Sering Nonton Bola Dini Hari? Ini Tipsnya agar Tubuh Tetap Bugar

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 07 Nov 2019, 11:00 WIB
Penggila bola tentu jarang melewatkan klub favoritnya berlaga, bahkan sampai sering melek untuk nonton dini hari. Ikuti tips ini agar tubuh tetap bugar.
Sering Nonton Bola Dini Hari? Ini Tipsnya agar Tubuh Tetap Bugar (Africa Studio/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Bagi pencinta sepak bola, liga favorit atau pertandingan klub kesayangan tentu sayang untuk dilewatkan. Bagi yang suka liga atau klub Eropa, tentu tahu jam pertandingannya sering memaksa Anda bangun untuk nonton dini hari. Supaya kesehatan tak terdampak karena sering begadang, ada tips agar tubuh tetap bugar.

Seperti yang Anda tahu, siaran langsung pertandingan sepak bola Eropa mengharuskan Anda untuk bangun pada pukul 2 atau 3 dini hari akibat perbedaan waktu, misalnya beda 6 jam dengan Inggris. Alhasil, Anda mengorbankan waktu tidur demi menonton pertandingan tersebut. Padahal, begadang diketahui tak baik untuk kesehatan tubuh.

Terpotong atau berkurangnya waktu istirahat pada malam hari bisa menimbulkan berbagai keluhan seperti badan lemas, letih, gangguan suasana hati, penurunan performa dan fokus saat bekerja, serta perubahan siklus tidur yang bisa memberikan efek stres.

"Sebenarnya secara umum, seseorang harus punya waktu tidur yang tetap karena setiap manusia punya ritme sirkadian yang tetap. Kalau ditanya, nonton bola model begadang seperti itu tentu tidak sehat,” ujar dr. Alvin Nursalim, SpPD dari KlikDokter.

Tips menjaga tubuh tetap bugar

Akan tetapi, namanya juga juga sudah hobi dan cinta dengan klub bola kesayangan, kebanyakan pasti akan menyempatkan diri untuk begadang nonton. Namun, Anda mesti melakukan berbagai cara untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.

"Kalau memang sudah hobi dan dilakukan hanya sesekali itu tidak apa-apa. Tips untuk tetap sehatnya adalah dengan 'menambal' aktivitas begadang tersebut dengan kegiatan sehat lainnya,” terang dr. Alvin.

Berikut tips agar tubuh tetap bugar:

  1. Mengonsumsi makan bergizi

"Bagi yang suka nonton bola dini hari, Anda harus sebisa mungkin harus mengonsumsi makanan yang sehat, bergizi, banyak sayur, dan buah," imbau dr. Alvin.

Ini tidak boleh ditawar lagi. Kalau pola makan buruk, itu bisa merusak tubuh. Sudah tidurnya tidak beres, pola makannya tidak sehat, tentu lama-lama bisa membahayakan kesehatan tubuh.

  1. Meluangkan waktu untuk berolahraga

Olahraga biasanya memang dianjurkan untuk persiapan jangka panjang aktivitas begadang. Manfaat olahraga rutin adalah menambah stamina tubuh. Dengan demikian, tubuh memiliki daya tahan yang lebih baik.

  1. Kekurangan tidur harus diganti

"Intinya, orang dewasa itu tidur 6-8 jam per hari. Tidak boleh gara-gara nonton bola hanya tidur 2 jam. Bagaimanapun caranya, kebutuhan tidur harus dipenuhi," kata dr. Alvin.

Disarankan oleh dr. Alvin, salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah tidur dulu sebelum nonton bola. Misalnya, jika pertandingan mulai pada pukul 3 dini hari, tidur dulu selama beberapa jam, misalnya tidur jam 9 atau jam 10 malam. Setelah pertandingan selesai, Anda bisa kembali tidur.

"Namun tetap perlu diingat, manusia butuh siklus tidur yang tetap. Begadang karena nonton bola ini bila dilakukan sesekali tidak apa-apa, tetapi jangan sampai begadang menjadi kebiasaan," tegasnya.

  1. Penuhi asupan cairan

Nonton bola dini hari berarti Anda bangun pada saat waktu yang seharusnya Anda tidur. Berkegiatan pada waktu yang tidak semestinya membutuhkan asupan yang baik, salah satunya asupan air putih. Sering kali juga, jika sudah seru menonton bola, Anda malah lupa semuanya, termasuk minum.

  1. Tidur siang

Cara terbaik lainnya dalam mengatasi rasa ngantuk adalah tidur. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk menebus kekurangan tidur malam adalah dengan tidur di siang hari. Namun, pastikan untuk membatasi waktunya tak lebih dari 25 menit.

Tidur siang yang terlampau lama, misalnya lebih dari 40 menit, akan malah membuat Anda gusar saat bangun dan justru merasa lebih lemas lagi.

Menonton siaran langsung pertandingan klub atau liga Eropa memang sering membuat Anda bangun dini hari. Begadang seperti ini memang hak Anda, tetapi jangan dilakukan terlalu sering dan usahakan untuk tetap menjaga kesehatan tubuh dengan melakukan tips di atas.

(RN)