Kiat Memilih Sampo yang Tepat untuk Penderita Psoriasis

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 06 Nov 2019, 13:30 WIB
Psoriasis adalah kondisi peradangan yang memengaruhi kulit, termasuk kulit kepala. Bagaimana cara memilih sampo yang tepat untuk penderitanya?
Kiat Memilih Sampo yang Tepat untuk Penderita Psoriasis (Kingapl/Shutterstock)

 

Klikdokter.com, Jakarta Psoriasis adalah kondisi peradangan pada kulit yang bersifat kronis, membuat penderitanya mengalami pergantian kulit yang terlalu cepat. Memilih produk untuk kulit tak boleh sembarangan, termasuk sampo. Sampo yang tepat harus memenuhi beberapa kriteria.

Menurut dr. Adeline Jaclyn dari KlikDokter, psoriasis bisa menyebabkan kulit kepala merah, menebal, serta bersisik yang bentuknya menyerupai gugusan pulau. Penderita juga biasanya akan mengalami keluhan gatal di kulit kepala. Sampo khusus diperlukan untuk meredakan atau mengatasi gejala tersebut.

“Psoriasis harus ditangani oleh dokter spesialis kulit, dengan pengobatan meliputi obat anti-radang atau produk seperti sampo yang mengandung coal tar atau asam salisilat,” kata dr. Adeline.

Memilih sampo untuk penderita psoriasis

Salah satu cara untuk membantu mengatasi psoriasis pada kulit kepala adalah dengan menggunakan obat topikal. Namun, sampo khusus juga bisa membantu mengatasi psoriasis dan sampo relatif mudah digunakan. Selain itu, sampo juga merupakan pilihan yang baik untuk meminimalkan gejala.

Berikut sampo-sampo yang baik bagi penderita psoriasis:

  1. Sampo coal tar

Sampo yang mengandung coal tar dapat membantu kerak, pengerasan, dan penebalan di kulit kepala dengan memperlambat pertumbuhan sel kulit. Bahan tersebut juga dapat meredakan gatal dan membuat kondisi kulit kepala membaik.

Untuk menggunakan sampo ini, lakukan juga pijatan di kulit kepala. Diamkan sampo di kulit kepala selama 5-10 menit, lalu bilas bersih.

Hal yang perlu diingat, coal tar bisa membuat kulit kepala lebih sensitif terhadap sinar matahari. Tar bisa tinggal di kulit selama 24 jam atau lebih, dan risiko terjadinya kerusakan kulit akibat sinar matahari meningkat pada waktu tersebut.

Lindungi kulit kepala dengan topi atau cari tempat berteduh. Selain itu, sampo coal tar juga bisa meninggalkan noda di pakaian atau kulit.

Beberapa orang tidak menyukai baunya, sehingga Anda bisa menggunakan sampo dan kondisioner reguler setelah mencuci rambut dengan sampo coal tar.

  1. Sampo asam salisilat

Asam salisilat sering dimanfaatkan untuk menghilangkan sel kulit mati. Pada orang-orang dengan psoriasis, kandungan tersebut dapat membantu mengangkat, melunakkan, dan menghilangkan sisik di kulit kepala.

Untuk menggunakan sampo ini, basahi rambut dan aplikasikan sampo yang sudah dalam bentuk busa. Bilas dan ulangi. Gunakan paling tidak dua kali seminggu atau sesuai instruksi dokter.

Perhatikan agar sampo jangan sampai masuk mulut, mata, atau hidung, dan jangan digunakan pada kulit yang sedang mengalami ruam atau luka.

Sampo yang mengandung asam salisilat dapat membuat kulit kepala kering dan mengelupas, mengiritasi kulit, mual, atau masalah lainnya jika digunakan terlalu lama atau terlalu banyak di kulit kepala. Amannya, konsultasikan dengan dokter tentang penggunaannya.

Beberapa sampo dengan asam salisilat juga mengandung sulfur yang dapat mengatasi jamur. Bila kulit kepala juga mengalami infeksi ragi (yeast), ini adalah sampo yang tepat.

  1. Sampo dengan steroid

Sampo ini membutuhkan resep dokter. Biasanya, sampo hanya digunakan selama beberapa minggu untuk meredakan pembengkakan dan kemerahan. Setelahnya, dokter akan menyarankan Anda untuk beralih ke sampo coal tar.

Sampo ini dipakai dalam kondisi kulit kepala kering, lalu diamkan selama 15 menit. Selanjutnya, basahi rambut dan pijat hingga berbusa, lalu bilas.

Pastikan untuk menjauhkan sampo dari wajah dan telinga, karena kulit di area tersebut lebih tipis. Selain itu, cuci tangan setelah selesai menggunakan sampo ini.

Psoriasis di kulit kepala kadang tak mudah ditangani dan sulit mengetahui terapi mana yang paling efektif pada tiap-tiap penderita. Penderita disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter jika mengalami:

  • Muncul gejala yang baru atau berbeda yang tak pernah dialami sebelumnya.
  • Gejala yang dirasakan berat, termasuk kulit pecah-pecah atau berdarah.
  • Sampo yang dijual bebas tidak dapat membantu mengatasi gejala.

Pada dasarnya, tidak ada pilihan tunggal terbaik dan tidak ada sampo yang paling baik untuk penderita, karena tiap kondisi bisa berbeda-beda. Bisa jadi seseorang perlu mencoba variasi pengobatan sebelum tahu mana yang bekerja paling efektif, atau mencoba terapi alternatif, yang tentunya harus di bawah pengawasan dokter.

Namun demikian, gejala psoriasis di kulit kepala memang bisa diatasi atau diredakan dengan memilih sampo yang tepat. Jadi, jangan meremehkan soal urusan memilih sampo jika Anda memiliki masalah psoriasis, ya!

(RN/ RH)