Motion Sickness, Penyebab Mual dan Muntah Saat Main Game

Oleh Ayu Maharani pada 07 Nov 2019, 13:45 WIB
Sering merasa mual dan ingin muntah saat sedang asyik bermain game? Ada kemungkinan itu adalah gejala motion sickness. Apa itu?
Motion Sickness, Penyebab Mual dan Muntah Saat Main Game (New Africa/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Orang-orang yang keranjingan game tak hanya sering lupa makan dan mandi. Saking serunya bermain, mereka kerap mengalami mual dan muntah. Konon katanya, kondisi tersebut disebabkan oleh kondisi yang dinamakan motion sickness. Apa itu?

Dari KlikDokter, dr. Dyah Novita Anggraini mengatakan bahwa motion sickness adalah kondisi terjadinya ketidakselarasan kerja antara sistem penglihatan, sistem keseimbangan, dan sistem raba sentuh dalam tubuh. Beberapa gejala yang paling sering terjadi adalah pusing berputar, mual, muntah, dan perasaan tak nyaman lainnya.

Motion sickness sebenarnya sering terjadi saat sedang berada di perjalanan (baik darat, laut, maupun udara) atau saat sedang mencoba wahana bermain di taman hiburan. Orang-orang yang lebih berisiko mengalami motion sickness adalah ibu hamil dan anak-anak berusia 2-12 tahun. Risiko akan makin meningkat jika terdapat gangguan telinga bagian dalam.

Penyebab motion sickness saat main game

Faktanya, motion sickness yang timbul main game terjadi akibat terputusnya informasi yang diterima otak. Terjadi perbedaan antara yang diterima oleh mata dengan apa yang dirasakan tubuh.

Tubuh “menerjemahkan” bahwa Anda sedang “diracuni”. Sebab, Anda berpikir sedang bergerak berdasarkan apa yang dilihat, tetapi kenyataannya itu tak benar-benar dirasakan.

Apabila mual dan pusing akibat motion sickness mulai muncul tetapi tetap masih melanjutkan permainan, maka gejala bisa memburuk. Wajah akan tampak pucat, keseimbangan tubuh makin hilang, hingga rasa ingin muntah tak bisa dibendung lagi.

Jenis game penyebab motion sickness

Sebuah studi yang dirilis dalam jurnal “Human Factors” meneliti kebiasaan orang-orang yang sering bermain PlayStation, Xbox dan Wii. Para gamers terbagi menjadi dua, yaitu kelompok yang bermain sambil berdiri dan yang sambil duduk. Kemudian, mereka diminta untuk bermain selama 50 menit.

Hasil yang didapat dari percobaan itu adalah, lebih dari 90 persen orang yang bermain game sambil berdiri mengalami mual dan pusing akibat motion sickness. Sedangkan pada kelompok gamers yang bermain sambil duduk, hanya 59 persen yang mengalami motion sickness.

Jika ditanya jenis game apa yang membuat seseorang mudah mengalami mual dan muntah akibat motion sickness, jawabannya adalah permainan dengan pergerakan yang banyak dan cepat. Gejalanya pun akan semakin cepat muncul dan cukup parah jika game dimainkan sambil berdiri.

1 of 2

Tips mencegah mual dan muntah saat main game

Motion sickness dapat hilang dengan sendirinya. Saat Anda menghentikan permainan dan beristirahat sejenak, lama-kelamaan rasa mual, ingin muntah, dan pusing berputar akan mereda. Pada orang yang lebih sensitif, proses ini mungkin akan butuh waktu lebih lama.

Untuk meminimalkan risiko motion sickness, Anda disarankan untuk duduk lebih jauh dari monitor komputer  atau televisi saat bermain game. Jika Anda bermain lewat smartphone atau tablet, usahakan agar jarak pandang tidak terlalu dekat. Selain itu, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi permen jahe untuk meredakan mual.

Tips tambahan untuk mencegah motion sickness saat bermain game yakni:

  • Sesuaikan tingkat cahaya pada layar dan ruangan saat bermain. Usahakan cahaya layar tidak terlalu terang dan kondisi ruangan tidak terlalu gelap. 
  • Bermainlah dengan frame rate per second (FPS) yang stabil. 
  • Matikan motion blur dan depth of field serta efek goyangan kamera sejenisnya (headbob).

Nah, bertambah lagi pengetahuan bahwa motion sickness bisa jadi penyebab mual dan muntah saat sedang asyik main game. Bila Anda mengalaminya, sebaiknya stop bermain. Bila keluhan tak kunjung hilang dalam beberapa jam atau frekuensi terjadinya sering, baiknya periksakan kondisi tersebut ke dokter.

(NB/RN)

Lanjutkan Membaca ↓