Hari Pangan Sedunia 2019, Menuju ZeroHunger

Oleh dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc pada 16 Oct 2019, 15:05 WIB
Meski berada di era teknologi terkini, angka kelaparan di dunia masih tinggi. Di Hari Pangan Sedunia 2019 ini, mari bekerja sama menuju dunia tanpa kelaparan, ZeroHunger.
Hari Pangan Sedunia 2019, Menuju ZeroHunger (Jacob_09/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Tanggal 16 Oktober setiap tahun diperingati sebagai World Food Day alias Hari Pangan Sedunia. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mengenai kondisi kelaparan yang masih terjadi di berbagai pelosok dunia. 

Pada tahun 2019, Hari Pangan Sedunia diperingati dengan tema ZeroHunger atau memastikan tidak ada manusia yang kelaparan di dunia ini. 

Pada tanggal 16 Oktober 2019, sudah ada lebih dari 150 negara yang ikut bepartisipasi sehingga kegiatan ini digolongkan sebagai langkah yang besar dari United Nations (UN) atau Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB).

Pelaksanaan Hari Pangan Sedunia

Berbagai negara ikut berpartisipasi dalam perayaan Hari Pangan Sedunia dengan menyelenggarakan serangkaian kegiatan yang melibatkan program pemerintah, bisnis, organisasi sosial, media sosial, dan masyarakat umum. 

Kegiatan-kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan akan kondisi kelaparan di dunia. 

Selain itu, kegiatan yang dilakukan pada Hari Pangan Sedunia juga bermaksud memberikan sarana bagi masyarakat untuk ikut berperan dalam menyelesaikan masalah kelaparan di dunia. 

Sebagai tambahan, sebagian dari acara dikhususkan untuk memberikan edukasi terkait kepentingan konsumsi diet sehat bagi semua kalangan. 

Secara umum, serangkaian acara yang diselenggarakan oleh organisasi dan pemerintah di berbagai negara berupaya untuk mencakup seluruh masyarakat. Kendati begitu, setiap individu juga dapat ikut berperan dalam memperingati Hari Pangan Sedunia. 

Sebagai contoh, seseorang dapat membuat video dan mengunggahnya ke media sosial untuk menginspirasi semua orang mengikuti pola makan sehat. Tindakan ini adalah salah satu cara untuk menyampaikan informasi dalam waktu singkat kepada masyarakat di berbagai penjuru dunia.

Tidak hanya sebatas itu, Anda juga bisa berkontribusi dengan berbagi informasi pada orang sekitar guna meningkatkan pengetahuan bersama. Informasi yang dapat dicantumkan, melakukan olahraga setidaknya 30 menit setiap hari dan memilih makanan sehat dan kaya nutrisi. 

Awal untuk kehidupan lebih baik

Dasar prinsip dari Hari Pangan Sedunia adalah, keputusan yang diambil hari ini berdampak pada masa depan. Hal ini termasuk dalam hal diet, yang berdampak pada kesehatan saat ini dan masa mendatang. 

Banyak pemerintah negara yang telah membuat panduan makan atau diet sehat, yang dapat diikuti oleh masyarakatnya. Ini dapat memberikan dukungan kepada masyarakat untuk mengikuti pola makan sehat.

Secara umum, menambahkan buah, sayur, dan kacang-kacangan dalam menu makanan sehari-hari dapat memberikan tambahan nutrisi dalam diet sehari-hari. 

Lebih lanjut, mengurangi karbohidrat, gula, lemak, dan garam juga penting dilakukan untuk menurunkan risiko penyakit. Sebagai contoh, roti putih yang terbuat dari tepung dapat diganti dengan roti gandum karena merupakan asupan serat yang baik dan lebih sehat. 

Terakhir, pilihlah makanan dengan lemak yang tidak jenuh, karena lebih baik dibandingkan lemak yang jenuh.

Santap bersama dengan keluarga dan teman membuat proses makan lebih nyaman dan menyenangkan. Kenali komposisi dan nilai nutrisi dalam makanan sehari-hari, dan pastikan tidak ada yang kurang ataupun berlebihan. 

Hal yang perlu selalu diingat terkait Hari Pangan Sedunia, makanan dapat berpengaruh pada kualitas hidup. Maka itu, pilihlah makanan yang sehat dan mengandung nutrisi seimbang agar hidup lebih sehat, bahagia dan berkualitas.

(NB/ RH)