkatkan fungsi memori anak. Tidak hanya itu, susu juga mengandung sumber protein, kalsium, vitamin D, vitamin B dan kalium yang membantu meningkatkan pertumbuhan jaringan otak dan enzim dalam tubuh. 

  • Oatmeal

Oatmeal mengandung serat, vitamin E, vitamin B, kalium, dan zink yang bisa membantu tumbuh kembang otak anak. Anda dapat menyajikan oatmeal dengan susu, yang ditaburi irisan buah pisang atau jenis buah kesukaan anak lainnya.

Agar fungsi otak anak semakin meningkat, imbangi juga dengan pola belajar yang benar serta rutin olahraga setiap harinya. Hindari memberi porsi makan yang berlebihan dan kombinasikan dengan makanan sehat lainnya.

Ibu, mempunyai anak genius seperti ilmuwan BJ Habibie – yang pernah dipercaya sebagai Presiden RI ke-3 – bukanlah hal yang mustahil. Yang perlu Anda lakukan secara konsisten adalah penuhi kebutuhan gizinya melalui ikan dan asupan sehat lainnya. Selain itu, ciptakan lingkungan yang sehat untuk mengembangkan kecerdasannya secara optimal sehingga bisa memacunya untuk terus semangat belajar dan mengekslorasi lingkungannya.

[HNS/ RVS]

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Presiden RI ke-3, BJ Habibie Meninggal Dunia di RSPAD

Info Sehat
11 Sep

4 Perawatan Intensif Lansia di Rumah Sakit, seperti BJ Habibie

Info Sehat
10 Sep

Etika Menjenguk Pasien yang Dirawat Intensif seperti BJ Habibie

Info Sehat
10 Sep

BJ Habibie Dirawat Intensif, Kenali 7 Penyakit pada Lansia

Info Sehat
09 Sep

Kabar Gembira! Makanan Berlemak juga Bisa Bikin Sehat

Info Sehat
01 Agt

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk