Sering Pakai Headset? Lakukan Ini agar Telinga Tetap Sehat

Oleh Tamara Anastasia pada 06 Nov 2019, 15:40 WIB
Agar kesehatan telinga dan fungsi pendengaran tetap terjaga meski sering pakai headset, lakukan tips ini!
Sering Pakai Headset? Lakukan Ini agar Telinga Tetap Sehat (Atstock-Productions/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Banyak orang yang mendengarkan musik dengan headset saat bekerja, di perjalanan, sedang suntuk, atau untuk menemani tidur. Namun diam-diam, sering pakai headset, apalagi jika volume terlalu keras, bisa tingkatkan risiko gangguan pendengaran. Agar kesehatan telinga dan fungsi pendengaran tetap terjaga, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

Menggunakan headset memang tidak dilarang, tetapi tetap ada hal-hal yang harus diperhatikan agar tidak mengancam fungsi pendengaran.

Dampak menggunakan headset terlalu lama 

Kepada KlikDokter, dr. Dina Kusumawardhani mengatakan bahwa kebiasaan mendengarkan bunyi-bunyian keras melalui headset dalam waktu lama bisa menyebabkan gangguan pendengaran, bahkan ketulian permanen.

“Hal yang sama juga bisa terjadi jika Anda sering beraktivitas di lingkungan dengan paparan suara bising yang tinggi,” kata dr. Dina

“Ini karena suara keras yang sering didengar secara berulang akan menyebabkan trauma akustik pada telinga. Kondisi ini dikenal dengan istilah noise-induce hearing loss (NIHL). Hal ini nantinya akan menyebabkan kerusakan pada sel-sel rambut di koklea telinga yang berfungsi sebagai reseptor suara,” sambungnya.

Perlu Anda tahu, besaran risiko kehilangan fungsi pendengaran tersebut turut dipengaruhi oleh intensitas dan lamanya penggunaan headset. Kata dr. Dina, intensitas suara di atas 85 desibel selama selama kurang lebih delapan jam dalam sehari bikin risiko tuli atau kehilangan pendengaran meningkat berkali-kali lipat. 

Tips mencegah gangguan telinga dan pendengaran akibat headset

Berdasarkan data yang dirilis Badan Kesehatan Dunia (WHO) tahun 2015, lebih dari satu miliar remaja dan orang dewasa di dunia berisiko mengalami kehilangan pendengaran akibat penggunaan perangkat audio di luar batas aman. Karena kekhawatiran ini, WHO menyarankan Anda untuk membatasi penggunaan headset tidak lebih dari 1 jam dalam sehari.

Selain itu, agar tidak sampai mengalami gangguan telinga dan fungsi pendengaran, dr. Arina Heidyana dari KlikDokter menyarankan Anda untuk menerapkan tips di bawah ini.

1. Rajin bersihkan telinga 

Penggunaan headset bisa bikin kotoran telinga menumpuk. Jika sudah demikian, risiko Anda untuk mengalami berbagai gangguan telinga akan semakin tinggi. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk membersihkan telinga bagian luar dengan kapas atau cotton bud.

“Hindari menggunakan cotton bud untuk bagian dalam telinga, karena kotoran bisa makin terdorong ke dalam. Cukup bersihkan bagian luar telinga sebanyak dua kali dalam sehari, agar risiko infeksi bisa menurun,” ujar dr. Arina.

2. Bersihkan headset secara rutin

Headset yang Anda gunakan sehari-hari tentu saja juga perlu dibersihkan. Tujuannya adalah agar benda tersebut tidak menjadi tempat bagi bakteri untuk tumbuh, berkembang, dan merajalela menyebabkan infeksi.

Cara membersihkan headset tidak sulit, kok! Cukup sediakan sikat gigi dan air yang sudah dicampur dengan sabun. Sikat bagian luar headset secara perlahan (tidak perlu sampai basah), dan seka menggunakan kapas hingga bersih dan kering.

“Apabila menggunakan headset yang dilindungi dengan silikon, Anda perlu terlebih dahulu melepas bagian silikon yang menempel. Rendam silikon tersebut dalam air sabun selama beberapa menit. Bilas dan keringkan sampai menyeluruh,” tutur dr. Arina. 

3. Batasi volume headset

Hal lainnya yang bisa dilakukan untuk menjaga telinga dan fungsi pendengaran tetap sehat adalah dengan membatasi volume suara saat menikmati lagu favorit dengan headset.

Hindari mendengarkan musik atau suara dari headset dengan volume di atas 60 persen. Semakin rendah volume yang digunakan, semakin terjaga pula kondisi kesehatan telinga Anda.

Jika digunakan dengan tepat, headset bisa menjadi alat yang dapat membantu menunjang aktivitas sehari-hari. Namun bila digunakan sembarangan, dalam arti dilakukan terlampau lama, volume musik terlalu keras, serta kebersihan telinga dan headset tidak dijaga, kesehatan telinga dan fungsi pendengaran bisa terancam. Yuk lebih bijak dalam menggunakan headset dengan menerapkan tips di atas!

(NB/RN)