Perhatikan Ini Sebelum Membawa Anak ke Kantor

Oleh dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc pada 13 Nov 2019, 14:20 WIB
Berniat membawa anak ke kantor dalam waktu dekat? Ini beberapa hal yang mesti Anda perhatikan.
Perhatikan Ini Sebelum Membawa Anak ke Kantor (Africa-Studio/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Setiap orang tua ingin selalu berada di dekat buah hatinya, baik sekadar untuk mengawasi ataupun bermain bersama. Tidak heran, sebagian orang tua memberanikan diri untuk membawa anak ke kantor. Anda salah satunya?

Jika ya, Anda perlu melakukan beberapa persiapan sebelum benar-benar membawa anak ke kantor. Persiapan yang dimaksud meliputi:

1. Beritahukan pada atasan

Tidak semua kantor mengizinkan karyawan membawa buah hatinya ke kantor. Karena itu, jangan pernah membawa anak ke kantor tanpa memberitahu atasan Anda terlebih dahulu.

Telepon atau kirim pesan pada atasan dengan nada yang sopan, dan jelaskan alasan Anda mengapa perlu mengajak si Kecil ke kantor. Apabila si Kecil diizinkan, jangan lupa ucapkan terima kasih pada atasan Anda. Jika sebaliknya, sebaiknya Anda tidak memaksakan kehendak.

2. Jangan terlalu lama

Dengan mengajak si Kecil ke kantor, Anda akan lebih kesulitan membagi waktu untuk bekerja dan mengawasi anak. Oleh karena itu, pastikan kunjungan anak ke kantor hanya sebentar saja.

Anda bisa minta tolong pada pasangan atau orang lain yang ada di rumah untuk menjemput anak di kantor. Sehingga, Anda dapat kembali bekerja dan menuntaskan tanggung jawab di hari itu.

3. Pilih hari yang tepat

Apapun alasan membawa si Kecil ke kantor, akan lebih baik bila Anda memilih hari yang tidak terlalu sibuk. Hal ini bertujuan agar Anda tidak kesulitan membagi waktu untuk mengawasi anak dan memenuhi tanggung jawab dalam bekerja.

4. Bawa mainan yang tidak berisik

Anda harus menyiapkan mainan untuk mendukung kegiatan anak di kantor. Mainan tersebut mesti tepat, agar tidak menyebabkan gangguan pada rekan yang sedang bekerja. Karenanya, pastikan mainan yang dibawa tetap menarik perhatian si Kecil dan tidak menimbulkan suara berisik agar kenyamanan di kantor Anda tidak terganggu

5. Jangan minta teman kerja untuk mengasuh

Ada kemungkinan, rekan kerja Anda merasa senang saat si Kecil dibawa ke kantor. Kendati demikian, Anda sebaiknya tidak minta tolong pada rekan kerja untuk mengasuh anak sepanjang hari.

Pada dasarnya, setiap rekan kerja yang ada di kantor mempunyai tanggung jawabnya masing-masing. Bisa jadi tanggung jawab tersebut jadi ‘rusak’ apabila Anda memaksa rekan kerja untuk menjadi pengasuh sementara si buah hati.

6. Jangan jauh-jauh dari anak

Pastikan si Kecil selalu dalam jangkauan. Jika benar-benar memungkinkan, cobalah memindahkan ‘meja kerja’ Anda dekat dengan letak si buah hati supaya fleksibel, jadi Anda tetap dapat menuntaskan dua tanggung jawab sekaligus: bekerja dan mengawasi si Kecil.

Jangan lupa untuk menjauhkan beberapa peralatan kantor seperti gunting, klip kertas atau stapler dari jangkauan anak. Ini dilakukan agar benda-benda tersebut tidak diraih anak dan mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Membawa anak ke kantor mungkin menjadi suatu hal yang mesti Anda lakukan akibat satu dan lain hal. Akan tetapi, Anda harus mengerti bahwa kantor bukanlah tempat yang ideal untuk si buah hati. Oleh karena itu, persiapkan segala sesuatunya dengan matang agar anak tidak terganggu atau mengganggu pekerjaan Anda maupun rekan lainnya.

[NB/RPA]