Cara Agar Si Kecil Minum Air Putih Lebih Banyak

Oleh dr. Dyan Mega Inderawati pada 13 Sep 2019, 14:10 WIB
Si Kecil cenderung tidak suka air putih dan hanya minum dalam jumlah sedikit sekali. Adakah cara agar Si Kecil minum air putih lebih banyak?
Cara Agar Si Kecil Minum Air Putih Lebih Banyak (All_about_people/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Si Kecil memerlukan asupan air putih dalam jumlah cukup setiap hari untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Bahkan, peran air putih pada Si Kecil sangat besar. Ini karena 75 persen tubuh Si Kecil terdiri dari air.

Sayangnya, tidak sedikit orang tua yang kesulitan memberikan asupan air putih pada Si Kecil. Lalu, bagaimana menyikapinya? Adakah cara agar Si Kecil minum air putih dengan jumlah memadai? 

Mengetahui kebutuhan cairan Si Kecil

Beda usia, beda juga jumlah cairan yang dibutuhkan Si Kecil. Pada bayi usia 0–6 bulan, dirinya membutuhkan 0,7 liter cairan per hari. Tentu, pemenuhan kebutuhan ini seluruhnya bersumber dari air susu ibu (ASI). 

Sementara itu, pada Si Kecil berusia 7–12 bulan, kebutuhan cairan akan bertambah menjadi sekitar 0,8 liter per hari. Pada rentang usia ini, kebutuhan cairan bisa dipenuhi dengan pemberian ASI maupun air putih sebagai MPASI. 

Untuk Si Kecil yang berusia 1–3 tahun, kebutuhan cairan akan meningkat menjadi 1,3 liter per hari. Dan, pada Si Kecil usia 4–8 tahun, ia membutuhkan 1,7 liter cairan per hari. 

Apa yang terjadi bila kebutuhan cairan Si Kecil tidak terpenuhi? Penelitian mengatakan bahwa Si Kecil yang kehilangan 1 persen cairan tubuh akan mengalami peningkatan suhu tubuh dan rasa haus berlebihan. 

Apabila Si Kecil mengalami kekurangan cairan yang lebih besar dari itu, yang akan ia alami adalah mulut kering, kesemutan hingga baal di anggota gerak. Dan, jika Si Kecil kekurangan cairan hingga 10 persen, ia akan mengalami penurunan kesadaran dan berisiko kehilangan nyawa.

Itulah mengapa orang tua harus selalu memastikan Si Kecil minum air putih dalam jumlah yang cukup setiap hari. Memang, hal ini tidak semudah membalikkan telapak tangan. Kenyataannya, banyak Si Kecil yang enggan minum air putih dan lebih memilih minuman bercita rasa manis. 

Bila Anda memiliki Si Kecil yang hobi konsumsi minuman manis, segera ubah perilaku tersebut. Berdasarkan penelitian di Australia, Si Kecil berusia 4–12 tahun yang hobi konsumsi minuman manis 500 mililiter atau lebih setiap hari berpotensi mengalami obesitas dua kali lebih tinggi saat ia dewasa nanti. 

Obesitas tidak hanya akan memengaruhi tampilan fisik, namun juga berbahaya bagi kesehatan tubuh luar dan dalam. Tumpukan lemak berlebih akibat kondisi ini akan mampu meningkatkan risiko berbagai penyakit berbahaya, seperti diabetes, serangan jantung, stroke, dan gagal ginjal. 

Lalu, bagaimana caranya agar Si Kecil terhindar dari minuman manis dan lebih memilih konsumsi air putih?

Motivasi untuk Si Kecil agar minum air putih

Beberapa cara yang bisa orang tua lakukan untuk memotivasi Si Kecil agar minum air putih dalam jumlah cukup setiap hari adalah:

  • Bawakan bekal

Bekali Si Kecil dengan sebotol air putih ke mana pun ia pergi. Tidak masalah bila Si Kecil lebih suka air putih dengan suhu tertentu. Selama tidak ada gangguan kesehatan yang terjadi padanya, air putih hangat maupun dingin tetap dapat dikonsumsi sebagai asupan cairan sehari-hari.

  • Biasakan beri segelas air putih setelah makan

Segelas air putih setiap selesai makan bisa dijadikan andalan untuk membantu penuhi kebutuhan cairan tubuh Si Kecil setiap hari. 

  • Tawarkan minum sesering mungkin

Tidak dimungkiri, Si Kecil cenderung malas minum ketika sedang asyik bermain. Padahal, di saat inilah ia paling membutuhkan air putih untuk menggantikan jumlah cairan yang keluar melalui keringat. 

Nah, di sinilah peran orang tua atau pengasuh paling dibutuhkan. Anda wajib menawarkan air putih sesering mungkin di sela-sela waktu bermainnya. Selain mencegah dehidrasi, tindakan ini dilakukan untuk membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh Si Kecil.

  • Berikan contoh sehat

Si Kecil paling suka meniru perilaku orang dewasa yang hidup di sekitarnya. Bila Anda ingin Si Kecil minum air putih lebih banyak, orang tua harus terlebih dahulu memberikan contoh tersebut. 

Jadikan tips di atas sebagai motivasi agar Si Kecil minum air putih yang cukup setiap hari. Jangan lupa untuk imbangi kebiasaan minum air putih yang cukup dengan pola makan sehat, olahraga rutin, dan cukup tidur. Dengan ini, tumbuh kembang Si Kecil akan optimal dan kesehatan tubuhnya senantiasa terjaga hingga ia dewasa.

(NB/ RH)