8 Manfaat Sehat Tidur Siang bagi Anak Anda
searchtext customer service

Manfaat Tidur Siang bagi Anak, Apa Saja?

Tidur siang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan anak, mulai dari untuk mengembalikan energi hingga meningkatkan mood.
Manfaat Tidur Siang bagi Anak, Apa Saja?

Klikdokter.com, Jakarta Bukan sebuah rahasia bahwa tidur sangat penting untuk kesehatan tubuh secara umum, tidak terkecuali untuk anak-anak. Namun, dalam tahun-tahun pertama kehidupan anak, terjadi perubahan besar dalam jumlah dan distribusi tidur anak.

Antara usia 0-5 tahun, terjadi pengurangan frekuensi tidur siang yang bermakna. Berkurangnya jam tidur siang anak memiliki beberapa penyebab. Salah satunya, anak prasekolah cenderung menolak diajak tidur siang karena dianggap mengganggunya bermain.

Padahal, ada begitu banyak manfaat tidur siang bagi anak. Simak selengkapnya di sini, yuk.

1 dari 4

Manfaat Tidur Siang untuk Anak

Manfaat Tidur Siang untuk Anak
loading

Pengurangan jam tidur siang memang umum ditemukan pada anak-anak prasekolah. Dispekulasikan bahwa bahwa hal ini merupakan transisi menuju usia sekolah yang melibatkan jam bangun yang lebih lama.

Artikel Lainnya: Penyebab Mood Swing pada Anak Saat Bangun Tidur

Oleh sebab itu, pengurangan tidur siang diperkirakan menjadi salah satu penanda pematangan otak. Meskipun begitu, bukan berarti tidur siang tidak dibutuhkan. Faktanya, banyak sekali manfaat tidur siang bagi anak, seperti:

1. Mengembalikan Energi Anak untuk Bermain dan Belajar

Tidur merupakan waktu dimana sel-sel tubuh membentuk kembali energi yang habis terpakai, serta perbaikan atas sel-sel yang rusak.

Oleh sebab itu, manfaat anak tidur siang berkaitan dengan pengembalian staminanya untuk kembali bermain dan belajar di sore maupun malam hari.

2. Tumbuh Kembang Anak Lebih Optimal

Menurut penelitian yang dilakukan di Harvard University, anak yang rutin tidur siang memiliki pertumbuhan yang lebih optimal, dibandingkan anak yang jarang atau sama sekali tidak tidur siang. Diperkirakan hormon pertumbuhan memiliki peran dalam didapatkannya hasil penelitian ini.

Namun, bukan berarti anak yang hanya tidur malam akan mengalami pertumbuhan yang buruk. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengonfirmasi manfaat tidur siang bagi anak dalam aspek tumbuh kembang.

Artikel Lainnya: Tidur Siang Singkat, Efektifkah Meningkatkan Produktivitas di Kantor?

3. Memperbaiki Suasana Hati Anak

Menurut beberapa penelitian, anak yang sudah tidur siang cenderung memiliki suasana hati yang menyenangkan dibandingkan anak yang belum tidur siang.

Temuan studi juga menyebutkan bahwa ada kaitan antara tidur dan emosi. Tidur yang kurang berkaitan dengan kesehatan mental yang buruk. Dengan begitu, tidur siang mampu menjadi sarana untuk regulasi emosi yang lebih baik.

Studi pada anak memberikan hasil bahwa anak-anak yang menjalani tidur siang memiliki respons yang lebih tepat dan matur terhadap berbagai rangsangan emosi.

Tantrum dan berbagai respons negatif lebih ditemukan pada anak yang kekurangan jam tidur malam hari dan tidak menggantinya dengan tidur siang.

4. Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi Anak

Dalam sebuah penelitian, anak usia sekolah yang rutin tidur siang akan lebih fokus untuk belajar dibandingkan anak yang tidak tidur siang. Selain itu, mereka juga akan lebih baik dalam mengerjakan pekerjaan rumah dari sekolah di malam hari.

Studi mengindikasikan bahwa tidur siang bisa mempertajam otak, dengan kata lain meningkatkan konsentrasi seseorang. Dengan begitu, hal ini akan menimbulkan performa yang lebih baik dalam berbagai tugas.

Artikel Lainnya: Tips Melatih Anak Tidur Sendiri

5. Meningkatkan Daya Ingat Anak 

Menurut penelitian yang dilakukan University of Massachusetts Amherst, manfaat tidur siang bagi anak yaitu dapat meningkatkan daya ingat. Efeknya, proses belajar anak pada anak usia sekolah menjadi lebih optimal.

Sebuah studi menyebutkan bahwa fungsi utama tidur siang bagi anak prasekolah adalah konsolidasi memori. Dalam sebuah ‘permainan memori’, sejumlah anak prasekolah dilatih untuk mengerjakan tugas memori visuospasial pada pagi harinya.

Kemudian, dicatat anak-anak yang menjalani tidur siang serta yang tidak. Dalam 5 jam pasca selesai tidur siang, peneliti kemudian mempertanyakan kembali ‘tugas’ yang telah dilakukan.

Peneliti juga mengambil data pada 24 jam setelahnya. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa anak-anak yang tidur siang memiliki memori tugas yang lebih baik. Untuk itu, tidur siang tampaknya sangat berperan dalam konsolidasi memori anak prasekolah.

