Cara Cepat Membangkitkan Mood Anda - Info Sehat Klikdokter.com
searchtext customer service

Cara Cepat Membangkitkan Mood Anda

Mood yang buruk bisa memengaruhi jalannya hari.Bagaimana cara memperbaikinya? Mari ketahui cara meningkatkan mood yang efektif di sini.
Cara Cepat Membangkitkan Mood Anda

Suasana hati yang baik amat diperlukan untuk mendukung aktivitas Anda sehari-hari. Saat mood sedang baik, pekerjaan pun terasa lebih ringan untuk dikerjakan.

Sayangnya, mood bisa turun karena berbagai pemicu dan pada akhirnya memengaruhi pekerjaan bahkan relasi Anda dengan orang lain.

Banyak orang mengonsumsi cokelat hitam atau dark chocolate sebagai cara meningkatkan mood dengan segera. Namun, sebenarnya ada banyak cara memperbaiki mood yang rusak dengan cepat dan efektif.

Berikut adalah beberapa di antaranya:

 

1 dari 5

1. Lakukan Meditasi Singkat

Lakukan Meditasi Singkat
loading

Di tengah pekerjaan atau saat istirahat, ketika mood mulai memburuk dan semangat menurun, istirahat dulu sejenak dan lakukan meditasi singkat.

Anda dapat menarik napas dan membuangnya perlahan, menutup mata, dan fokus pada pernapasan Anda. Ucapkan kalimat positif untuk mengafirmasi pikiran Anda.

Artikel Lainnya: Penyebab Anda Mengalami Mood Swing

2. Menikmati udara luar

Bila memungkinkan, pergi sejenak dari ruang kerja Anda dan nikmati alam selama beberapa menit.

Jika Anda saat ini sedang bekerja dari rumah, pergilah ke teras atau kebun kecil di rumah Anda, melihat tanaman di sekitar Anda atau hewan-hewan di sekitar.

Hal ini akan menolong Anda untuk lebih rileks dan mengembalikan mood yang sempat rusak.

3. Tertawa

Cara berikutnya adalah dengan tertawa. Baca beberapa lelucon, tonton video singkat stand-up comedian favorit Anda, atau sesederhana bersenda gurau dengan rekan atau teman Anda.

Saat tertawa, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang juga membuat rasa senang dan nyaman serta menolong Anda lebih rileks.

2 dari 5

4. Mendengarkan Musik

Seorang Wanita Mendengarkan Musik
loading

Banyak orang mendengarkan musik supaya bisa meningkatkan mood dengan cepat. Anda dapat memutar musik favorit melalui ponsel atau laptop Anda untuk meringankan suasana hati.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa musik memiliki banyak sekali manfaat. Misalnya, mengurangi kecemasan, memperbaiki suasana hati, dan membuat lebih positif dalam menjalani kehidupan.

5. Buat Daftar Hal yang Anda Syukuri

Buatlah daftar syukur atau gratitude list. Anda dapat menuliskan daftar hal yang Anda syukuri di hari tersebut dalam secarik kertas atau post-it, mulai dari hal yang kecil sampai hal yang besar menurut Anda.

Tempelkan kertas tersebut di meja kerja, di buku, atau di papan dekat ruang kerja. Dengan bersyukur, hati Anda akan lebih ringan untuk melanjutkan pekerjaan Anda.

Artikel Lainnya: Olahraga untuk Bangkitkan Mood Anda

6. Selesaikan Semua Tugas Anda

Tugas-tugas kecil kerap kali terlewatkan dan hal tersebut dapat memengaruhi suasana hati sepanjang hari.  Mulailah dengan menuliskan daftar tugas-tugas kecil setiap hari seperti membalas surat elektronik, membuat janji pertemuan.

Hal ini akan membantu Anda mengatur pikiran dan prioritas, sehingga Anda bisa lebih fokus. Pada akhirnya, tugas-tugas akan terselesaikan dan suasana hati akan menjadi lebih baik.

