Tips Makan Nyaman Setelah Memakai Gigi Palsu

Oleh drg. Wiena Manggala Putri pada 18 Oct 2019, 09:00 WIB
Untuk bisa makan dengan nyaman setelah memakai gigi palsu, tentu butuh adaptasi. Agar prosesnya bisa cepat, simak tips berikut ini.
Tips Makan Nyaman Setelah Memakai Gigi Palsu (Africa Studio/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Gigi palsu atau gigi tiruan tidak hanya dapat digunakan sebagai pengganti satu gigi saja, tapi juga beberapa –bahkan hingga semua gigi di dalam mulut. Namun, untuk bisa nyaman memakainya, termasuk saat makan, tentu dibutuhkan waktu adaptasi. 

Umumnya, gigi palsu terbuat dari bahan akrilik, plastik, atau logam yang didesain secara khusus agar bisa menyerupai bentuk gigi dan gusi asli. Dengan demikian, gigi palsu pun akan terlihat lebih alami.

Gigi palsu yang dipasang dengan benar dapat memberikan banyak manfaat bagi penggunanya. Antara lain, dapat meningkatkan kemampuan berbicara, mengunyah makanan, dan menambah kepercayaan diri.

Selain itu, gigi palsu juga dapat mencegah pengenduran pada wajah Anda dan memberikan perlindungan pada gigi yang tersisa.

Setelah pemasangan gigi palsu dilakukan, tentu Anda akan merasakan adanya perubahan pada rongga mulut. Biasanya, akan muncul rasa tidak nyaman, sehingga dibutuhkan penyesuaian terlebih dahulu, terutama saat berbicara dan mengunyah makanan.

Setelah beberapa minggu pemakaian, biasanya otot-otot pada bagian lidah maupun pipi sudah mulai bisa beradaptasi dengan gigi palsu. Anda pun bisa mulai menggunakan gigi palsu dengan nyaman.

Tips beradaptasi dengan gigi palsu

Namun, Anda mungkin tidak sabar untuk bisa kembali mengonsumsi makanan-makanan favorit. Oleh sebab itu, agar proses adaptasi dengan gigi palsu bisa berlangsung lebih singkat, inilah beberapa tipsnya: 

  • Konsumsi makanan lunak

Untuk beberapa hari pertama setelah pemasangan gigi palsu, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan-makanan yang lunak atau cair. Contohnya sup, oatmeal, atau puding. 

Pilih makanan yang mudah dikonsumsi sampai gigi palsu Anda stabil dan terasa nyaman. Sebab, jika langsung digunakan untuk mengunyah makanan yang padat, akan menimbulkan rasa tidak nyaman dan berpotensi membahayakan gusi.

  • Kunyah secara merata

Sebagian besar orang, cenderung hanya mengunyah pada satu sisi mulut saja. Tapi, bagi pengguna gigi palsu, hal ini bisa membuat sendi rahang mengalami kelainan. 

Oleh karena itu, setelah Anda mulai mengonsumsi makanan padat lagi, kunyahlah secara perlahan dan pastikan untuk menggunakan kedua sisi gigi secara merata. Hal ini juga akan membantu dan menjaga gigi palsu menjadi lebih stabil.

  • Hindari cairan panas

Berhati-hatilah pada suhu makanan atau minuman yang terlalu panas. Periksa terlebih dahulu suhunya dengan benar, agar tidak membakar mulut atau jaringan lunak di sekitarnya. Ada baiknya, cicipi sedikit makanan dan minuman yang panas pada bibir Anda sebelum memasukkannya ke mulut.

  • Potong makanan menjadi lebih kecil

Saat Anda masih beradaptasi dan belajar mengunyah dengan gigi palsu, potonglah makanan menjadi bagian-bagian yang kecil agar bisa mengunyahnya dengan lebih mudah. Hal ini berguna untuk tidak membuat banyak tekanan pada gusi yang masih menyesuaikan diri.

  • Hindari makanan yang sulit dikunyah

Sebaiknya, hindari juga makanan yang keras dan sulit dikunyah seperti daging, kerupuk,atau kacang-kacangan ketika Anda baru menggunakan gigi palsu. 

Untuk sementara, pilihlah sumber protein baik lainnya yang lebih mudah dikunyah seperti ayam, ikan dan telur.

  • Hati-hati dengan makanan lengket

Permen karet atau selai kacang merupakan jenis makanan yang lengket. Makanan seperti ini tentu dapat dengan mudah terperangkap di antara gigi palsu dan gusi, sehingga dapat menimbulkan iritasi dan infeksi.

Jika memang ingin memakannya, pastikan Anda membersihkan gigi palsu dan mulut dengan tepat setelahnya.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar makan menjadi lebih nyaman setelah memakai gigi palsu. Beradaptasi dengan gigi palsu memang akan membutuhkan waktu, tapi tips di atas juga dapat membantu Anda dapat kembali makan dengan normal dalam waktu yang lebih cepat. 

[MS/ RH]