8 Cara Meningkatkan Kolagen Secara Alami, Apa Saja?
search

Cara Meningkatkan Kolagen Secara Natural

Ada beberapa cara alami untuk meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh. Simak cara meningkatkan kolagen secara alami di sini.
Cara Meningkatkan Kolagen Secara Natural

Klikdokter.com, Jakarta Kolagen merupakan protein yang terdapat banyak di dalam tubuh. Contohnya, kolagen terdapat di otot, tulang, tendon, pembuluh darah, dan sistem pencernaan. Namun, protein kolagen lebih sering dibicarakan karena memiliki manfaat terhadap kulit.

Dengan terjaganya kadar kolagen, kulit akan tetap elastis, halus, kencang, dan kelembapannya terjaga. Maka dari itu, kolagen dianggap sebagai salah satu bahan penting untuk tubuh dan kulit.

Ada beberapa cara untuk meningkatkan kolagen, baik secara alami atau dengan tindakan medis. Berikut beberapa cara yang harus Anda tahu.

1. Asam Hialuronat

Komponen penting dalam kolagen kulit adalah asam hialuronat. Asam hialuronat banyak ditemukan di dalam makanan yang kaya asam amino, seperti kacang, sayuran berakar, dan kedelai.

Menambah asam hialuronat ke dalam asupan makan sehari-hari dapat meningkatkan kadar kolagen di dalam tubuh. Asam hialuronat juga tersedia dalam bentuk suplemen.

1 dari 5

2. Vitamin C

Vitamin C
loading

Tubuh manusia tidak dapat memproduksi vitamin C sendiri, karena itu kita mesti mendapatkannya lewat asupan makanan. Sebagai salah satu zat antioksidan, vitamin C mampu membantu melindungi kulit dan membentuk lebih banyak kolagen di dalam tubuh.

Umumnya, vitamin C dapat dikonsumsi lewat suplemen dan juga terkandung di dalam produk perawatan kulit. Anda bisa mendapatkan vitamin C dari makanan seperti buah sitrus, sayuran berdaun hijau, stroberi, pepaya, serta brokoli.

Artikel Lainnya: 5 Buah yang Bisa Bantu Tingkatkan Produksi Kolagen

3. Gel Aloe Vera

Aloe vera sering digunakan sebagai gel yang dapat mengatasi masalah kulit tertentu, misalnya untuk meredakan ruam merah atau kulit perih akibat terbakar  sinar matahari. Namun, studi menunjukkan bahwa manfaatnya tak hanya sampai situ saja.

Ekstrak aloe vera yang disebut dengan Aloe sterol ditemukan dapat meningkatkan produksi asam hialuronat dan kolagen sebanyak hampir 2 kali lipat pada partisipan penelitian. Ditemukan pula penurunan kerutan wajah pada partisipan yang mengoleskan ekstrak aloe vera di kulitnya.

2 dari 5

4. Ginseng

Ginseng
loading

Ginseng adalah rempah yang sejak lama digunakan sebagai obat tradisional. Studi membuktikan bahwa ginseng dapat meningkatkan kadar kolagen dalam darah.

Dengan adanya kandungan antiperadangan dan antioksidan, ginseng memiliki potensi untuk mengatasi sel kulit yang menua. Ginseng banyak ditemukan dalam teh dan suplemen.

Artikel Lainnya: 4 Manfaat Bubuk Kolagen Jika Digunakan Setiap Hari

5. Antioksidan

Radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh dapat dilawan dengan antioksidan.  Antioksidan banyak ditemukan dalam makanan. Contoh makanan yang banyak mengandung antioksidan adalah bluberi, teh hijau, ekstrak pomegranat, ekstrak kopi, dan kayu manis.

3 dari 5

6. Retinol

Retinol
loading

Retinol merupakan salah satu jenis antioksidan yang sering digunakan untuk meningkatkan kadar kolagen dalam kulit. Retinol mampu meningkatkan masa hidup kolagen dan juga memblokir enzim yang merusak kolagen.

Kemampuan retinol tersebut digunakan sebagai bahan penting yang ada di dalam produk perawatan kulit.

7. Terapi Laser Kadar Rendah

Beberapa terapi untuk kulit seperti mikrodermabrasi, chemical peeling, dan laser pastinya memiliki efek samping. Setelah melakukan terapi, kulit membutuhkan waktu untuk pulih.

Low-level laser therapy (LLLT) atau terapi laser kadar rendah, telah terbukti dapat meningkatkan kadar kolagen dan memperbaiki kerutan serta keelastisan kulit. LLLT merupakan suatu tindakan medis yang bisa meningkatkan kadar kolagen dan tidak memiliki efek samping.

Artikel Lainnya: Kulit Halus Berkat Makanan yang Mengandung Kolagen Ini

4 dari 5

8. Melindungi Kulit Dari Polusi Lingkungan

Kolagen Melindungi Kulit Dari Polusi Lingkungan
loading

Sel kulit selalu berada di dalam suatu siklus yang dibentuk dan dihancurkan. Namun, faktor lingkungan seperti cuaca yang tidak menentu, polusi, paparan sinar matahari, dan bahkan partikel debu dapat merusak kulit.

Sel kulit yang mati dan terbuang dapat menurunkan kadar kolagen. Sebagai solusinya, kita bisa menjaga kulit tetap bersih dengan mencuci dengan sabun muka yang tepat, dan melakukan eksfoliasi rutin.

Jangan lupa gunakan tabir surya setiap hari, bila perlu pakai topi dan kacamata ketika keluar rumah agar kadar kolagen di sekitar mata juga terlindungi.

Baca Juga

Itu dia beberapa cara meningkatkan kolagen secara natural maupun dengan tindakan medis. Untuk tahu informasi kesehatan lainnya, baca terus artikel di aplikasi Klikdokter. Anda juga bisa konsultasi langsung dengan dokter lewat fitur Live Chat 24 Jam.

(OVI/JKT)

ARTIKEL TERKAIT

Butuh Kolagen untuk Mempercantik Kulit Wajah? Coba 5 Buah Ini!

Info Sehat
01 Jul

Inilah Manfaat Ceker Ayam untuk Kesehatan Anda

Info Sehat
13 Apr

Daftar Makanan yang Mengandung Kolagen untuk Kesehatan Kulit

Info Sehat
13 Apr

7 Manfaat Utama Konsumsi Suplemen Kolagen

Info Sehat
14 Okt

Yuk, Kenali Manfaat Bubuk Mutiara dalam Skin Care

Info Sehat
22 Sep

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat