6 Manfaat Madu Hitam bagi Kesehatan Anda

Oleh Ayu Maharani pada 29 Oct 2019, 14:00 WIB
Meski bukan pilihan madu favorit karena rasanya cenderung pahit, tetapi madu hitam menawarkan sejumlah manfaat bagi kesehatan Anda. Ini buktinya!
6 Manfaat Madu Hitam bagi Kesehatan Anda (Julija Miova/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Khasiat madu untuk memelihara kesehatan dan mengatasi beragam penyakit sudah dikenal sejak dahulu kala. Meski mungkin bukan favorit karena rasanya yang pahit, tetapi manfaatnya bagi kesehatan tubuh sangat “manis”.

Dari namanya, ciri madu hitam adalah warnanya yang cenderung lebih gelap ketimbang jenis madu lainnya. Madu hitam didapat dari bunga mahoni, sehingga memiliki warna cokelat tua dan rasanya agak pahit karena mengandung senyawa alkaloid dari pohon mahoni. Namun, alkaloid bukan cuma menyumbang rasa pahit saja, justru zat tersebut yang membawa manfaat buat kesehatan Anda.

Manfaat madu hitam bagi kesehatan

Berikut ini adalah manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi madu hitam secara rutin:

  1. Tidak meningkatkan gula darah

Penelitian yang dipublikasikan di “Journal Pharmaceutical Biology” melaporkan bahwa tanaman yang mengandung alkaloid menunjukkan aktivitas anti hiperglikemik pada uji coba yang dilakukan pada tikus dengan diabetes. Artinya, madu hitam memiliki potensi yang baik untuk dikonsumsi oleh orang-orang dengan kadar gula darah tinggi.

Kabar baiknya lagi, tak seperti madu kebanyakan, madu hitam juga memiliki kandungan gula atau glukosa yang lebih rendah. Sehingga, madu hitam disebut-sebut lebih aman untuk dikonsumsi orang-orang dengan diabetes (diabetesi).

Kendati demikian, bagi diabetesi yang ingin merasakan manfaat madu hitam, sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter. Ini penting untuk mengetahui dosis yang tepat. Dengan demikian, komplikasi atau reaksi yang tidak diinginkan bisa dihindari.

  1. Menangkal radikal bebas dan mencegah penyakit kronis

Selain alkaloid, madu hitam juga kaya akan asam fenolat dan flavonoid. Senyawa asam fenolat berfungsi sebagai antioksidan alami yang mampu menghambat aktivitas radikal bebas di dalam tubuh. Karena kandungannya tinggi, asam fenolat dalam madu hitam bisa meningkatkan daya tahan tubuh, menangkal kanker, mencegah peradangan maupun penyempitan pembuluh darah.

Flavonoid juga berperan sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas dalam tubuh. Sehingga, siapa saja yang mengonsumsinya secara rutin bisa menurunkan risiko kanker dan mencegah penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

  1. Menjadi obat alergi alami dan melancarkan darah ke otak

Flavonoid pada madu hitam juga dapat dijadikan obat alami untuk mengatasi gangguan kesehatan yang berkaitan dengan alergi. Misalnya, asma, rinitis, eksem atopik, dan lain sebagainya. Antioksidan yang satu ini juga bisa mempercepat regenerasi sel-sel saraf di luar otak dan sumsum tulang belakang. 

Anda yang ingin menjaga daya ingat hingga tua juga bisa mengonsumsi madu hitam secara rutin. Pasalnya, kandungan flavonoid di dalam madu tersebut bisa membantu melancarkan aliran darah ke otak, sehingga fungsi otak akan tetap terpelihara.

Jika Anda sedang mengalami peradangan atau infeksi, madu hitam akan mempercepat proses penyembuhannya!

1 of 2

Selanjutnya

  1. Membantu mengatasi gejala sakit lambung

Penderita sakit lambung sering mengalami sekumpulan gejala, misalnya nyeri ulu hati, kembung, mual, dan muntah. Meski jarang menimbulkan komplikasi serius, sakit lambung yang tidak diobati bisa berujung pada munculnya luka di lambung yang cukup dalam dan lebar.

Nah, salah satu cara alami untuk mengatasi sakit lambung adalah mengonsumsi madu hitam. Jenis madu ini memiliki sifat dasar sebagai antibiotik, sehingga dapat mengurangi gejala sakit lambung yang disebabkan oleh infeksi bakteri Helicobacter pylori.

  1. Mengatasi batuk

Penelitian dalam jurnal medis “Child Pediatric Health” melaporkan, madu hitam dapat mengurangi frekuensi batuk pada anak-anak dengan bronkitis. Madu hitam pun dinilai cukup efektif pada orang-orang yang belum mencoba pengobatan apa pun untuk mengatasi batuk.

  1. Meningkatkan ketahanan tubuh

Menurut dr. Nitish Basant Adnani, BMedSc, MSc, dari KlikDokter, ada penelitian yang dilakukan di laboratorium nutrisi olahraga di Universitas Memphis, Amerika Serikat, yang menemukan bahwa madu sebanding atau bahkan lebih baik daripada air glukosa dalam menunjang kemampuan ketahanan tubuh atlet.

Meski sehat, tetapi konsumsi madu tetap tak boleh berlebihan. Manfaat madu akan dirasakan jika Anda mengonsumsinya sebanyak 50–80 gram per hari. Selain itu, madu tak boleh diberikan pada anak di bawah usia 1 tahun.

“Anak usia tersebut masih belum memiliki saluran cerna yang kuat, sehingga belum mampu mencerna kontaminasi tertentu pada madu,” jelas dr. Nitish.

Setelah membaca enam manfaat madu hitam bagi kesehatan di atas, tertarik ingin mengonsumsinya? Sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter, terutama jika Anda punya kondisi medis tertentu seperti diabetes, apalagi jika punya kontrol gula darah yang buruk. Selain itu, waspadai juga madu palsu karena cukup banyak ditemukan di pasaran. Belilah madu di tempat-tempat tepercaya dan hindari membeli madu karena tergoda harga murah.

(NB/RN)

Lanjutkan Membaca ↓
Priscilla PermatasariPriscilla Permatasari

slmt mlm dokter. tlg tanya. skrg kan ada diproduksi madu dgn sarangnya...apakah madu yg dikonsumsi dgn sarangnya lbh baik drpd hny madu saja?

Anthony Franklin PapuleleAnthony Franklin Papulele

trims info manfaat Madu Hitamnya bu Dokter..sy barusan 2hari lalu ada beli Madu Hitam: Madu Pahit Raja..