Jangan Sembarangan, Ini Cara Tepat Membersihkan Telinga

Membersihkan telinga ada cara dan syaratnya. Jangan lakukan sembarangan jika tak ingin menjadi masalah.
Jangan Sembarangan, Ini Cara Tepat Membersihkan Telinga (Vadim Zakharishchev/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Menjaga kebersihan telinga adalah bagian dari gaya hidup sehat. Sayangnya, tidak sedikit orang yang masih belum sepenuhnya paham tentang tata cara membersihkan telinga dengan baik dan benar. Anda salah satunya?

Memang, menjaga dan merawat telinga agar selalu dapat berfungsi dengan optimal tidak diperlukan keterampilan khusus. Akan tetapi, hal itu bukan berarti Anda dapat membersihkan telinga dengan cara sembarangan.

Baca Juga

Pasalnya, alih-alih membersihkan telinga, keliru memasukkan benda asing seperti cottonbud atau pengorek telinga justru dapat membuat kotoran telinga masuk lebih dalam dan mengganggu pendengaran.

Belum lagi, liang telinga yang dikorek terlalu keras dengan benda tersebut juga lebih berisiko mengalami cedera atau luka, bahkan infeksi kuman berbahaya.

Cara membersihkan telinga yang tepat

Kotoran telinga sebenarnya dapat keluar dari liang telinga dengan sendirinya. Namun pada beberapa kasus, kotoran telinga juga bisa menumpuk dan sulit dikeluarkan.

Nah, agar tidak menyebabkan gangguan pada fungsi pendengaran, berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan kotoran telinga yang menumpuk dan sulit dikeluarkan:

  • Mulai dari daun telinga

Sebelum membersihkan liang telinga, ada baiknya Anda terlebih dahulu membersihkan daun telinga (bagian luar).

Hal ini dilakukan untuk mencegah berpindahnya bakteri dari daun telinga ke liang telinga. Jadi, pastikan daun telinga telah bersih sebelum melanjutkan proses ke bagian liang telinga.

Cara membersihkan daun telinga cukup sederhana. Anda dapat menggunakan kertas tisu atau kain halus yang telah dicelupkan ke air hangat. Gunakan tisu atau kain tersebut untuk menggosok bagian daun telinga secara perlahan hingga bersih sempurna.

  • Lanjutkan dengan liang telinga

Setelah daun telinga selesai dibersihkan, Anda dapat melanjutkannya dengan membersihkan liang telinga.

Di bagian ini biasanya terdapat kotoran telinga yang menumpuk. Agar kotoran tersebut bisa keluar tanpa perlu dikorek berlebihan, gunakan Vital Ear Oil. Vital Ear Oil adalah cairan tetes telinga yang dapat membantu mengeluarkan kotoran telinga yang keras dan sulit dikeluarkan.

Cairan tetes telinga ini mengandung Thymol, Oleum Menthae, dan Camphora sehingga dapat berperan sebagai antiseptik, khususnya anti mikroba dan anti jamur, memudahkan membersihkan telinga dan mencegah terjadinya infeksi.

Teteskan Vital Ear Oil sehari 3 kali, 2 tetes pada masing-masing rongga telinga. Tunggu beberapa saat hingga cairan Vital Ear Oil keluar dengan sendirinya membawa kotoran yang telah dilunakkan. Setelah itu, usap dengan kapas atau tisu hingga bersih.

Perlu ke dokter jika …

Kotoran telinga menyumbat hingga ke liang terdalam? Atau, kotoran telinga benar-benar keras dan tidak bisa keluar meski telah dibantu dengan obat? Bila kasusnya seperti ini, cara terbaik yang bisa Anda lakukan adalah berobat ke dokter spesialis THT.

Jangan memaksakan diri, apalagi mengoreknya dengan benda asing seperti cottonbud. Bukannya membersihkan, tindakan ini malah bisa membuat kotoran telinga terdorong lebih dalam lagi. Jika begini, bukan tidak mungkin jika fungsi pendengaran Anda akan mengalami gangguan.

Mulai saat ini, jangan lagi menggunakan sembarang alat untuk membantu membersihkan liang telinga Anda. Lebih baik gunakan Vital Ear Oil yang dapat membantu menjaga kebersihan dan kesehatan telinga. Jangan lupa baca aturan pakai, ya!

(NB/ RH)

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Mengenal Gangguan Pendengaran Tuli Kongenital

Info Sehat
26 Sep

Tips agar Telinga Tetap Sehat Meski Sering Pakai Headset

Info Sehat
23 Sep

Telinga Sakit Saat Flu, Apa Penyebabnya?

Info Sehat
13 Sep

Telinga Berdenging Bisa Diatasi dengan Obat Tetes Telinga?

Info Sehat
20 Agt

Telinga Kemasukan Serangga, Bagaimana Mengatasinya?

Info Sehat
02 Agt

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk