8 Cara Mengatasi Noda Kopi pada Gigi Anda

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 23 Sep 2019, 16:20 WIB
Salah satu efek buruk minum kopi adalah membuat gigi seperti bernoda. Tapi tenang, ada cara untuk mengatasi noda kopi pada gigi Anda.
8 Cara Mengatasi Noda Kopi pada Gigi Anda (Roman-Samborskyi/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Kopi memang salah satu minuman yang paling digemari banyak kalangan. Sayangnya, aktivitas minum kopi juga sudah diketahui sejak lama bisa meninggalkan noda di gigi Anda. Tapi tenang, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi noda kopi yang tertinggal pada gigi.

Kopi memang sangat tidak bersahabat bagi gigi. Menurut drg. Callista Argentina dari KlikDokter, kandungan asam tanat pada kopi yang menyebabkan noda pada gigi.

"Kandungan tanin (asam tanat) pada kopi dapat menyebabkan plak pada permukaan gigi menjadi kecoklatan, sehingga gigi tampak menguning. Tak hanya itu, tanin juga membuat pH pada kopi menjadi rendah atau bersifat asam. Kondisi ini dapat melunakkan email gigi, sehingga gigi akan semakin mudah untuk disusupi zat warna," ungkap dr. Callista.

Menyelamatkan gigi dari noda kopi

Meski bisa menodai gigi indah Anda, tapi Anda juga tak rela untuk berhenti mengonsumsi kopi sepenuhnya. Maka dari itu, perhatikan beberapa cara menyelamatkan gigi dari noda kopi di bawah ini:

1. Menyikat gigi

Penyebab utama noda gigi adalah akumulasi plak. Jadi, menyikat gigi dengan pasta gigi pemutih dan menemui dokter gigi untuk pembersihan rutin adalah cara terbaik untuk mencegah noda kopi yang membekas.

2. Bersihkan dengan benang

Jujur saja, ini cara yang sebenarnya sudah ditinggalkan. Selain itu, sulit untuk membersihkan gigi dengan benang secara teratur seperti yang disarankan para dokter gigi. Akan tetapi, menyisihkan beberapa menit untuk membersihkan gigi dengan benang setiap hari dapat membuat dampak besar pada kesehatan mulut Anda.

Cara ini menghilangkan plak secara umum, sebab menyikat saja tak bisa menghilangkan semua bakteri di mulut Anda. Apa pun yang tersisa dapat mengeras dan berubah menjadi karang gigi, yang kemudian dapat menyebabkan infeksi.

1 of 2

Selanjutnya

3. Gunakan sedotan

Saat Anda minum melalui sedotan, maka akan semakin sedikit cairan kopi yang menyentuh gigi Anda. Dengan demikian, kesempatan kopi untuk menodai gigi Anda juga jadi semakin sedikit.

4. Campurkan soda kue dan hidrogen peroksida

Anda dapat membuat sendiri pasta pemutih dengan mencampur sedikit soda kue dengan sejumlah kecil hidrogen peroksida. Jika terlalu berpasir, itu berarti ada terlalu banyak soda kue, dan Anda bisa menggosok email Anda.

5. Tambahkan susu

Menurut drg. Callista, campur kopi Anda dengan susu. Di dalam International Journal of Dental Hygiene, casein (protein susu) disebut dapat menangkap partikel tanin di dalam teh dan kopi. Namun dengan catatan, susu yang digunakan adalah susu dari hewan, bukan dari kacang-kacangan.

6. Minumlah air putih di sela minum kopi

Satu tegukan air putih dapat membersihkan cairan kopi dengan cepat sebelum mereka mulai masuk ke gigi Anda. Satu lagi, minum cukup air putih adalah cara terbaik untuk membantu Anda tetap terhidrasi sepanjang hari.

7. Minum kopi Anda dengan cepat

Menurut Denise Estafan, seorang profesor di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas New York, dengan menghabiskan satu cangkir kopi Anda dengan lebih cepat, maka gigi Anda akan terhindar dari noda.

8. Kunyah permen karet bebas gula

Mengunyah permen karet dapat meningkatkan jumlah air liur di mulut Anda, dan air liur tersebut dapat menyapu asam dan plak dari gigi Anda. Menurut American Dental Association, mengunyah permen karet tanpa gula selama 20 menit setelah makan dapat membantu mencegah kerusakan gigi.

Anda tentu ingin tetap memiliki senyum menawan tanpa menghentikan kebiasaan minum kopi, bukan? Jika iya, silakan coba cara-cara di atas untuk mengatasi noda kopi pada gigi Anda, seperti yang disarankan tersebut.

[MS/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