Pergelangan Tangan Sakit, Apa Penyebabnya?

Oleh Ayu Maharani pada 02 Oct 2019, 15:15 WIB
Pergelangan tangan sakit dan bikin pekerjaan terganggu? Segera cari tahu penyebabnya, agar bisa segera diatasi dengan tepat!
Pergelangan Tangan Sakit, Apa Penyebabnya? (Orawan Pattarawimonchai/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Saat pergelangan tangan sakit, berbagai aktivitas tentu bisa terhambat. Berbagai hal bisa ‘dituding’ sebagai penyebabnya. Salah satunya adalah karena cedera. Lalu bagaimana dengan sebab lainnya, mungkinkah berhubungan dengan kondisi medis tertentu?

Cedera tangan

Dilansir dari Medical News Today, cedera memang merupakan penyebab nyeri di pergelangan tangan yang paling sering. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Tangan dan pergelangannya memiliki ligamen, tendon, saraf, dan pembuluh darah. Cedera pada tangan dapat merusak struktur tersebut dan menyebabkan rasa sakit, bengkak, memar, dan gejala lainnya.

Penyebab umum cedera tangan, antara lain:

  • Pukulan dan tekanan
  • Mendarat dengan tangan saat jatuh
  • Menekuk jari atau pergelangan tangan terlalu jauh ke belakang
  • Regangan berulang, seperti saat olahraga atau angkat beban

Fraktur jari dan dislokasi adalah tipe umum dari cedera tangan. Pada kasus ini, rasa sakit akan terasa tiba-tiba dan intens, lalu berdenyut selama beberapa hari.

Cedera pada otot, ligamen, dan tendon disebut cedera jaringan lunak. Orang dengan cedera jaringan lunak biasanya tidak memerlukan perawatan medis. 

Mereka hanya perlu melakukan kompres dingin pada bagian yang cedera, agar rasa sakit dan pembengkakan bisa lebih ringan. Penting juga untuk beristirahat dari aktivitas berat agar pergelangan tangan cepat pulih. 

Terlalu sering digunakan

Gerakan berulang atau terlalu sering menggunakan tangan maupun pergelangan tangan dapat menyebabkan otot, tendon, dan saraf menjadi nyeri dan tegang. Keluhan tersebut bahkan bisa menjalar hingga ke lengan dan bahu.

Gerakan berulang yang berisiko memicu nyeri pada pergelangan tangan, yaitu:

  • Mengetik atau menggunakan mouse komputer
  • Mengangkat benda-benda berat
  • Berolahraga

Jika penyebab pergelangan tangan nyeri karena terlalu sering digunakan, Anda dapat mengatasinya dengan mengaplikasikan kompres hangat dan dingin di bagian yang sakit. Pereda nyeri dan bengkak seperti acetaminophen dan ibuprofen juga dapat membantu.

1 of 2

Kista ganglion

Kista ganglion yang umumnya muncul pada pergelangan tangan dan sendi jari juga bisa menjadi pemicu rasa nyeri di area tersebut.  Kista ganglion adalah benjolan yang sering muncul di sekitar sendi dan urat tangan atau kaki. 

Kondisi ii biasanya terjadi pada orang dengan rentang usia 20–60 tahun. Wanita diketahui lebih rentan mengalami kondisi ini.

Radang sendi

Jenis radang sendi yang paling umum menyebabkan nyeri di pergelangan tangan adalah osteoarthritis dan rheumatoid arthritis (RA).

Osteoarthritis terjadi ketika tulang rawan yang melindungi persendian menghilang atau aus seiring waktu. Alhasil, tulang-tulang di persendian saling bergesekan dan menyebabkan rasa sakit maupun kaku.

Sementara itu rheumatoid arthritis (RA) terjadi saat sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang jaringan di persendian. Hal ini menyebabkan peradangan dan rasa sakit. Seiring waktu, peradangan ini dapat menyebabkan kerusakan sendi permanen.

Sebenarnya radang sendi dapat menyerang bagian sendi mana pun di tubuh, termasuk di tangan dan pergelangan tangan. Pengobatan yang bisa dilakukan bergantung pada jenis radang sendi dan bagian tubuh yang terkena. 

Meski demikian, menerapkan gaya hidup sehat, minum obat dari dokter, rutin berolahraga, dan terapi fisik atau terapi okupasi dapat membantu meringankan kondisi tersebut. 

Carpal tunnel syndrome (CTS)

Menurut dr. Devia Irine Putri dari KlikDokter, saraf di sekitar pergelangan tangan juga bisa terjepit. Kondisi ini disebut dengan carpal tunnel syndrome (CTS), atau sindrom terowongan karpal. 

Keadaan ini bisa terjadi akibat penggunaan tangan berlebih. Selain itu, kehamilan dan beberapa kondisi medis seperti hipotiroid, diabetes, dan artritis juga bisa memicu CTS.

Terjadinya CTS mendatangkan gejala nyeri dan kesemutan, juga terasa panas seperti terbakar di bagian tangan yang terkena. Apabila gejala tidak segera diobati, kerusakan saraf secara permanen tak bisa dihindari lagi. 

Nah, jangan lagi anggap sepele sakit di pergelangan tangan. Penyebabnya bisa beragam, mulai dari cedera hingga kondisi medis yang tak boleh diabaikan. Bila nyeri di pergelangan tangan tak kunjung membaik, segera periksakan ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat. 

(NB/ RH)

Lanjutkan Membaca ↓