6. Mencegah Obesitas 

Beberapa penelitian menjelaskan bahwa anak yang tidak tidur siang memiliki risiko lebih tinggi terkena obesitas dibandingkan anak yang rutin tidur siang. 

Artikel Lainnya: Mengenal Inemuri, Budaya Tidur Siang di Tempat Kerja ala Jepang

7. Menambah Kemampuan Bahasa

Belajar bahasa adalah salah satu tugas perkembangan utama yang dijalani oleh anak prasekolah. Nah, manfaat tidur siang bagi anak juga dikaitkan dengan peningkatan perbendaharaan kata.

Studi menemukan kaitan antara vocabulary dan perkembangan bahasa dengan pola tidur anak-anak (dengan kekhususan pada tidur siang). Diketahui bahwa tidur siang memiliki peranan yang sama dengan tidur malam dalam kaitannya dengan perkembangan bahasa.

8. Tidur Malam yang Lebih Nyenyak

Bila diukur-ukur secara logika, mungkin saja anak-anak yang sudah tidur siang akan kesulitan untuk tidur malam. Namun faktanya, terdapat bukti bahwa anak yang tidur siang akan lebih mudah beristirahat pada malam hari.

Anak-anak yang tidur siang dikatakan memiliki mood yang lebih baik di malam hari, sehingga lebih mudah untuk ditenangkan dan diajak beristirahat di malam hari.

2 dari 4

Durasi Tidur Siang yang Dibutuhkan Anak

Durasi Tidur Siang yang Dibutuhkan Anak
loading

Durasi tidur siang yang dibutuhkan anak pada dasarnya berbeda-beda, sesuai dengan usianya. Semakin dini usianya maka kebutuhan tidur siangnya akan lebih banyak dibandingkan anak yang sudah besar. 

Pada anak usia 1-5 tahun, durasi tidur siang bisa dilakukan 1-3 jam. Sementara itu, pada anak di atas usia 5 tahun, durasi tidur siang bisa dilakukan 30 menit hingga 2 jam. 

Selain itu, perhatikan juga lama tidur siang mereka. Sebaiknya, si Kecil tidak tidur siang terlalu sore. Usahakan dalam 2 jam pasca makan siang, anak sudah diajak tidur siang. Dengan begitu, waktu tidur malamnya pun tidak akan mundur atau jadi sulit tidur di malam hari.

Artikel Lainnya: Bagaimana Ruangan Tidur yang Nyaman untuk Anak?

3 dari 4

Jangan Dipaksa!

Anak Tidur Siang
loading

Sebagian anak tidak suka diajak untuk tidur siang. Wajar bila Anda khawatir si Kecil tidak  bisa mendapatkan berbagai manfaat tidur siang yang sudah dijelaskan di atas.

Namun perlu diingat, jangan sampai Anda memberikan paksaan. Memaksa anak untuk mau tidur siang akan membuat anak tidak suka dengan tidur siang. 

Solusinya, kenalkan aturan tidur siang pada anak sejak usia dini. Anak pun secara alami akan mengantuk pada jam-jam tertentu dan mengenali waktu yang biasa dilakukan tidur siang. 

Selain itu, agar anak tidur siang dengan lebih mudah, jalankan beberapa tips berikut: 

  • Memperbanyak aktivitas di pagi hari. Aktivitas anak yang padat di pagi hari akan membuat energi anak menjadi berkurang dan mudah lelah. Dia pun lebih mudah untuk diajak tidur siang. 
  • Membuat suasana tidur yang nyaman. Ruang tidur yang nyaman, tenang, dan sejuk merupakan salah satu faktor pendukung anak mau untuk diajak tidur siang tanpa paksaan. 
  • Buat waktu tidur yang sama setiap hari sehingga pada waktu ini si Kecil akan terbiasa untuk tidur dan mudah mengantuk di waktu tersebut. 
  • Beberapa saat sebelum datangnya tidur siang, kurangi aktivitas si Kecil. Pilihlah aktivitas yang lebih tenang dan tidak melibatkan banyak pergerakan tubuh. Hal ini diperlukan untuk mengondisikan suasana menuju momen tidur.
Baca Juga

Manfaat tidur siang bagi anak sudah dibuktikan oleh berbagai studi. Ternyata, manfaatnya sangat beragam dan mencakup berbagai aspek.

Oleh sebab itu, akan sangat baik bila anak dibiasakan tidur siang sedari kecil. Namun, bagi anak yang sangat menolak tidur siang, berikan pendekatan yang perlahan dan jangan memaksa.

Dapatkan informasi terbaru soal kesehatan dan tumbuh kembang anak dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

[FY]

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Ricca Fauziyah, Sp. A

Spesialis Anak
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Nofiyanty Nicolas, Sp.A

Spesialis Anak
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Verly Hosea, Sp. A

Spesialis Anak
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Cadel pada Anak, Bisakah Dihilangkan?

Info Sehat
20 Jan

Terungkap, Ini Alasan Pink Jadi Warna Favorit Anak Perempuan

Info Sehat
24 Des

Alasan Bayi Suka Menatap Ibunya secara Intens

Info Sehat
14 Nov

Pentingnya Atur Lampu Kamar Anak untuk Perkembangannya

Info Sehat
02 Nov

Mengenal Ciri Anak dengan Orientasi Seksual Berbeda

Info Sehat
29 Okt

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat