Penyebab dan Cara Mengatasi Puting Gatal saat Menyusui

Oleh Tamara Anastasia pada 29 Sep 2019, 08:00 WIB
Puting gatal saat menyusui bisa menimbulkan efek tidak nyaman sekaligus mengganggu ‘ritual’ Anda dengan si Kecil. Atasi dengan cara ini.
Penyebab dan Cara Mengatasi Puting Gatal saat Menyusui (Tomsickova-Tatyana/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Menyusui merupakan kegiatan yang wajib dilakukan oleh setiap ibu yang baru saja melahirkan. Sayangnya, menyusui bukanlah perkara mudah seperti mengedipkan mata. Ada saja masalah yang bisa terjadi, salah satunya puting gatal saat menyusui.

Apakah Anda salah satu ibu yang juga mengalami masalah puting gatal saat menyusui? Tenang, Anda tidak sendiri. Puting gatal saat menyusui merupakan permasalahan yang kerap dialami, terutama oleh ibu yang baru pertama kali melahirkan dan menyusui.

Dikatakan oleh dr. Sara Elise Wijono, MRes dari KlikDokter, puting gatal saat menyusui bisa terjadi akibat berbagai faktor. Rasa gatal yang timbul pun bisa berbeda-beda tingkat keparahan pada tiap ibu yang mengalaminya.

“Untuk mengobati puting gatal, sebenarnya bisa dilakukan dengan beberapa cara sesuai dengan penyebabnya. Maka itu, ketahui terlebih dahulu apa penyebabnya, baru Anda bisa mengobatinya,” ujar dr. Sara.

Penyebab dan solusi puting gatal saat menyusui

Berikut adalah penyebab puting gatal saat menyusui dan cara terbaik untuk mengatasinya:

  • Iritasi pada kulit payudara

Adanya iritasi pada kulit payudara adalah penyebab utama keluhan puting gatal. Iritasi biasanya terjadi akibat puting yang ‘kaget’ karena disedot oleh bayi untuk pertama kalinya.

Kondisi akan diperparah jika ibu sudah memiliki keluhan penyakit kulit sebelum melahirkan. 

Tapi, tenang saja, rasa sakit dan gatal akibat hal tersebut hanya berlangsung sementara. Menurut dr. Sara, ketika ibu sudah terbiasa menyusui si Kecil, rasa gatal atau sakit pada puting bisa hilang dengan sendirinya.

“Sebagai alternatif pengobatan, Anda bisa mengoleskan cairan ASI pada puting agar terasa lebih lembap dan tidak kering. Selain itu, Anda juga bisa mengoleskan gel atau losion khusus agar jaringan yang ada di sekitar puting payudara agar lebih lembap, tidak tegang atau kering,” ujar dr. Sara. 

  • Posisi menyusui yang salah 

“Jika Anda memaksakan bayi menyusu dalam posisi yang salah, tidak hanya puting saja yang akan terasa tidak nyaman, tapi bayi juga akan mengalami hal yang sama. Bayi akan rewel, tidak bisa diam dan menangis,” tambah dr. Sara. 

Menyusui dengan posisi yang salah dalam jangka waktu lama juga akan memperburuk kondisi puting. Berdasarkan penuturan dr. Sara, puting akan terasa kering, gatal dan iritasi. Jika hal ini sampai terjadi, Anda dianjurkan untuk berkonsultasi lebih lanjut pada dokter atau ahli laktasi.

  • Mastitis

Mastitis juga bisa menjadi penyebab dari puting gatal saat menyusui. Mastitis itu sendiri adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan peradangan pada jaringan payudara.

“Keadaan ini mungkin disertai infeksi, namun bisa juga terjadi tanpa adanya infeksi,” kata dr. Sara Elise. 

Mastitis umumnya dialami oleh ibu menyusui, yang dikenal dengan istilah mastitis laktasi atau mastitis puerperium. Kondisi ini terjadi pada tiga bulan pertama setelah melahirkan, namun bisa juga muncul setelah dua tahun melahirkan.

Pada ibu menyusui, mastitis biasanya terjadi akibat saluran susu yang tersumbat. Hal ini menyebabkan keadaan stasis dari ASI, di mana ASI yang diproduksi tidak dapat dikeluarkan dari payudara.

Untuk mengatasi mastitis, Anda disarankan untuk mengosongkan payudara agar tidak ada penumpukan ASI. Selain itu, gunakan juga bra yang lebih longgar agar payudara tidak terlihat sesak.

“Gunakan kompres dingin pada payudara untuk membantu mengurangi nyeri dan pembengkakan. Sesaat sebelum menyusui, Anda bisa menggunakan kompres hangat,” pungkas dr. Sara.

Mana yang jadi biang kerok keluhan yang Anda alami? Perhatikan ciri dan gejalanya, dan atasi dengan cara yang paling sesuai.

Jika keluhan puting gatal saat menyusui tidak kunjung membaik, jangan sungkan untuk berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat. Jangan langsung panik atau berhenti menyusui karena puting terasa sakit atau gatal. Ingat, ASI adalah asupan terbaik bagi bayi yang hanya akan didapat dari payudara ibu!

(NB/ RH)