Ingin Memutihkan Gigi? Kenali Dulu Metodenya

Oleh drg. Wiena Manggala Putri pada 03 Nov 2019, 11:00 WIB
Anda tertarik menjalani prosedur memutihkan gigi? Kalau begitu, Anda perlu mengenal lebih dulu ragam metodenya.
Ingin Memutihkan Gigi? Kenali Dulu Metodenya (kurhan/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Memiliki gigi yang putih bersih memang dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda. Tak heran, prosedur pemutihan gigi atau yang dikenal dengan bleaching, populer beberapa tahun belakangan ini.

Banyak orang rela mengeluarkan uang lebih untuk melakukan perawatan di klinik kecantikan atau dokter gigi agar giginya kembali cemerlang. Namun, sebelum memutuskan menjalani prosedur memutihkan gigi, kenali dulu ragam metodenya.

Metode Memutihkan Gigi

Sebagian besar, bahan yang digunakan untuk memutihkan gigi adalah peroksida. Hasil yang dapat terlihat biasanya tergantung pada kekuatan bahan tersebut dalam produk atau suatu prosedur memutihkan gigi.

Adapun cara-cara memutihkan gigi di antaranya adalah:

  • Pasta gigi pemutih

Pasta gigi ini umumnya mengandung sejumlah bahan abrasif dan deterjen untuk menghilangkan noda yang terdapat di permukaan gigi.

Sebenarnya, pasta gigi ini tidak dirancang untuk benar-benar memutihkan gigi dan mengubah warna asli gigi. Namun, beberapa pasta gigi pemutih mengandung hidrogen peroksida ataupun karbamida peroksida.

Bahan-bahan tersebut diketahui dapat membantu mencerahkan warna gigi satu tingkat lebih terang.

  • Strip pemutih gigi

Alat ini dijual bebas dan cukup murah harganya, serta mudah digunakan sendiri di rumah. Strip ini dilapisi dengan gel pemutih yang mengandung bahan peroksida.

Ada berbagai produk strip putih yang berada di pasaran dengan berbagai instruksi. Strip tersebut harus diterapkan sesuai dengan instruksi pada label. Hasil pemutihan ini bisa terlihat dalam beberapa hari dan bertahan hingga empat bulan.

  • Gel pemutih

Gel pemutih adalah gel berbasis peroksida yang diaplikasikan dengan menggunakan kuas kecil langsung ke permukaan gigi Anda. Instruksi penggunaan dapat bervariasi tergantung pada kekuatan peroksida.

Ikuti petunjuk pada produk dengan hati-hati. Hasil awal akan terlihat dalam beberapa hari dan hanya dapat bertahan selama sekitar empat bulan tergantung dari pemeliharaannya.

  • Pembilas pemutih

Metode lain yang dapat Anda pilih adalah dengan menggunakan pembilas pemutih. Obat ini mengandung hidrogen peroksida untuk menghilangkan noda pada permukaan gigi.

Selain itu, sama seperti kebanyakan obat kumur lainnya, obat ini dapat membantu mengurangi plak gigi dan penyakit gusi serta menyegarkan napas.

Caranya, Anda cukup berkumur selama 60 detik. Lakukan dua kali sehari sebelum menyikat gigi. Diperlukan waktu selama 12 minggu untuk melihat hasilnya.

Namun, beberapa ahli mengatakan bahwa pemutihan ini mungkin tidak seefektif produk pemutih lainnya. Itu karena obat kumur hanya bersentuhan dengan gigi dalam waktu singkat.

  • Baki pemutih gigi

Sistem pemutihan gigi ini dapat diperoleh di toko-toko obat di pasaran atau di dokter gigi. Baki pemutih gigi dapat digunakan sendiri di rumah sesuai dengan instruksi yang sudah diberikan.

Metode ini menggunakan sebuah baki atau nampan bening yang mengandung gel pemutih karbamid peroksida. Alat ini harus dipakai selama beberapa jam atau semalaman.

Hasil pemutihan dengan metode ini akan terlihat dalam beberapa hari dan sangat bergantung pada kekuatan peroksida.

  • Pemutihan di klinik dokter gigi

Bila Anda ingin segera mendapatkan gigi yang putih, metode ini menawarkan hasil yang lebih baik dan cepat dibandingkan metode lainnya. Dokter biasanya akan menggunakan bahan peroksida yang lebih tinggi dari produk lainnya.

Pada proses pemutihan gigi, dokter akan menggunakan cahaya atau sinar khusus untuk mengaktifkan produk tersebut saat ditempatkan pada gigi.

Hasilnya akan terlihat hanya dalam satu perawatan yang memakan waktu hingga 60 menit. Untuk mencapai hasil yang maksimal, Anda dapat melakukan beberapa kali aplikasi.

Itulah beberapa metode yang dapat dipilih untuk memutihkan gigi. Pilih sesuai dengan kebutuhan dan kondisi gigi. Beberapa prosedur bleaching memang mematok harga yang tergolong tidak murah. Jadi, konsultasikan kebutuhan dan kondisi Anda pada dokter gigi terkait metode yang tepat.

[HNS/ RH]