Tidur Pakai Kipas Angin Bikin Rentan Masuk Angin?

Oleh Ayu Maharani pada 09 Nov 2019, 17:00 WIB
Beberapa orang enggan tidur pakai kipas angin karena dianggap bisa sebabkan masuk angin. Benarkah?
Tidur Pakai Kipas Angin Bikin Rentan Masuk Angin? (Ben Bryant/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Jika kamar tidak dilengkapi AC, sebagian besar orang memilih tidur pakai kipas angin untuk menciptakan udara yang lebih sejuk. Namun, ada juga yang tidak mau pakai kipas angin lantaran takut masuk angin

Sebelumnya Anda perlu tahu bahwa AC maupun kipas angin mengeluarkan suara white noise yang bisa menjadi pengiring tidur supaya lebih nyenyak. Sayangnya, pakai kipas angin saat tidur memang kurang baik bagi kesehatan. 

Bukan cuma bisa sebabkan masuk angin

Walaupun dapat menghilangkan rasa gerah, paparan angin dari kipas angin ternyata dapat membuat otot-otot tubuh menjadi tegang bahkan kram. Kondisi ini umumnya terjadi pada orang yang sering mengarahkan kipas angin secara langsung ke wajah dan leher. 

Tidur pakai kipas angin sebenarnya juga kurang baik bagi penderita alergi. American Academy of Allergy, Asthma and Immunology (AAAAI) menyatakan bahwa putaran kencang dari kipas angin dapat mengumpulkan tungau debu dengan mudah. Tungau debu itu sendiri merupakan salah satu penyebab kumatnya alergi.

Agak berbeda dengan AC, udara yang dihasilkan oleh kipas angin memang lebih berpusat ke suatu sudut. 

Sekalipun bisa diatur untuk berputar, paparan udara yang cukup keras saat putaran kipas tertuju pada tubuh bisa bikin Anda kedinginan. Nah, ketika kedinginan, daya tahan tubuh cenderung menurun. Anda pun jadi mudah terkena flu. 

Tanpa disadari, Anda sering membuka mulut saat tertidur pulas. Udara yang dihasilkan oleh kipas angin akan masuk ke dalam tubuh melalui mulut, sehingga Anda jadi banyak menelan udara. 

Saat terbangun, Anda pun akan merasakan kembung dan banyak berserdawa. Bahkan, jika udara yang masuk terlalu banyak, nyeri perut juga bisa Anda rasakan.

1 of 2

Solusi masuk angin akibat pakai kipas angin

Untuk mencegah masuk angin saat tidur pakai kipas angin, beberapa cara yang bisa Anda lakukan adalah:

  • Atur kecepatan kipas angin di level paling rendah 
  • Pastikan kipas angin diatur memutar ke seluruh ruangan 
  • Tetap gunakan selimut tipis untuk melindungi tubuh 
  • Bersihkan kipas angin secara rutin agar tidak menjadi sarang debu. 

Apabila sudah telanjur masuk angin akibat tidur pakai kipas angin, dr. Reza Fahlevi dari KlikDokter menyarankan Anda untuk melakukan hal-hal berikut ini:

  • Konsumsi makanan berkuah dan minuman hangat. Jenis asupan tersebut akan meningkatkan suhu tubuh dan membuat perut Anda terasa lebih nyaman 
  • Istirahatkan tubuh Anda. Jika sedang meriang, lebih baik jangan tidur pakai kipas angin 
  • Pijatlah bagian tubuh yang terasa pegal dan kaku
  • Mandi dengan air hangat agar kondisi tubuh lebih baik
  • Makan banyak sayur dan buah atau suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh
  • Bila perlu, konsumsi obat parasetamol sesuai dosis yang tertera di label kemasan

Jika keluhan masuk angin akibat tidur pakai kipas angin tidak kunjung membaik dalam beberapa hari, berkonsultasilah lebih lanjut pada dokter. Jangan biarkan gejala tersebut terjadi berlarut dan membuat aktivitas Anda tersendat. 

(NB/ RH)

Lanjutkan Membaca ↓