9 Makanan yang Bisa Menurunkan Tekanan Darah

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 26 Sep 2019, 16:00 WIB
Tekanan darah tak hanya bisa diturunkan dengan konsumsi obat. Ternyata, deretan makanan ini juga bisa bantu turunkan tekanan darah.
9 Makanan yang Bisa Menurunkan Tekanan Darah (Oleksandra-Naumenko/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Tekanan darah tinggi masih menjadi ancaman serius bagi banyak orang. Sebab, kalau tak tertangani dengan baik bisa menyebabkan penyakit lain, seperti jantung koroner, stroke, dan gagal ginjal.

Bagi Anda yang sudah terlanjur mengalami tekanan darah tinggi, ternyata tak hanya konsumsi obat yang bisa menurunkannya, tapi bisa juga dengan konsumsi makanan tertentu. Apa saja itu?

Menurut dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter, Anda memang perlu menerapkan pola hidup sehat saat ingin menurunkan tekanan darah, termasuk dengan menjaga makanan yang dikonsumsi. Jika ingin tekanan darah tetap normal, Anda perlu gizi seimbang, serta pembatasan gula dan garam.

"Selain itu, diet kaya buah, sayuran, produk rendah lemak dengan jumlah lemak total dan lemak jenuh yang rendah juga harus dilakukan," kata dr. Theresia.

Makanan yang bisa menurunkan tekanan darah

Berikut ini adalah deretan makanan yang bisa membantu Anda menurunkan tekanan darah:

1. Delima

Minum jus buah delima secara teratur dapat membantu mengurangi angka tekanan darah Anda. Tapi, sebaiknya jangan mengonsumsinya dengan menambahkan gula. Sebuah studi pada 2012 lalu menemukan bahwa ketika orang dewasa yang sehat minum 330 ml jus delima setiap hari selama empat minggu, tekanan darahnya turun.

2. Yoghurt

Kalsium adalah kunci untuk tekanan darah yang baik karena dapat membantu pembuluh darah Anda mengencang dan rileks seperti seharusnya. Yoghurt polos dan rendah lemak adalah cara yang baik untuk menambahkan kalsium dalam diet Anda.

Jika ingin menambahkan rasa, masukkan beberapa buah beri untuk rasa manis alami. Tapi ingat, sebaiknya jangan pakai gula.

3. Oatmeal

Oatmeal adalah makanan sehat, mengenyangkan, dan rendah sodium. Makanan ini juga penuh serat yang dapat membantu Anda menjaga berat badan dan tekanan darah.

4. Bawang putih

Bawang putih dapat membantu meningkatkan kadar oksida nitrat yang dapat melebarkan pembuluh darah. Dengan demikian, semakin ‘santai’ pembuluh darah Anda, maka semakin sedikit juga kerja jantung untuk memompa darah. Pada akhirnya, ini akan membantu menjaga tekanan darah Anda.

5. Minyak zaitun

Kandungan polifenol dalam minyak zaitun sangat baik untuk tubuh. Polifenol dapat meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan membantu pembuluh darah tetap elastis.

Ini adalah pilihan cerdas untuk lemak sehat. Gunakan sebagai pengganti mentega, minyak sayur, atau minyak kanola dalam masakan Anda.

1 of 2

Selanjutnya

6. Cokelat hitam

Seperti halnya bawang putih, ternyata cokelat hitam juga kaya akan flavanol. Antioksidan ini dapat meningkatkan kadar oksida nitrat dan memperlebar pembuluh darah. Hal ini tentu saja bisa membuat tekanan darah Anda menurun.

7. Ikan berlemak

Sumber kalsium lain yang baik berasal dari ikan. Selain itu, ikan berlemak seperti makerel dan sarden juga mengandung omega-3, asam lemak yang membantu meningkatkan kesehatan jantung Anda. Hasil studi juga menunjukkan bahwa suplemen minyak ikan dapat menurunkan tekanan darah Anda.

8. Buah beri

Pigmen yang memberi warna pada jenis buah beri, seperti blueberry, stroberi, dan blackberry, kaya akan antosianin yang punya manfaat luar biasa bagi pembuluh darah Anda.

Ini adalah senyawa alami yang dapat membantu dinding arteri menjadi lebih luas dan lebih fleksibel untuk menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung Anda.

9. Sayuran berdaun hijau

Garam atau natrium akan membuat tubuh Anda lebih tahan terhadap cairan. Sebab, garam atau natrium dapat meningkatkan volume darah dan tekanan pada arteri Anda, yang membuat tekanan darah menjadi naik.

Nah, isi piring Anda dengan sayuran hijau seperti bayam, brokoli, atau kangkung, untuk meningkatkan kalium. Mineral ini dapat membantu mengeluarkan natrium dari tubuh melalui kencing dan melemaskan dinding pembuluh darah Anda.

Itulah deretan makanan yang bisa Anda konsumsi untuk menurunkan tekanan darah. Ingat, jangan pernah sepelekan kondisi tekanan darah yang tinggi, sebab gangguan ini bisa berdampak pada kesehatan Anda dengan menimbulkan penyakit lain yang lebih serius.

[MS/ RH]

Lanjutkan Membaca ↓