3 dari 5

7. Bercengkrama dengan Teman

Bercengkrama dengan Teman
loading

Mengobrol dengan teman juga dapat menjadi salah satu cara meningkatkan mood. Obrolan ringan seputar hal-hal sehari-hari dapat meringankan beban pikiran dan membangkitkan mood Anda kembali.

Di sisi lain, menghubungi teman Anda lewat telepon juga bisa memberi Anda lebih banyak dukungan. Studi mendukung ini: memiliki hubungan yang baik dengan teman adalah salah satu cara untuk menjadi lebih bahagia.

8. Makan Camilan Bergizi

Makanan juga dapat memengaruhi mood Anda. Saat mood mulai turun, Anda dapat mengonsumsi beberapa camilan kaya gizi seperti potongan buah segar, kacang-kacangan, atau biji-bijian utuh.

Makanan-makanan tersebut tinggi kandungan vitamin, lemak tak jenuh, dan serat yang baik untuk kesehatan serta membantu memperbaiki suasana hati Anda. Tak ada salahnya menyediakan camilan tersebut di dekat Anda saat sedang bekerja.

9. Lakukan Relaksasi

Setiap 30 menit hingga satu jam bekerja, beristirahatlah sejenak dan lakukan gerakan-gerakan relaksasi atau stretching.

Anda dapat meregangkan otot-otot di bahu, leher, punggung, paha, dan pinggul agar tidak terlampau tegang. Gerakan peregangan dapat membantu menurunkan stres dan melancarkan aliran darah ke otot.

Artikel Lainnya: Jangan Asal Sebut! Ini Perbedaan Moody dan Bipolar

4 dari 5

10. Merawat Tanaman atau Hewan peliharaan

Merawat Tanaman
loading

Pernahkah Anda melihat seseorang menaruh tanaman hias berukuran kecil di atas meja kerjanya? Bahkan, meletakkan akuarium dengan ikan kecil di samping komputer kerja?

Hal tersebut bukanlah tanpa alasan. Memelihara tanaman atau hewan peliharaan dapat membantu membuat pikiran dan hati lebih rileks, mengembangkan empati dan kemampuan berelasi, serta meningkatkan mood dengan cukup cepat.

Baca Juga

Itulah beberapa cara meningkatkan mood yang dapat Anda lakukan di sela-sela aktivitas Anda sehari-hari. Tak perlu lakukan semuanya sekaligus. Pilihlah beberapa yang mudah dan mampu Anda kerjakan.

Bila dengan hal-hal di atas, Anda masih merasakan gangguan mood yang menetap, ada baiknya konsultasi ke psikolog atau psikiater untuk penanganan lebih lanjut. 

(PUT/AYU)

Referensi:

  • VeryWell Mind. Diakses 2022. How to Instantly Lift Your Mood.
  • Psychology Today. Diakses 2022. 10 Simple Ways to Improve Your Mood When You're Feeling Down.

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

Thadeus Wenselinus Eduardus Pabha Swan, S. Psi, M. Psi, Psikolog

Psikolog
wallet
Rp. 50.000
avatar

Ayu Mukti, S.Psi, M.Psi, Psikolog

Psikolog
wallet
Rp. 25.000
avatar

Tengku Sheila Noor Faraza, S.Psi, M.Psi, Psikolog

Psikolog
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Benarkah Penggunaan KB Bisa Menyebabkan Depresi?

Info Sehat
13 Jan

Terus Semangat, Ini Cara Mendampingi Pasangan dengan Gangguan Mental

Info Sehat
11 Jan

Apakah Anda Mengidap Bipolar? Kenali Gejalanya

Info Sehat
11 Jan

Terapi Kejang Listrik untuk Gangguan Mental

Info Sehat
11 Jan

Pentingnya Self Compassion atau Mengasihi Diri Sendiri

Info Sehat
09 Jan

REAKSI ANDA

1 KOMENTAR

Avatar
muhammadrizal
4 Bulan Lalu

kalo sya dok klo berbuat sama istri cepat keluar dok

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat