Mengatasi Bengkak Setelah Operasi Gigi Bungsu - Info Sehat Klikdokter.com
search

Mengatasi Bengkak Setelah Operasi Gigi Bungsu

Bengkak setelah operasi gigi bungsu bisa saja terjadi dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Lakukan ini untuk mengatasinya.
Mengatasi Bengkak Setelah Operasi Gigi Bungsu

Klikdokter.com, Jakarta Gigi bungsu yang tumbuh tidak sempurna perlu dicabut. Pasalnya, kondisi tersebut dapat memicu berbagai masalah, seperti rasa sakit, ngilu, hingga infeksi.

Salah satu efek samping yang bisa muncul dari operasi itu adalah bengkak. Pembengkakan setelah operasi gigi bungsu merupakan suatu respons dari tubuh terhadap adanya trauma. Biasanya kondisi tersebut terjadi di sekitar mulut, pipi, atau sisi wajah daerah operasi.

Bengkak dapat berlangsung selama beberapa hari. Lama penyembuhan sekitar satu hingga dua minggu. Cepat lambatnya pemulihan tersebut sangat bergantung pada kepatuhan pasien terhadap saran dan anjuran yang telah diberikan oleh dokter. 

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi bengkak setelah operasi gigi bungsu, yaitu:

1. Istirahat yang Cukup

Pembengkakan pasca operasi gigi wajar terjadi. Umumnya pembengkakan akan membaik setelah beberapa hari setelah operasi. Namun, pada beberapa orang, pembengkakan bisa terjadi lebih dari waktu yang diperkirakan tersebut.

Bila mengalami pembengkakan setelah operasi, Anda disarankan untuk memperoleh istirahat yang cukup untuk memulihkan kondisi.

Artikel Lainnya: Tips Pemulihan Setelah Operasi Gigi Bungsu

1 dari 3

2. Kompres Dingin

Kompres Dingin
loading

Pipi bengkak setelah operasi gigi bungsu bisa diminimalkan dengan menaruh es di sekitar pipi. Namun, pastikan es tidak secara langsung mengenai kulit Anda.

Anda dapat menempelkan es batu yang sudah dibalut dengan kain kecil atau handuk bersih ke daerah yang bengkak. Cara ini dapat meringankan rasa sakit dan bengkak yang Anda alami.

3. Berikan Kompres Hangat 

Selain kompres dingin, cara lain untuk menghilangkan bengkak setelah operasi gigi bungsu bisa dilakukan dengan kompres hangat.

Pembengkakan biasanya akan memuncak pada sekitar hari ke-2 atau ke-3. Pada tahap ini, Anda dapat melakukan kompres hangat selama 20 menit untuk mengurangi pembengkakan.

Kompres hangat juga dapat membantu menstimulasi peredaran darah dan mempercepat proses penyembuhan. 

4. Berkumur dengan Air Garam Hangat

Rasa nyeri dan bengkak setelah operasi gigi bungsu bisa ditangani dengan air garam hangat. Ya, Anda dapat berkumur dengan larutan garam hangat untuk mengatasinya.

Larutkan garam satu sendok teh dengan segelas air hangat. Kemudian kumur dan lakukan kegiatan ini 2 hingga 3 kali sehari. Dengan begitu, pembengkakan akan berangsur membaik.

Artikel Lainnya: Pasca Operasi Gigi, Bolehkah Melakukan Seks Oral?

2 dari 3

5. Mengonsumsi Asupan yang Lunak

Mengonsumsi Asupan yang Lunak
loading

Yoghurt, bubur, dan smoothies merupakan beberapa pilihan asupan yang baik setelah cabut gigi dan operasi gigi.

Asupan tersebut mudah dikonsumsi saat mulut dan wajah Anda bengkak. Selain bagus untuk penyembuhan, asupan tersebut juga bergizi bagi tubuh. 

6. Hindari Kebiasaan Buruk

Hal lain yang harus diperhatikan untuk meringankan bengkak setelah operasi gigi bungsu adalah menjauhi kebiasaan buruk. Ini sangat penting agar pembengkakan tidak bertambah parah.

Jadi, hindarilah kebiasaan merokok, menggunakan sedotan saat minum, terlalu sering berkumur dan meludah, serta mengorek-ngorek daerah bekas operasi.

7. Mengonsumsi Obat

Obat pereda nyeri yang dijual bebas dapat mengurangi ketidaknyamanan, seperti rasa nyeri yang timbul setelah operasi. Juga dapat mengurangi pembengkakan setelah operasi gigi bungsu.

Selain obat pereda nyeri, biasanya antibiotik juga digunakan untuk penyembuhan luka pasca operasi. Obat ini berfungsi untuk mencegah infeksi yang mungkin saja timbul setelah operasi gigi bungsu.

Namun, tetaplah ingat untuk selalu mengikuti instruksi dokter dalam menggunakan obat-obatan tersebut. 

Baca Juga

Itulah cara menghilangkan bengkak setelah operasi gigi bungsu. Obat yang diberikan oleh dokter bisa menjadi pertolongan pertama supaya keluhan tidak dirasakan begitu parah. Namun, jika rasa nyeri tersebut terus bertambah dan tidak kunjung membaik dalam waktu tiga hingga lima hari, periksakan kembali ke dokter.

Apabila memiliki pertanyaan seputar operasi gigi bungsu atau masalah kesehatan lainnya, Anda dapat bertanya kepada dokter melalui fitur Live Chat 24 Jam di aplikasi Klikdokter.

[WA]

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

drg. Dhiyan Andre Prima Poetra

Dokter Gigi
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Bahaya Jika Gigi Bungsu yang Tumbuh Miring Tidak Dicabut

Info Sehat
06 Okt

Makanan yang Baik Dikonsumsi Setelah Operasi Gigi Bungsu

Info Sehat
24 Des

Solusi untuk Gigi Geraham Bungsu yang Sakit

Info Sehat
22 Sep

Makanan yang Baik Dikonsumsi Sehabis Cabut Gigi

Info Sehat
11 Mei

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat