Persiapan Sebelum Jalan Sehat Bersama Keluarga di Fun Walk IDINESIA

Ingin habiskan akhir pekan di acara Fun Walk IDINESIA besok? Jangan lupa beberapa persiapan sebelum jalan sehat agar semuanya berjalan lancar!
Persiapan Sebelum Jalan Sehat Bersama Keluarga di Fun Walk IDINESIA (Foto: Klikdokter)

Klikdokter.com, Jakarta Berolahraga di akhir pekan memang pilihan tepat. Tapi, jika belum ada rencana di akhir pekan, Anda bisa mengikuti acara Fun Walk IDINESIA yang diselenggarakan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) pada 24 November 2019 di Pintu 5 Gelora Bung Karno. Ini persiapan jalan sehat yang perlu Anda lakukan.

  • Bawa Bekal

Bukan bekal yang dijual di pinggir jalan, tapi Anda bisa membuat sendiri bekal sehat dari rumah. Misalnya sandwich tuna atau sandwich telur. Anda juga bisa menyiapkan sebotol minuman smoothies untuk keluarga, untuk menghilangkan rasa haus di tengah sesi jalan sehat. 

Baca Juga
  • Bawa Air Putih

Tidak hanya smoothies, tapi Anda juga diharapkan untuk membawa beberapa botol air minum yang sudah diisi dengan air putih.

Dijelaskan oleh dr. Dejandra Rasnaya dari KlikDokter, minum air putih sebelum, sesaat, dan sesudah olahraga merupakan hal yang sangat penting. Minum air putih bisa menjaga kadar air dalam tubuh tetap seimbang.  

  • Bawa Baju Ganti 

Pakaian yang basah sehabis olahraga bisa menimbulkan kuman penyebab gatal pada tubuh, terutama pada area punggung. 

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun bisa merasakan hal yang sama jika mengenakan pakaian yang basah akibat keringat. Karena itu, selalu bawa pakaian ganti di dalam tas agar biang keringat tidak terjadi pada diri Anda maupun pada anak. 

Selain baju ganti, Anda juga bisa membawa handuk kecil untuk mengelap keringat yang dikeluarkan oleh tubuh, sebelum Anda mengganti pakaian. 

  • Bawa Uang Kontan

Jika Anda membawa kendaraan atau berniat untuk meletakkan tas di dalam mobil, jangan lupa siapkan uang kontan di dalam kantong celana olahraga, atau tas kecil yang Anda bawa selama jalan sehat. 

Walau Anda tidak ingin berbelanja atau membeli camilan selama jalan sehat, memegang uang kontan penting untuk menghindari kemungkinan buruk terjadi. Misalnya, ketika Anda kehabisan air minum, maka Anda bisa membeli air putih yang dijual di pinggir jalan sebagai pertolongan pertama. 

  • Sudah Berpakaian Olahraga Sesampainya di Lokasi

Tempat olahraga terbuka belum tentu memiliki ruang untuk berganti baju. Karena itu, lebih baik Anda sudah bersiap dengan mengenakan pakaian olahraga lengkap saat hendak mengikuti acara olahraga di tempat olahraga umum. 

  • Lakukan Pemanasan dan Pendinginan 

Meski hanya jalan santai, Anda tetap perlu melakukan pemanasan sebelum memulai olahraga, dan menutup sesi olahraga dengan pendinginan. Hal ini bertujuan untuk menghindari cedera otot, kram kaki, dan otot tegang selama sesi jalan sehat berlangsung. 

“Tidak perlu lama, cukup pemanasan selama lima menit yang dimulai dari atas kepala sampai ujung kaki, maka setelah itu Anda sudah boleh ikut jalan sehat atau olahraga lainnya,” jelas dr. Dejandra. 

Setelah sesi olahraga selesai, Anda juga diharapkan untuk melakukan pendinginan selama 5 sampai 10 menit, agar otot yang tadinya tegang saat olahraga, bisa kembali rileks. 

Jika Anda berminat untuk mengikuti acara yang satu ini, silakan hubungi bagian informasi di 0800120888 hari Senin-Jumat pukul 08:00-16:30 WIB dan Sabtu pukul 08:00-12:00 WIB; lewat WhatsApp di 0811-157-8705, 0811-157-8702, dan 0878-7513-0888; atau lewat e-mail di cs@klikdokter.com.

Fun Walk IDINESIA adalah bagian acara puncak Hari Bakti Dokter Indonesia ke-111 dan HUT IDI ke-69. Tak hanya manfaat jalan sehat yang didapat, Anda juga bisa menikmati bazar makanan sehat, konsultasi dan cek kesehatan gratis, door prize, penampilan musik, serta area bermain anak. 

Sebelum kehabisan tempat, yuk, segera daftar! Tapi jangan lupa lakukan persiapan sebelum jalan sehat bersama keluarga dan IDINESIA, ya!

[RPA/ RH]

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Bolehkah Olahraga saat Sedang Flu?

Info Sehat
19 Nov

Perlukah Lansia Pergi Olahraga ke Gym?

Info Sehat
16 Nov

Fun Walk IDINESIA, Rasakan Manfaat Sehat Jalan Kaki Sambil Senang-Senang

Info Sehat
15 Nov

Cara Menghindari Diabetes Bisa dengan 4 Langkah Mudah Ini

Info Sehat
13 Nov

Mau Terus Semangat Sepanjang Hari? Ini Caranya

Info Sehat
13 Nov

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk