Telinga Sakit Saat Flu, Apa Penyebabnya?

Oleh Ayu Maharani pada 13 Sep 2019, 13:00 WIB
Saat flu menyerang, keluhan bukan cuma di hidung, tenggorokan, atau badan lemas, tetapi telinga juga bisa sakit. Apa penyebabnya?
Telinga Sakit Saat Flu, Apa Penyebabnya? (Pathdoc/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Saat Anda flu, tak hanya demam yang Anda rasakan. Nyeri otot, menggigil, sakit kepala, batuk persisten, sakit tenggorokan, hidung mampet, dan badan lemas. Telinga juga bisa sakit. Apa ya penyebabnya?

Saat ini sudah masuk musim peralihan dari musim kemarau ke musim hujan atau pancaroba. Jadi, Anda perlu ekstra hati-hati. Pasalnya, ada beberapa penyakit yang (lebih) sering menyerang saat cuaca tak menentu, salah satunya adalah flu.

Penyebab telinga sakit saat flu

Flu dan pilek (atau common cold) dapat mengakibatkan inflamasi di gendang telinga dan tuba eustachius yang menghubungkan tenggorokan dan telinga tengah.

Dikatakan oleh dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, saluran lubang hidung bermuara di tenggorokan. Begitu pula dengan telinga. Telinga terhubung oleh tenggorokan melalui saluran tuba eustachius. Saluran tersebut berfungsi untuk menetralkan tekanan pada telinga tengah supaya sama dengan tekanan udara luar.

Ketika Anda sedang flu, produksi lendir saluran pernapasan akan meningkat. Peningkatan tersebut dapat menyebabkan sumbatan pada di tuba eustachius. Jika tidak ditangani, bisa memicu infeksi telinga yang gejalanya adalah nyeri, telinga terasa penuh (tersumbat), dan berdengung.

“Penumpukan cairan akan mengganggu fungsi tuba untuk menyeimbangkan tekanan pada telinga tengah. Lama-kelamaan, tumpukan cairan akan meningkatkan tekanan di dalam telinga, sehingga dapat merusak gendang telinga dan menimbulkan rasa nyeri hebat,” jelas dr. Astrid.

Meski demikian, umumnya telinga yang sakit saat flu atau pilek umumnya akan pulih sendiri tanpa perawatan khusus.

Cara mengatasi telinga yang sakit saat flu

Demam, batuk, atau sakit tenggorokan saat flu mungkin bisa diatasi dengan minum obat. Bagaimana dengan keluhan telinga yang sakit?

Kata dr. Astrid, jika flu sudah membaik, rasa nyeri pada telinga biasanya ikut membaik.

Meski demikian, jika keluhan pada telinga saat flu dirasa cukup mengganggu, Anda bisa mengatasinya dengan melakukan penguapan.

“Kalau telinga terasa seperti mampet dan nyeri saat flu, uap hangat akan membantu mengencerkan lendir. Lendir pun akan mengalir lebih lancar dan tidak memicu sumbatan, tekanan, hingga rasa nyeri,” ujar dr. Astrid.

Bila sulit untuk melakukan penguapan sendiri, Anda juga bisa mengunjungi tempat sauna terdekat atau mengaplikasikan kompres hangat. Kompres bagian sekitar telinga selama 5-10 menit dan ulangi beberapa kali. Meski demikian, sebaiknya fokus saja pada penyembuhan flu.

1 of 2

Tips ampuh mengatasi flu

Agar flu cepat sirna, Anda bisa mencoba hal-hal di bawah ini.

  • Cukupi kebutuhan istirahat 

Ini adalah cara yang cukup ampuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan melawan infeksi virus influenza. Saat sakit, hindari begadang dan pastikan suhu ruangan tidak terlalu dingin. Sebab, suhu dingin juga dapat menurunkan daya tahan tubuh dan memperlama proses penyembuhan. 

  • Perbanyak asupan bergizi, terutama yang mengandung vitamin 

Asupan vitamin dan mineral sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan imunitas. 

“Utamakan vitamin C dan E. Kedua jenis vitamin tersebut sangat baik untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan,” tutur dr. Astrid.

  • Jaga kebersihan tubuh, khususnya tangan

Virus dan bakteri dapat berpindah dari satu orang ke orang lain. Bila kebersihan tubuh tidak terjaga, maka virus akan terus menempel dan lama sembuhnya. 

Cuci tangan dengan air mengalir dan sabun antiseptik sebelum makan dan setelah beraktivitas. Rajin mencuci tangan akan menjauhkan Anda dari virus flu. 

  • Optimalkan dengan olahraga

Olahraga juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Jika demam sudah turun dan Anda ingin mempercepat proses penyembuhan, lakukan olahraga sederhana seperti joging, yoga, atau bersepeda. 

Telinga sakit memang bisa menjadi salah satu keluhan yang dirasakan saat flu. Penyebabnya adalah inflamasi di gendang telinga dan tuba eustachius yang menghubungkan tenggorokan dan telinga tengah. Namun jangan khawatir, umumnya keluhan ini akan menghilang saat tubuh pulih dari flu. Jika tidak, atau keluhan di telinga makin memburuk, sebaiknya periksakan diri ke dokter spesialis THT karena dikhawatirkan ada infeksi.

(RN/ RVS)

Lanjutkan Membaca ↓