Tips Menjaga Kesehatan Saluran Cerna Saat Traveling

Oleh dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc pada 27 Sep 2019, 16:00 WIB
Traveling adalah saatnya senang-senang. Untuk memastikannya, yuk menjaga kesehatan cerna agar aktivitas liburan tak terganggu!
Tips Menjaga Kesehatan Saluran Cerna Saat Traveling (baranq/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Masalah pada saluran cerna saat traveling bisa mengganggu keseruan momen liburan. Sayangnya, masalah tersebut sering terjadi saat traveling. Supaya aktivitas liburan tak terganggu, yuk menjaga kesehatan saluran cerna agar terhindar dari keluhan diare, konstipasi, nyeri ulu hati, mual, kembung, atau masalah pencernaan lainnya.

Mencegah gangguan pencernaan saat liburan

Tentu saja, tidak ada seorang pun yang ingin mengalami masalah pada saluran pencernaan mereka saat traveling. Nah, berikut tips yang dapat dilakukan untuk menjaga agar saluran pencernaan tetap sehat selama bepergian:

1. Jangan makan secara berlebihan

Kegiatan menyenangkan yang biasanya masuk to-do list saat traveling adalah mencoba kuliner lokal, makan di restoran baru, atau mencoba makanan yang belum pernah Anda rasakan sebelumnya. Meski demikian, usahakan untuk tidak makan berlebihan, karena bisa membuat lambung meregang.

Ada penelitian yang menemukan bahwa orang yang makan secara berlebihan akan sepuluh kali lebih berisiko untuk mengalami konstipasi atau sembelit.

2. Mengonsumsi banyak serat

Agar buang air besar (BAB) rutin, Anda direkomendasikan untuk mengonsumsi serat sebanyak mungkin. Sumber serat terbaik adalah buah, sayur, kacang-kacangan, biji-bijian, dan gandum utuh.

Konsumsi serat akan membantu mencegah terjadinya konstipasi. Kurangi makan makanan yang sudah diproses dan pilihlah camilan sehat untuk dimakan meski sedang liburan.

Konsumsilah sayuran yang matang dan buah yang dikupas dan/atau dicuci bersih untuk mencegah penyakit yang ditularkan melalui makanan.

3. Minum banyak air

Dehidrasi adalah penyebab utama konstipasi. Untuk mencegahnya, minum banyak air selama traveling adalah sebuah keharusan.

Apabila Anda berlibur di lokasi yang kebersihan airnya meragukan, sebaiknya pilih air dalam kemasan jika tak yakin dengan keamanannya.

Hindari es batu di tempat-tempat yang terlihat tidak bersih. Air yang terkontaminasi dapat mengganggu saluran pencernaan.

4. Pilihlah minuman dengan bijaksana

Konsumsi minuman yang mengandung banyak gula, kafein, atau alkohol secara berlebihan dapat mengiritasi saluran pencernaan, khususnya pada orang-orang dengan perut sensitif.

Kopi dan alkohol dapat mempercepat pencernaan, waktu untuk usus menyerap air terlalu sedikit, sehingga menyebabkan kotoran menjadi cair seperti saat sedang diare.

1 of 2

Selanjutnya

5. Belilah bahan makanan dari penjual lokal

Untuk memberikan kesempatan beristirahat bagi saluran pencernaan dari makanan restoran atau makanan yang diproses, membeli bahan makanan dari pasar terdekat dan memasak sendiri di penginapan juga bisa Anda lakukan.

Cara ini juga bisa Anda manfaatkan untuk mempelajari budaya, bahan makanan, sekaligus menghemat pengeluaran makan di restoran. Memasak sendiri lebih aman dan menyehatkan karena Anda bisa mengontrol apa saja yang dipakai sebagai bumbu makanan serta cara memasaknya.

Makan di luar akan lebih berisiko menyebabkan keracunan makanan jika dibandingkan dengan makan masakan yang dibuat sendiri.

6. Pergi ke toilet

Jangan menunda apabila ada keinginan untuk BAB, karena penundaan tersebut akan menyebabkan BAB menjadi tidak rutin dan menimbulkan ketidaknyamanan pada saluran pencernaan. Selain itu, penundaan BAB dapat menyebabkan konstipasi.

7. Mencuci tangan

Sebelum makan, cuci tangan Anda secara menyeluruh dengan sabun dan air mengalir untuk mencegah penularan penyakit dan kuman. Gunakan  air mengalir yang bersih dan keringkan setelah mencuci tangan.

8. Membawa obat-obatan

Bawalah obat-obatan yang mudah didapat untuk mengatasi masalah pencernaan seperti diare, konstipasi, atau asam lambung berlebih. Bila ada tanda dan gejala seperti demam, diare berdarah, atau muntah darah, nyeri perut yang berat, lebih baik kunjungi fasilitas kesehatan terdekat.

Jangan hanya fokus bersenang-senang atau relaksasi, Anda juga harus menjaga kesehatan saluran cerna saat traveling. Pasalnya, jika sampai Anda mengalami gangguan pencernaan, aktivitas liburan yang sudah direncanakan terancam terganggu. Dalam rangka memperingati Hari Pariwisata Sedunia, ke mana, nih, rencana liburan Anda selanjutnya?

[NP/RN]

Lanjutkan Membaca ↓