Adakah Cara Memperbanyak Sperma?

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 22 Sep 2019, 12:00 WIB
Jumlah sperma yang sedikit terkadang membuat pria resah. Adakah cara yang bisa dilakukan untuk memperbanyak sperma?
Adakah Cara Memperbanyak Sperma? (Explode/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Banyak pria beranggapan bahwa jumlah sperma menjadi elemen penting terkait kesuburan. Tak jarang, para pria lantas mencari-cari cara untuk bisa memperbanyak jumlah sperma.

Lalu adakah cara untuk memperbanyak sperma? Dan perlukah hal ini dilakukan?

Penentu kesuburan pria

Seperti disampaikan dr. Reza Fahlevi dari KlikDokter, pada dasarnya, kesuburan pria ditentukan oleh kemampuan ereksi dan penetrasi yang baik serta kuantitas dan kualitas sperma.

“Nah, kuantitas atau jumlah sperma tidak dapat diukur dari jumlah semen yang dikeluarkan, tapi tergantung pada berapa kandungan sel sperma yang terdapat dalam semen,” dia mengatakan.

Seorang pria dikatakan subur jika dalam sekali ejakulasi, mengandung semen dengan jumlah minimal sperma 15 juta per milimeter. Jika kurang dari angka tersebut, pembuahan akan sulit terjadi karena kandidat sperma yang dapat membuahi ovum (sel telur) terlalu sedikit.

Akan tetapi, selain sisi kuantitas, meningkatkan kualitas sperma jauh lebih penting. Namun, adakah cara memperbanyak jumlah sperma?

Perbanyak jumlah sperma, bisakah?

Dijelaskan dr. Muhammad Iqbal Ramadhan dari KlikDokter, hingga saat ini belum ada cara terbaik untuk memperbanyak sperma.

"Karena sperma banyak belum tentu subur atau berkualitas. Yang paling penting itu adalah isi spermanya. Sperma itu dianggap subur jika struktur anatomisnya lengkap, punya kepala, kaki, selaput pelindung, dan inti sel. Nah, orang yang tidak subur itu sel spermanya tidak bergerak normal, harusnya bergerak lurus tapi malah berputar atau diam di tempat," ucap dr. Iqbal.

"Lalu, sperma dianggap tidak memiliki kualitas baik ketika struktur anatomisnya tidak bagus. Apakah kepalanya bengkok, tidak punya kaki, dan tidak ada sel pelindungnya," dr. Iqbal menjelaskan.

Oleh karena itu, dr. Iqbal menegaskan, yang paling penting adalah meningkatkan kualitas sperma itu sendiri. 

1 of 2

Cara “mencetak” sperma berkualitas

Para pria sebenarnya harus mengusahakan agar sperma mereka berkualitas. Langkah-langkah mudah di bawah ini bisa dijadikan panduan dalam menjaga dan meningkatkan produksi sperma yang berkualitas.

1. Menjaga berat badan idea

lPenelitian membuktikan bahwa meningkatnya indeks massa tubuh berkaitan dengan menurunnya jumlah serta pergerakan sperma. Karena itu, kalau Anda ingin meningkatkan kualitas sperma, jagalah berat badan di angka ideal.

2. Menerapkan diet sehat

Menurut dr. Nabila Viera Yovita dari KlikDokter, Anda bisa menerapkan diet sehat dengan mengonsumsi variasi buah dan sayuran. Kedua jenis makanan itu kaya akan antioksidan dan dapat memperbaiki kualitas sperma. 

"Konsumsi suplemen zink dapat meningkatkan jumlah testosteron dalam tubuh, sehingga dapat meningkatkan kesuburan pada pria dengan kadar zink yang rendah," ujarnya.

3. Mencegah infeksi menular seksual

"Infeksi seperti chlamydia dan gonore dapat menyebabkan ketidaksuburan pada pria. Oleh karena itu, setialah pada satu pasangan, atau gunakan kondom setiap berhubungan seksual," ungkap dr. Nabila.

4. Atur tingkat stres

Penurunan fungsi seksual juga berkaitan dengan stres serta terganggunya hormon yang dibutuhkan untuk memproduksi sperma. Stres jangka panjang dapat meningkatkan kadar hormon kortisol, yang mana ini dapat menurunkan kadar testosteron.

5. Berolahraga rutin

Menurut dr. Iqbal, gaya hidup aktif diperlukan untuk memproduksi sperma yang berkualitas. Aktivitas fisik rutin ternyata dapat meningkatkan enzim antioksidan yang dapat melindungi sperma. Pria yang berolahraga rutin memiliki kadar testosteron yang lebihi tinggi serta kualitas semen yang lebih baik dibandingkan pria yang kurang aktif.

6. Konsumsi makanan kaya nutrisi atau suplemen pendamping

Ada banyak nutrien yang telah terbukti dapat menaikkan jumlah sperma dan meningkatkan motilitasnya. Dalam hal ini yang dimaksud motilitas adalah kemampuan sperma untuk bergerak ke arah yang tepat dan menemukan sel telur untuk dibuahi.

"Nutrien tersebut adalah karnitin, arginin, zat besi, selenium, dan vitamin B12. Anda bisa mendapatkannya dari daging sapi, unggas, sayuran, ataupun lewat suplemen pendamping," ungkap dr. Iqbal.

Sejauh ini, cara memperbanyak sperma masih belum diketahui secara jelas. Namun begitu, ketimbang Anda pusing mencari cara menambah jumlah sperma, jauh lebih baik Anda meningkatkan kualitasnya. Lakukan serangkaian pola hidup sehat dan aktif agar kesehatan Anda keseluruhan dapat terjaga.

[HNS/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓
Rika YuningsihRika Yuningsih

bagaimana cara supaya memiliki kualitas sperma yg baik