Cuci Tangan, Langkah Kecil yang Berdampak Besar pada Kesehatan

Oleh dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc pada 15 Oct 2019, 15:15 WIB
Cuci tangan adalah kebiasaan yang telah diajarkan sejak usia dini. Kebiasaan yang terlihat sepele ini memiliki dampak besar pada kesehatan.
Cuci Tangan, Langkah Kecil yang Berdampak Besar pada Kesehatan (Alexander Raths/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Belakangan ini, merayakan hari-hari kesehatan di seluruh dunia telah menjadi tren. Salah satunya adalah Hari Cuci Tangan Sedunia yang dirayakan hari ini. Kampanye ini dicanangkan PBB sebagai upaya untuk menggiatkan kebiasaan mencuci tangan di seluruh dunia.

Sudah ada banyak penelitian atau studi yang dilakukan untuk menilai dampak cuci tangan pada kesehatan. Semuanya pun menarik kesimpulan yang sama, bahwa cuci tangan sangat penting dan memiliki manfaat sangat positif bagi kesehatan. 

Mencuci tangan adalah cara yang aman, efektif, dan murah untuk mencegah penyakit. Bahkan, bisa dibilang bahwa cuci tangan dapat menyelamatkan hidup Anda.

Ini pentingnya cuci tangan bagi kesehatan

Hasil studi yang dilakukan di berbagai negara telah membuktikan bahwa mencuci tangan dengan air merupakan salah satu langkah mudah untuk menurunkan angka kejadian infeksi. Misalnya saja, sebuah studi yang dilakukan di India. 

Hasil studi tersebut menunjukkan bahwa mencuci tangan dengan air saja dapat menurunkan risiko terjadinya diare. Sementara, jika mencuci tangan dengan air dan sabun, maka akan dapat menurunkan risiko setiap jenis infeksi.

Cuci tangan wajib dilaksanakan, terutama setiap selesai menggunakan kamar mandi atau toilet, termasuk untuk memandikan atau sekadar menemani si Kecil. 

Selain itu, pastikan selalu mencuci tangan setelah batuk atau bersin. Hal ini untuk memastikan bahwa kuman yang terdapat pada tangan Anda dapat dimusnahkan. 

Kemudian, jangan sampai lupa untuk mencuci tangan setelah memberikan makan, memandikan, membersihkan kadang, atau bermain dengan hewan peliharaan. Sebab, ada banyak jenis penyakit, terutama penyakit infeksi, yang dapat ditularkan hewan peliharaan kepada manusia. 

Terakhir, pastikan untuk mencuci tangan setelah membuang sampah. Sebab, tempat sampah dan isinya merupakan tempat berkembang biak sebagian kuman penyebab penyakit yang dapat mengancam kesehatan Anda.

Paling penting, ingatlah selalu bahwa tangan Anda digunakan untuk makan dan minum. Oleh sebab itu, jika tidak dicuci atau dibersihkan, maka kuman dari tangan bisa masuk ke dalam tubuh melalui mulut Anda.

Cara mencuci tangan dengan benar

Untuk memastikan bahwa kuman di tangan Anda benar-benar dapat dibersihkan, cara mencuci tangan pun harus dilakukan dengan benar. Berikut ini adalah caranya: 

  • Basahi tangan dengan air mengalir.
  • Usapkan sabun pada seluruh permukaan tangan. Pastikan untuk tidak melewati telapak tangan, punggung tangan, hingga sela-sela dan ujung jari. 
  • Bersihkan sabun dengan air mengalir dan pastikan telah terbilas seluruhnya.
  • Keringkan tangan dengan menggunakan handuk atau tisu yang bersih.

Biasanya, proses mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun ini membutuhkan waktu sekitar 40-60 detik.

Dengan mengikuti cara di atas, maka kuman yang terperangkap akibat adanya kotoran dan minyak di tangan dapat dimusnahkan oleh sabun. Cuci tangan menggunakan air saja terkadang tidak cukup untuk mengeluarkan kuman-kuman tersebut. 

Proses mengusap sabun dan menggosok tangan dapat membantu dalam melepaskan kuman dari permukaan tangan. Selain itu, mencuci tangan dengan sabun juga dapat memberikan bonus berupa rasa nyaman di tangan dan aroma yang wangi.

Kebiasaan mencuci tangan, sebenarnya suatu hal yang sangat sederhana dan mudah, tapi sering terlewatkan atau terlupakan. Padahal, terdapat begitu banyak dampak baik bagi kesehatan yang bisa Anda peroleh dari mencuci tangan. 

Oleh sebab itu, penting untuk mengembangkan kebiasaan mencuci tangan sejak dini. Bisa dimulai dengan mengajarkan si Kecil di rumah, hingga memastikan ketersediaan fasilitas mencuci tangan di sekolah, sehingga kebiasaan mencuci tangan tetap dapat dilakukan saat berada di sekolah.

[MS/ RH]