Gejala Kesehatan Ini Terlihat Menakutkan, Padahal Tak Berbahaya

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 30 Oct 2019, 16:20 WIB
Ada beberapa gejala kesehatan yang kemunculannya terlihat menakutkan. Padahal, bisa jadi sebenarnya tak berbahaya. Apa saja contohnya?
Gejala Kesehatan Ini Terlihat Menakutkan, Padahal Tak Berbahaya (Onchira-Wongsiri/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Ada beberapa gejala kesehatan yang tampaknya berbahaya dan membuat Anda langsung panik. Sebaiknya, jangan buru-buru berprasangka seperti itu. Sebab, bisa jadi gejala tersebut sebenarnya tak berbahaya.

Ketika berhubungan dengan gejala kesehatan, memang tak ada salahnya untuk selalu waspada. Tindakan paling tepat yang dapat Anda lakukan adalah segera berkonsultasi dengan dokter.

Dengan demikian, Anda bisa mendapat diagnosis dan penanganan yang tepat. Tapi Anda juga perlu tahu bahwa tak semua gejala kesehatan, termasuk yang terkesan menakutkan, merupakan tanda dari penyakit berbahaya.

Gejala kesehatan yang menakutkan, tapi tak berbahaya

Berikut adalah beberapa gejala kesehatan yang terlihat menakutkan, tapi sebenarnya bukanlah hal yang berbahaya:

1. Nyeri dada

Anda mungkin langsung berpikiran bahwa nyeri di dada, terutama di sebelah kiri, sebagai tanda penyakit jantung. Padahal, tak selalu seperti itu.

Sering kali, nyeri dada pada orang dewasa muda berhubungan dengan rasa mulas, stres, atau kecemasan. Selain itu, yang paling mungkin Anda rasakan sebenarnya adalah nyeri otot di dada.

"Nyeri otot dapat terjadi pada dada bagian kiri, kanan, tengah, atau seluruh bagian dada. Biasanya bersifat seperti ditusuk-tusuk, kemudian bertambah atau berkurang dengan perubahan posisi atau dipijat,” kata dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter.

“Nyeri otot bisa terjadi setelah berolahraga, melakukan aktivitas fisik yang berat, atau karena posisi tidur yang salah. Rata-rata, nyeri ini dapat diatasi dengan penggunaan salep nyeri otot, dipijat, atau istirahat."

2. Palpitasi jantung

Palpitasi jantung atau jantung berdebar adalah kondisi di mana seseorang merasakan kerja jantung yang kuat, cepat, atau tidak teratur.

Jantung yang berdebar secara liar memang terasa menakutkan. Tetapi pemicunya bisa mencakup segala hal –mulai dari stres, dehidrasi, hingga kurang tidur dan terlalu banyak kafein.

3. Tangan gemetar

Jangan langusng mendiagnosis diri sendiri dengan penyakit Parkinson jika Anda mengalami tangan gemetar. Parkinson sering dimulai hanya pada satu sisi tubuh, dan biasanya diikuti dengan gejala kekakuan, gerakan lambat, dan kehilangan koordinasi.

Sementara, tangan gemetar bisa terjadi karena gula darah rendah atau masalah tiroid. Selain itu, bisa juga merupakan tremor esensial yang tak berbahaya.

4. BAB berdarah

BAB berdarah biasanya membuat feses menjadi hitam. Menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, BAB berdarah bisa menandakan wasir dan divertikulitis atau infeksi yang terjadi pada kantong kecil pada dinding usus.

Selain itu, mungkin juga diakibatkan oleh fisura ani atau robekan pada lubang anus, sampai kanker usus besar. Tapi itu tak melulu masalah yang besar.

"Biasanya, BAB berdarah terjadi karena diet rendah serat dan sedikit sembelit. Jika itu tidak hilang setelah Anda mengonsumsi lebih banyak cairan dan serat, segera bicarakan dengan dokter," ujar Albert Ahn, MD, instruktur klinis kedokteran dalam di NYU Langone Health.

5. Mata kedutan

Kelopak mata yang berkedut, tak melulu berkaitan dengan masalah kesehatan. Bisa jadi, ini karena masalah kebiasaan Anda sehari-hari.

"Pada banyak orang, menatap layar komputer atau layar ponsel sepanjang hari, bisa menyebabkan mata tegang," ungkap dr. Ahn.

Atasi kedutan dengan mengistirahatkan mata. Sebisa mungkin, usahakan untuk menghindari aktivitas pada malam hari yang melibatkan layar (gawai atau laptop). Kalau hal upaya ini tak membantu, kedutan bisa menjadi tanda masalah neurologis dalam kasus yang jarang terjadi.

6. Sakit punggung

Orang-orang sering mengaitkan sakit punggung dengan hernia atau tumor. Tapi, sebenarnya ada satu masalah lain yang juga bisa menyebabkannya, yakni posisi duduk atau terlalu banyak duduk.

Nah, itulah beberapa gejala kesehatan yang tampak menakutkan meskipun kenyataannya tak selalu seburuk itu. Jadi, tak perlu langsung panik saat hal tersebut muncul. Bersikaplah tenang dan segera temui dokter bila Anda ragu.

[MS/ RH]