Cara Mengatasi Lapar Tengah Malam

Oleh dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid pada 25 Sep 2019, 15:40 WIB
Pernah terbangun di tengah malam karena rasa lapar? Ketahui penyebab dan cara mengatasinya.
Cara Mengatasi Lapar Tengah Malam (Africa-Studio/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Pada umumnya, rasa lapar merupakan reaksi normal tubuh yang menandai bahwa tubuh membutuhkan asupan kalori dari makanan. Namun, bagaimana jika rasa lapar tersebut terjadi di tengah malam dan menyebabkan Anda terbangun karena perut berbunyi dan terasa tidak nyaman?

Secara normal, tubuh memiliki jam biologis (secara medis disebut irama sirkadian) yang mengatur Anda secara alamiah untuk terjaga di pagi hingga sore hari dan mengantuk di malam hari, serta merasa lapar hanya saat Anda terjaga. Jam biologis tubuh membuat Anda tak merasa lapar saat Anda tidur di malam hari.

Oleh karena itu, jika Anda sering terbangun di malam hari karena rasa lapar, keluhan tersebut tak boleh disepelekan.

Penyebab rasa lapar di malam hari

Ada beberapa hal yang dapat mengakibatkan Anda sering merasa lapar di malam hari, yaitu:

  • Kebutuhan kalori tidak tercukupi dengan baik

Rasa lapar bisa jadi merupakan reaksi tubuh, karena kebutuhan kalori tubuh tidak tercukupi. Hal ini bisa terjadi jika Anda tidak makan dengan jumlah yang cukup.

Namun, hal ini dapat pula terjadi karena Anda melakukan banyak aktivitas fisik, misalnya berolahraga dengan intensitas tinggi atau melakukan banyak pekerjaan fisik.

  • Pemilihan menu makan malam yang tidak tepat

Mengonsumsi makan malam yang tinggi karbohidrat dan tak banyak serat, misalnya nasi goreng atau piza, dapat membuat Anda cepat merasa lapar lagi. Hal tersebut bisa terjadi karena jenis makanan tersebut membuat gula darah cepat melonjak tinggi.

Untuk merespons hal tersebut, pankreas akan mengeluarkan banyak insulin untuk menurunkan gula darah dan berujung pada rasa lapar.

  • Kurang tidur 

Kurang tidur berpotensi menyebabkan peningkatan hormon ghrelin, yaitu hormon yang menimbulkan rasa lapar. Oleh sebab itu, orang yang gemar begadang sering merasakan lapar di tengah malam.

Jika Anda memiliki kebiasaan begadang, sebaiknya hal tersebut dihentikan karena secara jangka panjang, risiko diabetes juga bisa terjadi.

  • Efek samping obat

Beberapa jenis obat memiliki efek samping meningkatkan nafsu makan yang juga bisa menyebabkan rasa lapar terjadi di tengah malam. Beberapa obat yang dapat mengakibatkan hal ini di antaranya adalah obat antidepresan, antipsikotik, antikejang, serta beberapa jenis obat untuk mengatasi alergi.

  • Night overating syndrome (NES)

NES merupakan salah satu kelainan psikis yang ditandai dengan sering mengalami insomnia dan makan di tengah malam dengan tujuan untuk bisa kembali tidur.

Terdapat beberapa gejala yang dapat menjadi pertanda adanya NES, yaitu makan malam dalam jumlah yang sangat banyak, mengalami gangguan tidur hampir setiap malam, meyakini jika makan merupakan cara yang tepat untuk bisa tidur nyenyak, dan tidak nafsu makan di pagi hari.

1 of 2

Mencegah rasa lapar muncul saat tengah malam

Untuk mengatasi rasa lapar di tengah malam, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan, di antaranya adalah:

  • Hindari makan terlalu banyak menjelang tidur
  • Untuk menu makan malam, perbanyak sayuran dan buah, serta hindari makanan yang tinggi gulanya
  • Hindari mengonsumsi kopi atau alkohol di malam hari
  • Makan malam dua sampai tiga jam sebelum tidur
  • Jika rasa lapar di malam hari masih terjadi, Anda dapat mengonsumsi camilan tinggi protein sebelum tidur, misalnya sebutir telur rebus, yoghurt tanpa gula, atau sebuah apel

Demikianlah cara mengatasi rasa lapar di malam hari. Jika keluhan rasa lapar tersebut masih terjadi setelah menerapkan tips tersebut, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

[NP/ RH]

Lanjutkan Membaca ↓