4 Tips Nyaman Saat Traveling Bagi Penderita Asam Urat

Oleh dr. Alvin Nursalim, SpPD pada 27 Sep 2019, 15:00 WIB
Asam urat Anda masih tinggi, namun ingin pergi traveling? Jika ya, ikuti berbagai tips berikut ini.
4 Tips Nyaman Saat Traveling Bagi Penderita Asam Urat (Masson/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Salah satu penyakit yang berhubungan dengan kadar asam urat yang tinggi adalah penyakit peradangan sendi gout (artritis gout). Jika Anda menderita gangguan kesehatan ini, maka kondisi tubuh harus dijaga –apalagi bila ingin pergi traveling.

Penyakit gout menuntut penderitanya untuk benar-benar memperhatikan gaya hidup dan pola makan sehari-hari. Jika abai, kadar asam urat bisa melonjak dan menyebabkan serangan akut penyakit gout.

Menangani asam urat saat traveling

Penyakit ini sebenarnya bukan halangan untuk beraktivitas atau berlibur. Jika Anda akan berlibur tanpa perlu khawatir dengan urusan peradangan sendi, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Berikut ini di antaranya:

  • Perhatikan kebiasaan Anda sebelum dan selama berlibur

Jika Anda berencana untuk bepergian, hindari berbagai hal yang dapat memicu gout. Perhatikan pola diet, tingkat stres, dan keadaan cairan selama beberapa minggu menjelang perjalanan.

Selain itu, penting untuk menjaga status cairan tubuh dengan minum air yang cukup setiap hari. Pola makan juga merupakan salah satu kunci utama penanganan penyakit gout.

Hindari makanan atau minuman dengan kandungan purin tinggi, karena dapat memicu serangan gout. Jadi, Anda lupakan saja makanan seperti jeroan, kerang, udang, dan alkohol.

  • Jangan lupa untuk bawa obat saat liburan

Saat bepergian, pastikan untuk mengemas obat yang sudah diresepkan. Simpan obat dengan baik, sehingga Anda dapat dengan mudah mengambilnya.

Jika Anda sedang dalam program penurunan asam urat, maka obat penurun asam urat harus dikonsumsi secara teratur. Kadar asam urat yang tidak terkontrol dapat meningkatkan risiko terjadinya peradangan sendi gout yang mengganggu.

  • Terus bergerak

Tetap aktif dan berolahraga juga penting untuk mempersiapkan kondisi tubuh menjelang liburan. Olahraga dapat membantu mempertahankan berat badan ideal dan menurunkan kadar gula darah.

Penelitian menyimpulkan bahwa seorang yang tetap aktif berolahraga, menjaga pola makan rendah purin, dan menghindari alkohol memiliki risiko yang lebih rendah untuk menderita gout.

  • Tetap terhidrasi

Cairan merupakan komponen penting dalam menjaga keseimbangan metabolisme tubuh. Kekurangan cairan dapat memicu serangan gout. Jadi, pastikan Anda membawa sebotol air kemana pun Anda pergi saat traveling.

Namun, Anda juga perlu memperhatikan jenis minuman yang dikonsumsi. Karena tidak semua minuman baik untuk kesehatan. Minum air putih merupakan cara sederhana untuk menjaga status cairan Anda.

Hindari berbagai minuman yang dapat memicu asam urat. Contohnya minuman beralkohol atau minuman manis dengan sirop jagung yang tinggi kandungan fruktosa.

Asam urat adalah zat yang kadarnya harus dipertahankan pada rentang normal, terlebih jika Anda adalah penderita penyakit gout dan sakit ginjal. Jika kadar asam urat Anda tidak terkontrol, risiko untuk mengalami komplikasi kesehatan akan meningkat berlipat ganda.

Nah, jangan jadikan asam urat sebagai alasan untuk tidak menikmati liburan Anda. Ikuti saja berbagai tips sehat di atas agar tetap nyaman saat traveling. Jadi, apa lagi yang Anda ragukan? Yuk, pesan tiket jalan-jalan sekarang!

[NP/ RH]