8 Manfaat Diet Vegetarian bagi Kesehatan Anda
searchtext customer service

Segudang Manfaat Diet Vegetarian untuk Kesehatan

Orang yang menjalankan pola makan vegetarian umumnya hanya mengonsumsi sayur dan buah-buahan. Apa saja manfaat kesehatan dari pola makan ini? Cari tahu faktanya!
Segudang Manfaat Diet Vegetarian untuk Kesehatan

Klikdokter.com, Jakarta Saat ini, orang yang mengadopsi pola makan vegetarian sudah cukup banyak kita temui. Bahkan, sudah berdiri berbagai restoran khusus vegetarian di ibu kota. 

Namun, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa vegetarian dan vegan itu tidak sama. 

Pada pola makan vegan, pelakunya menghindari segala jenis makanan yang berasal dari hewan. Sementara, beberapa tipe vegetarian ada yang masih mengonsumsi telur, susu, dan produk turunan susu lainnya. 

Banyak alasan yang melatarbelakangi seseorang untuk memilih pola makan vegetarian. Mulai dari pilihan untuk hidup lebih sehat, alasan agama, serta kepedulian terhadap lingkungan dan hak-hak hewan.

Apa pun itu, pola makan vegetarian memang diyakini memiliki segudang manfaat. Berikut adalah daftar manfaat diet vegetarian bagi tubuh: 

1 dari 9

1. Menurunkan Risiko Kematian Akibat Penyakit Jantung Koroner

Menurunkan Risiko Kematian Akibat Penyakit Jantung Koroner
loading

Sebuah studi menyebutkan bahwa orang yang menjalankan pola makan vegetarian memiliki risiko yang lebih rendah untuk mengalami kematian akibat penyakit jantung koroner. 

Hal ini tentunya merupakan kabar yang baik, mengingat penyakit jantung koroner menjadi salah satu penyakit penyebab kematian terbanyak di Indonesia.

2 dari 9

2. Menurunkan Risiko Kanker Usus Besar

loading

Konsumsi banyak daging, terutama daging merah, disebut-sebut berkaitan dengan peningkatan risiko kanker usus besar

Sebaliknya, makanan yang banyak serat seperti sayur dan buah-buahan dapat melindungi usus sehingga dapat menurunkan risiko kanker.

Artikel lainnya: Vegetarian dan Vegan, Apa Bedanya?

3 dari 9

3. Menurunkan Risiko Diabetes Melitus dan Komplikasinya

Diabetes Melitus dan Diabetes Insipidus, Gejala Serupa Beda Obat (Macgyverhh/Shutterstock)
loading

Menerapkan diet vegetarian juga bermanfaat untuk gula darah Anda. Sebuah studi menyebutkan bahwa pelaku vegetarian memiliki kadar gula darah yang lebih stabil. 

Hal ini berpotensi membuat mereka memiliki risiko diabetes yang lebih rendah, dibandingkan dengan orang yang tidak menjalankan pola makan vegetarian.

4 dari 9

4. Menurunkan Risiko Obesitas

loading

Pola makan vegetarian dapat menurunkan risiko obesitas, bahkan pada orang-orang yang sudah mengalami berat badan berlebih (overweight). 

Tak berhenti di situ, konsisten dalam menerapkan pola makan vegetarian juga efektif untuk menurunkan dan mempertahankan berat badan ideal. Efek ini umumnya mulai bisa dirasakan setelah melakukannya selama enam bulan atau lebih.

5 dari 9

5. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat (LDL)

Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat (LDL)
loading

Salah satu manfaat diet vegetarian adalah dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL. Perlu diketahui, LDL merupakan salah satu faktor penyebab penyempitan pembuluh darah -- cikal bakal penyakit jantung dan stroke

Pola makan vegetarian yang kaya akan sayuran dan buah berserat akan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dengan cara mengikat kolesterol di usus.

Agar kadar kolesterol jahat lebih minimal, seorang vegetarian dianjurkan untuk mengonsumsi jenis makanan yang kaya akan plant sterol. Contohnya, minyak sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

6 dari 9

6. Membuat Awet Muda

loading

Sebuah studi menyatakan, salah satu upaya awet muda bisa dilakukan dengan menjadi vegetarian. Itu karena buah dan sayuran kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. 

Antioksidan menjadi penangkal radikal bebas yang merusak sel dan membantu untuk melawan penuaan dini.

Artikel lainnya: Manfaat Diet Vegetarian, Benarkah Bisa Mengatasi Hipertensi?

7 dari 9

7. Mencegah Kanker Jenis Lain

Mencegah Kanker Jenis Lain
loading

Dalam sebuah studi disebutkan, risiko terjadinya kanker menurun sebesar 15 persen pada orang-orang yang memiliki pola makan bebas daging hewan.

Potensi pencegahan kanker kemungkinan besar berasal dari banyaknya kandungan antioksidan di pola makan vegetarian. 

Selain itu, tingginya asupan serat, vitamin, mineral, serta fitokimia lain berkontribusi terhadap lebih rendahnya kejadian kanker.

8 dari 9

8. Menurunkan Tekanan Darah

loading

Apakah Anda termasuk orang-orang yang bermasalah dengan tekanan darah tinggi? Nah, suatu studi mengungkap adanya manfaat diet vegetarian terhadap perbaikan profil tekanan darah. 

Ini tentunya merupakan hal yang baik, mengingat tekanan darah tinggi menjadi faktor risiko penyakit jantung koroner. 

Baca Juga

Ternyata banyak sekali manfaat diet vegetarian, ya? Apakah saat ini Anda semakin tertarik untuk mengadopsi pola makan ini dalam keseharian Anda? 

Sebelum memulai, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Sebab, pola makan vegetarian juga berpotensi menimbulkan efek samping bila Anda tidak berhati-hati.

Konsultasikan langsung dengan dokter melalui layanan Live Chat di aplikasi KlikDokter

[RS]

ARTIKEL TERKAIT

Tips Menaikkan Berat Badan bagi Penderita Celiac

Info Sehat
13 Apr

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Minum Kopi

Info Sehat
29 Mar

Apakah Santan Bisa Bikin Gemuk?

Info Sehat
29 Mar

Apa Dampak Jika Anak Vegetarian?

Info Sehat
21 Mar

Doyan Makan Tapi Badan Tetap Kurus, Apa yang Salah?

Info Sehat
10 Mar

REAKSI ANDA

2 KOMENTAR

Avatar
Kokon Kokon
3 Tahun Lalu

Dok, bagi tips makanan buat orang yang mau bentuk badan jadi berotot dong!!!

Avatar
Megha Megha
3 Tahun Lalu

cara menguruskan badan

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat