Cara Menjaga agar Kulit Tak Kering di Tengah Cuaca Panas

Panasnya cuaca Jakarta bisa menyebabkan kulit Anda jadi kering dan mengelupas. Cari tahu cara cegah kulit kering di cuaca panas seperti ini.
Cara Menjaga agar Kulit Tak Kering di Tengah Cuaca Panas (aslysun/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Memiliki kulit yang lembap serta sehat tentu menjadi dambaan setiap orang. Namun sayang, cuaca panas yang saat ini tengah melanda Jakarta memang bisa memengaruhi kelembapan kulit. Akibatnya, kulit pun jadi kering. Karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui beberapa cara mengatasi kulit kering.

Penyebab kulit kering

Dalam dunia medis, kulit kering disebut dengan xerosis kutis atau asteatosis. Kondisi ini akan membuat kulit terasa kasar dan bersisik. Angka kejadian kulit kering ini akan meningkat seiring dengan pertambahan usia.

Baca Juga

Beberapa tempat yang paling sering terlihat kering adalah kulit bagian tulang kering, bagian bawah panggul, dan garis aksila bagian belakang. Akan tetapi, pada kasus yang lebih parah, kulit kering juga akan terlihat pada bagian wajah.

Mengenai penyebabnya, dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, menjelaskan bahwa kulit kering dapat dipicu oleh faktor eksternal dan internal.

“Faktor lingkungan itu misalnya disebabkan oleh cuaca, udara yang sangat panas dan kering, sering berada di ruangan yang ber-AC, dan mengenakan pakaian yang terlalu ketat. Sementara faktor internal dipicu oleh adanya alergi, penyakit kulit tertentu, penyakit ginjal dan juga HIV,” ujar dr. Sepriani. 

Cegah kulit kering di tengah panasnya cuaca

Panasnya cuaca merupakan satu dari banyak faktor eksternal yang menyebabkan kulit jadi kering. Untuk mencegah kulit tidak cepat kering saat cuaca panas, beberapa cara ini bisa Anda sontek: 

  • Gunakan sunscreen dan sunblock

Untuk mencegah kulit kering di panasnya cuaca Jakarta, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari merupakan salah satu hal wajib. 

Sunblock bekerja dengan membentuk lapisan pelindung pada permukaan kulit, sehingga menghalangi sinar ultraviolet dari matahari agar tidak mencapai kulit. Ada pun sunscreen, bisa membentuk lapisan yang bisa menyerap sinar ultraviolet sebelum sinar tersebut mencapai kulit,” ujar dr. Sepriani. 

Selain mencegah kulit kering, penggunaan kedua bahan ini juga bisa mencegah Anda dari penyakit mematikan, seperti kanker kulit

  • Minum air putih 

Melembapkan kulit tidak hanya dilakukan dari luar, tapi juga dari dalam. Minum air putih yang cukup bisa menjaga kulit tetap terhidrasi sehingga permasalahan kulit kering pun bisa dicegah.

Menurut dr. Sepriani, cukupilah kebutuhan air minimal delapan gelas per hari atau setara dengan 2.000 liter. 

  • Hindari mandi dengan suhu air yang terlalu panas

Bukan tidak boleh mandi dengan air hangat. Namun, ada baiknya jika dalam kondisi cuaca seperti ini, Anda hentikan dulu kebiasaan mandi dengan air hangat.

Perpaduan antara cuaca yang kering dengan suhu air hangat justru bisa memperburuk kondisi kulit Anda. 

“Kulit yang tadinya tidak kering, bisa berubah menjadi kering bahkan terkelupas karenanya,” jelas dr. Sepriani. 

Jika Anda tetap ingin mandi air hangat karena sudah terbiasa, pastikan air yang Anda gunakan bersuhu sekitar 1 derajat di atas suhu tubuh, yaitu 38 derajat Celsius. Di atas itu, kulit Anda dapat menjadi semakin kering karena air yang panas dapat menghilangkan minyak alami dari kulit.

  • Lakukan perawat dari dalam 

Selain perawatan dari luar, Anda juga dapat melakukan perawatan dari dalam untuk mengatasi kulit kering. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E.

Pasalnya, kulit kering dapat terjadi karena paparan terhadap radikal bebas yang tinggi dan vitamin E punya antioksidan untuk menangkalnya.

Menjaga kulit agar tidak kering tidaklah mudah, terlebih di cuaca panas seperti Jakarta saat ini. Namun, berbekal informasi di atas, bukan tidak mungkin kulit Anda tetap terjaga kesehatannya meski di cuaca terik. Yuk, dicoba!

[HNS/ RH]

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

5 Bahan Skin Care Ini Bikin Kulit Berminyak Makin Berminyak

Info Sehat
17 Sep

Merendam Kaki dengan Air Garam Bisa Menghilangkan Lelah?

Info Sehat
05 Sep

Bolehkah Memandikan Bayi dengan Sabun Antiseptik?

Info Sehat
31 Agt

Kiat Mengatasi Produksi Minyak Berlebih di Wajah

Info Sehat
26 Agt

Mana Lebih Baik untuk Kulit Wajah, Serum atau Facial Essence?

Info Sehat
25 Agt

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk