9 Manfaat Sehat Tidur Siang untuk Anak Anda
searchtext customer service

Manfaat Tidur Siang bagi Anak, Apa Saja?

Tidur siang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan anak, mulai dari untuk mengembalikan energi hingga meningkatkan mood.
Manfaat Tidur Siang bagi Anak, Apa Saja?

Klikdokter.com, Jakarta Bukan sebuah rahasia bahwa tidur sangat penting untuk kesehatan tubuh, tidak terkecuali untuk anak-anak. Namun, dalam tahun-tahun pertama kehidupan anak, terjadi perubahan besar dalam jumlah tidurnya. 

Antara usia 0-5 tahun, frekuensi tidur siang anak dapat berkurang. Salah satu penyebab anak prasekolah susah diajak tidur siang adalah karena dianggap mengganggunya bermain.

Padahal, ada begitu banyak manfaat tidur siang untuk anak. Simak selengkapnya di sini, yuk. 

1 dari 10

1. Mengembalikan Energi Anak untuk Bermain dan Belajar

Mengembalikan Energi Anak untuk Bermain dan Belajar
loading

Tidur merupakan waktu di mana sel-sel tubuh membentuk kembali energi yang habis terpakai, serta menjadi cara untuk memperbaiki sel-sel yang rusak.

Karena itu, tidur siang dapat mengembalikan stamina anak agar ia bisa kembali bermain dan belajar di sore maupun malam hari.

2 dari 10

2. Tumbuh Kembang Anak Lebih Optimal

loading

Menurut penelitian yang dilakukan di Harvard University, anak yang rutin tidur siang memiliki pertumbuhan yang lebih optimal dibandingkan anak yang jarang atau sama sekali tidak tidur siang. 

Diperkirakan hormon pertumbuhan memiliki peran dalam didapatkannya hasil penelitian ini.

Namun, bukan berarti anak yang hanya tidur malam akan mengalami pertumbuhan yang buruk. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengonfirmasi manfaat tidur siang untuk anak dalam aspek tumbuh kembang.

Artikel Lainnya: Bagaimana Ruangan Tidur yang Nyaman untuk Anak?

3 dari 10

3. Memperbaiki Mood Anak

Memperbaiki Mood Anak
loading

Berdasarkan beberapa penelitian, anak yang sudah tidur siang cenderung memiliki mood atau suasana hati yang baik dibandingkan anak yang belum tidur siang.

Tidak hanya itu, anak yang kurang tidur pada malam hari dan tidak menggantinya dengan tidur siang ditemukan lebih sering mengalami tantrum.

Memang benar bahwa ada kaitan antara tidur dan emosi seseorang. Kurang tidur berhubungan dengan kesehatan mental yang buruk. Dengan begitu, tidur siang mampu menjadi sarana untuk regulasi emosi yang lebih baik.

4 dari 10

4. Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi Anak

loading

Rutin tidur siang akan membuat anak lebih fokus untuk belajar. Selain itu, mereka juga akan lebih baik dalam mengerjakan PR sekolah.  

Dengan kata lain, tidur siang bisa mempertajam otak dan meningkatkan konsentrasi anak. Performa anak untuk mengerjakan tugas dan hal-hal lainnya pun akan lebih maksimal. 

5 dari 10

5. Menambah Daya Ingat Anak

Menambah Daya Ingat Anak
loading

Tahukah Anda, salah satu manfaat tidur siang untuk anak adalah dapat meningkatkan daya ingat? Ya, sebuah studi menyebutkan bahwa fungsi utama tidur siang bagi anak prasekolah adalah konsolidasi memori. 

Dalam sebuah ‘permainan memori’, sejumlah anak prasekolah dilatih untuk mengerjakan tugas memori visuospasial pada pagi harinya. Kemudian, dicatat anak-anak yang menjalani tidur siang serta yang tidak. 

Dari hasil penelitian ditemukan bahwa anak-anak yang tidur siang memiliki memori yang lebih baik. Untuk itu, tidur siang tampaknya sangat berperan dalam konsolidasi memori anak prasekolah.

Artikel lainnya: Manfaat Tidur Siang Singkat Saat Puasa

6 dari 10

6. Mencegah Obesitas

loading

Durasi tidur anak juga berhubungan dengan kejadian obesitas. Beberapa penelitian menjelaskan bahwa anak yang tidak tidur siang memiliki risiko lebih tinggi terkena obesitas dibandingkan anak yang rutin tidur siang. 

Karena itu, pastikan anak Anda tidur cukup setiap harinya. Anak usia sekolah perlu tidur sebanyak 10 jam per hari. 

7 dari 10

7. Menambah Kemampuan Berbahasa

Menambah Kemampuan Berbahasa
loading

Keterampilan berbahasa anak perlu dikembangkan oleh orang tua sejak dini. Nah, manfaat tidur siang bagi anak adalah dapat meningkatkan perbendaharaan kata.

Studi menemukan hubungan antara kosakata (vocabulary) dan perkembangan bahasa dengan pola tidur anak-anak (dengan kekhususan pada tidur siang). 

Diketahui bahwa tidur siang memiliki peranan yang sama dengan tidur malam dalam kaitannya dengan perkembangan bahasa.

8 dari 10

8. Tidur Malam yang Lebih Nyenyak

loading

Banyak orang tua berpikir, anak-anak yang sudah tidur siang akan kesulitan untuk tidur malam. Namun faktanya, terdapat bukti bahwa anak yang tidur siang akan lebih mudah beristirahat pada malam hari.

Anak-anak yang tidur siang dikatakan memiliki mood yang lebih baik di malam hari, sehingga lebih mudah untuk ditenangkan dan diajak beristirahat.

9 dari 10

9. Mengeluarkan Racun dalam Tubuh

Mengeluarkan Racun dalam Tubuh
loading

Proses detoksifikasi racun dalam tubuh berlangsung lebih efektif saat anak tidur. Inilah pentingnya dan manfaat tidur siang untuk anak, karena tubuh membersihkan racun dari otak saat kita tidur.   

Ingat juga bahwa anak memiliki durasi waktu tidur yang seharusnya lebih panjang dibandingkan orang dewasa. Untuk memenuhi kebutuhan tidur tersebut, tidur siang penting dilakukan di samping tidur malam. 

Baca Juga

Kini Anda telah mengetahui berbagai manfaat tidur siang untuk anak. Semoga bermanfaat!

Ingin tahu informasi lainnya mengenai kesehatan anak? Anda dapat membacanya di aplikasi KlikDokter. Konsultasi dengan dokter juga bisa dilakukan melalui layanan Live Chat 24 jam.

[RS]

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Nofiyanty Nicolas, Sp.A

Spesialis Anak
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Lianto Kurniawan Nyoto, Sp. A

Spesialis Anak
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Ifrah Ayuna Siregar, M. Ked(Ped), Sp. A

Spesialis Anak
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Pilihan Makanan Pendamping ASI yang Bikin Bayi Tidur Lebih Nyenyak

Info Sehat
25 Apr

Anak Tidur Mendengkur, Normal atau Tidak?

Info Sehat
22 Apr

Penyebab Sariawan pada Anak

Info Sehat
22 Apr

Dear Moms, Ini Cara Membersihkan Lidah Bayi yang Benar

Info Sehat
20 Apr

Tips Menyapih Anak dari ASI Tanpa Rewel

Info Sehat
19 Apr

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat