Mau Terus Semangat Sepanjang Hari? Ini Caranya

Oleh dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc pada 13 Nov 2019, 11:00 WIB
Inginnya, sih, selalu termotivasi. Tapi, ada saja penghalangnya. Lakukan tips ini agar terus semangat sepanjang hari!
Mau Terus Semangat Sepanjang Hari? Ini Caranya (Syda Productions/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Lelah karena beban pekerjaan, banyak masalah di rumah, atau konflik dengan pasangan, ada saja hal-hal yang bisa merusak suasana hati. Namun, jangan sampai Anda kehilangan motivitasi. Ada cara yang bisa lakukan agar bisa terus semangat sepanjang hari!

Rasanya, tiap hari ada saja gangguan yang bisa mengganggu semangat dalam menjalani hari. Salah satu penyebab tersering adalah sering menunda-nunda pekerjaan (procrastinating). Entah Anda ingin mencoba rutinitas olahraga baru atau mengasah keterampilan memasak, tips di bawah ini bisa membantu Anda menemukan dorongan dari dalam diri.

  • Olahraga teratur

Kadang, memulai adalah hal tersulit. Misalnya cari suatu alasan sebagai movitasi, misalnya berolahraga untuk mempersiapkan acara besar seperti lari 5k, outing dengan rekan kerja, dan lain-lain. “Dengarkan” tubuh, jangan sampai terlalu memforsir diri. Pastikan untuk istirahat cukup dan prioritaskan pola makan sehat (psst, cheating sesekali tak masalah).

Anda juga dapat membuat kegiatan olahraga seperti permainan, misalnya ada hadiah dan hukuman sesuai dengan peraturan yang disepakati. Misalnya, jika target olahraga tiga kali seminggu terlewati, Anda bisa menghadiahi diri dengan hal-hal yang disuka. Namun jika gagal, Anda bisa merelakan sesuatu yang bernilai buat Anda.

  • Membuat to-do list

Berikutnya, motivasi untuk dapat belajar atau bekerja dengan baik adalah dengan membuat daftar yang berisi tentang hal-hal yang harus Anda lakukan (to-do list).

Daftar tersebut akan membuat Anda tidak merasa terbebani dan merasakan kemajuan bila berhasil menyelesaikan tugas. Adanya to-do list juga akan menghindari lupa suatu tugas yang mungkin terlewat.

Berikan diri hadiah kecil setiap menyelesaikan satu tugas atau pekerjaan. Selain itu, penting untuk mencatat sejauh mana Anda dapat menyelesaikan tugas. Hal ini dapat membantu Anda tetap termotivasi di saat mulai merasa lelah dan ingin menyerah. Anda dapat melihat sudah sejauh mana usaha Anda untuk menyelesaikan tugas.

Bila to-do list Anda terus bertambah tiap jamnya, tuliskan tiga prioritas tugas paling utama setiap harinya. Pusatkan perhatian pada tiga tugas tersebut. Kalau sudah selesai, baru beralih ke tugas lainnya.

Saat sedang belajar atau bekerja, hindari hal-hal yang dapat mengalihkan perhatian Anda, misalnya suara keras, televisi, atau notifikasi dari smartphone.

Jangan lupa juga untuk memberikan diri Anda istirahat di sela-sela waktu belajar atau bekerja, sehingga Anda kembali bertenaga saat harus melanjutkan tugas.

  • Ciptakan rutinitas

Atur waktu Anda untuk melakukan rutinitas tiap harinya. Misalnya untuk rutinitas bersih-bersih rumah, Anda bisa menjadwalkan waktu tertentu untuk tugas tertentu. Misalnya, mencuci pakaian kotor tiap dua hari pada pukul 9 pagi, membuang sampah sekalian saat berangkat kerja, atau mencuci piring kotor saat jeda iklan acara televisi, dan sebagainya.

Apa pun yang Anda kerjakan tiap harinya, buat satu tujuan yang ingin Anda raih. Ini penting agar Anda bisa tetap fokus untuk menyelesaikannya. Selain itu, kelilingi diri dengan orang-orang yang suportif agar Anda tetap semangat.

Untuk bisa terus bersemangat sepanjang hari memang kadang tak mudah, butuh usaha untuk terus termotivasi. Lakukan tips di atas. Bila gagal mewujudkan tujuan yang telah Anda tetapkan, mungkin perlu dipikirkan ulang apakah tujuan tersebut realistis atau tidak, atau mungkin ada beberapa faktor penyulit. Menyadari adanya tantangan tertentu bisa membantu Anda untuk evaluasi diri dan tahu apa saja yang bisa diperbaiki. Semoga hari-hari Anda lebih bahagia dan produktif!

(RN)