8 Makanan yang Membuat Mendengkur Makin Parah
searchtext customer service

Daftar Makanan yang Membuat Kebiasaan Mendengkur Makin Parah

Tahukah kamu bahwa mengorok juga bisa disebabkan asupan makanan yang kita konsumsi? Berikut ini daftar makanan yang membuat mendengkur.
Daftar Makanan yang Membuat Kebiasaan Mendengkur Makin Parah

Klikdokter.com, Jakarta Tidak sedikit orang yang memiliki kebiasaan mendengkur alias ngorok saat tidur. Apakah kamu salah satunya?

Perlu kamu tahu, mendengkur disebabkan oleh penyempitan saluran napas. Kondisi ini membuat jaringan lunak di daerah tenggorokan bergetar sehingga menghasilkan dengkuran. 

Ada beberapa faktor yang bisa bikin kamu punya kebiasaan mendengkur, di antaranya adalah anatomi mulut dan obesitas alias kelebihan berat badan.

Selain itu, makanan yang kamu konsumsi sehari-hari ternyata juga bisa meningkatkan risiko mendengkur saat tidur. Di bawah ini beberapa makanan yang membuat mendengkur semakin parah:

1 dari 9

1. Kedelai

Kedelai
loading

Mengonsumsi susu sapi bisa menimbulkan kebiasaan mendengkur. Hal ini dialami orang yang alergi pada laktosa (gula di dalam susu sapi).   

Karenanya, beberapa orang beralih minum susu kedelai untuk menghentikan kebiasaan ngorok. Sayangnya, minum susu kedelai tidak dapat menghentikan kebiasaan mendengkur.

Konsumsi produk kedelai justru dapat membuat kebiasaan ngorok semakin parah. Kedelai dapat meningkatkan produksi lendir pada saluran pernapasan sehingga kian memperbesar risiko mendengkur saat tidur.

Artikel Lainnya: GERD Sebabkan Mendengkur saat Tidur, Ini Penjelasannya

2 dari 9

2. Susu Tinggi Lemak

loading

Kebiasaan mengonsumsi susu tinggi lemak bisa menyebabkan sleep apnea dan obesitas. Keduanya termasuk faktor yang dapat meningkatkan risiko kamu mendengkur.

Soalnya, susu tinggi lemak dan produk olahannya dapat memicu produksi lendir di saluran pernapasan. Nah, untuk mengurangi risiko ngorok, kamu harus membatasi asupan susu tinggi lemak. 

Penelitian yang diterbitkan American Journal of Respiratory and Critical Care Medicine, menyebutkan bahwa 72 pasien sleep apnea dengan kelebihan berat badan yang membatasi asupan lemak jenuh mengalami perbaikan gejala mendengkur saat tidur.

3 dari 9

3. Daging Tinggi Lemak

loading

Kebiasaan makan daging yang banyak mengandung lemak dapat meningkatkan risiko obesitas, gangguan jantung, dan pembuluh darah.

Karenanya, jika kamu punya berat badan berlebih, konsumsi daging tinggi lemak bisa membuat kamu kian dekat dengan obesitas. Cepat atau lambat, obesitas bisa memperberat gejala mendengkur.

4 dari 9

4. Karbohidrat Olahan

loading

Makanan penyebab tidur ngorok berikutnya adalah karbohidrat olahan. Karbohidrat olahan relatif mengandung banyak gula tambahan. 

Jenis karbohidrat ini bisa meningkatkan jumlah kalori di dalam tubuh sehingga bisa menyebabkan kamu mengalami obesitas.

Mengonsumsi karbohidrat olahan secara berlebih juga bisa memperparah gejala sleep apnea.

5 dari 9

5. Alkohol

Alkohol
loading

Banyak orang beranggapan minum alkohol bisa jadi solusi untuk melepaskan stres dan bikin tidur lebih nyenyak. Sayangnya, mengonsumsi alkohol sebelum tidur dapat meningkatkan risiko kamu mendengkur.

Soalnya, alkohol bisa melemahkan otot pernapasan sehingga membuat jalan napas kian menyempit. Oleh sebab itu, jika tidak ingin mendengkur, hindari asupan alkohol sebelum tidur, ya!

Artikel Lainnya: Ini Dia Posisi Tidur Terbaik agar Anda Bebas dari Mengorok 

6 dari 9

6. Kopi

loading

Kebiasaan minum kopi ternyata bisa bikin kamu mendengkur. Kondisi ini terjadi ketika kamu minum kopi berlebihan.

Pasalnya, kandungan kafein dalam kopi bisa menyebabkan saluran napas meradang. Efek kafein juga membuat kamu terjaga di malam hari sehingga bisa mengganggu pola tidur.

7 dari 9

7. Makanan dan Minuman Tinggi Kalori

loading

Seperti telah disampaikan, kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko kamu mendengkur saat tidur. Nah, berat badan berlebih bisa disebabkan oleh kebiasaan mengonsumsi asupan tinggi kalori.

Jenis makanan tinggi kalori, misalnya junk food, makanan olahan, dan cokelat. Sementara minuman tinggi kalori, seperti minuman kemasan dan minuman manis.

8 dari 9

8. Telur

loading

Berdasarkan penelitian yang dimuat International Journal of Immunopathology and Pharmacology, riwayat alergi terhadap makanan bisa meningkatkan risiko ngorok. Contoh makanan yang bisa menyebabkan alergi dan berkaitan dengan kebiasaan mendengkur adalah telur.

Namun perlu diingat, mendengkur hanya terjadi jika kamu memiliki riwayat alergi telur. Apabila tidak punya kondisi alergi, kamu tidak perlu khawatir untuk mengonsumsi telur, ya! 

Baca Juga

Makanan dan minuman yang membuat mendengkur bukanlah faktor mutlak penyebab ngorok. Karena, pada dasarnya mendengkur dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk anatomi mulut dan berat badan.

Jika keluhan belum juga teratasi setelah kamu membatasi makanan penyebab mendengkur, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter melalui fitur tanya dokter online di KlikDokter

Yuk, #JagaSehatmu dengan download aplikasi KlikDokter untuk mengikuti informasi seputar kesehatan lainnya.

(ADT/JKT)

Referensi:

International Journal of Immunopathology and Pharmacology. Diakses 2022. Habitual Snoring in Children with Previous Allergic Sensitization.

BMJ Journals. Diakses 2022. Habitual snoring, adiposity measures and risk of type 2 diabetes in 0.5 million Chinese adults: a 10-year cohort. 

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Febryan Agus Pramudyo, Sp. GK

Spesialis Gizi Klinik
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Fakta Makanan Berpengawet yang Jarang Diketahui

Info Sehat
02 Agt

Berbagai Manfaat Mengonsumsi Jantung Pisang

Info Sehat
23 Jul

Makanan Penyebab Gusi Bengkak yang Perlu Dihindari

Info Sehat
21 Jul

Vitamin B9: Manfaat, Dosis Harian, dan Sumbernya 

Info Sehat
14 Jul

Sumber Vitamin B2 yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Info Sehat
13 Jul

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat