Sering Nyeri Ulu Hati? Waspadai 5 Penyakit Ini!

Oleh dr. Alvin Nursalim, SpPD pada 23 Nov 2019, 17:00 WIB
Tahukah Anda bahwa nyeri ulu hati juga bisa menjadi gejala dari adanya penyakit berbahaya? Waspadai dan kenali keluhan yang menyertainya!
Sering Nyeri Ulu Hati? Waspadai 5 Penyakit Ini! (Shaynepplstockphoto/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Rasa sakit bagian tengah perut dan di bawah rongga dada alias nyeri ulu hati merupakan keluhan yang umumnya dianggap sebagai gejala mag. Hal ini memang benar, namun tidak sepenuhnya. Pasalnya, nyeri ulu hati juga bisa terjadi akibat penyakit lain yang lebih berbahaya.

Berikut ini adalah lima penyakit yang punya gejala nyeri ulu hati:

  1. Gastritis

Gastritis adalah peradangan pada mukosa lambung. Penyakit ini akrab dikenal dengan nama sakit mag. Seseorang dengan penyakit gastritis akan mengalami adanya gejala nyeri ulu hati, mual dan perut kembung.

Terdapat beberapa penyebab gastritis yang perlu Anda ketahui. Misalnya, infeksi Helicobacter pylori, penggunaan obat pereda nyeri NSAIDS (non-steroidal anti-inflammatory drugs) dalam jangka panjang dan tanpa pengawasan dokter, dan stres psikis yang tidak segera diatasi.

  1. GERD

Tidak semua keluhan nyeri ulu hati adalah gastritis atau sakit mag. Penyakit lain yang juga memiliki gejala serupa adalah GERD (Gastroesophageal reflux disease). Ini adalah kondisi ketika asam lambung berlebih naik ke arah kerongkongan. GERD bisa disebabkan oleh klep antara lambung dan kerongkongan yang tidak berfungsi dengan baik.

Selain nyeri ulu hati, GERD juga bisa ditandai dengan gejala perut terasa panas, mulut terasa pahit atau asam dan dada terbakar (heartburn).

  1. Batu empedu

Penyakit batu empedu atau kolelitiasis adalah gangguan kesehatan di mana terdapat batu dalam kandung atau saluran empedu. Kondisi ini umumnya terjadi tanpa gejala, meski tidak menutup kemungkinan untuk mencetuskan keluhan nyeri di perut kanan atas yang menjalar sampai ke ulu hati.

Tidak hanya itu, keluhan yang mungkin timbul akibat penyakit batu empedu adalah kembung yang disertai rasa tidak enak pada perut ketika mengonsumsi makanan berlemak.

Batu empedu yang mencetuskan munculnya gejala-gejala tersebut perlu segera diobati agar keluhan tidak makin parah dan mengganggu atau menurunkan kualitas hidup penderitanya.

  1. Penyakit jantung koroner

Nyeri akibat penyakit jantung koroner biasanya terletak di daerah dada kiri. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan mereka yang mengalami penyakit ini juga merasakan keluhan nyeri ulu hati. Kondisi ini terjadi akibat sumbatan pembuluh darah di bagian bawah jantung, yang mencetuskan sensasi nyeri menjalar hingga ke bagian ulu hati.

  1. Perlemakan hati

Nyeri ulu hati juga dapat menjadi gejala dari gangguan hati yang bernama perlemakan hati alias fatty liver. Kondisi ini disebabkan oleh berbagai hal, seperti konsumsi alkohol berlebih, penyakit metabolik seperti diabetes dan kolesterol tinggi.

Oleh karena itu, bagi Anda yang tidak ingin mengalami penyakit ini beserta keluhan-keluhan yang menyertainya, batasi atau hindari alkohol sama sekali mulai saat ini. Lakukan juga pemeriksaan kesehatan secara berkala agar kemunculan penyakit lain yang dapat berujung pada perlemakan hati bisa dicegah atau dikendalikan.

Mulai saat ini, jangan melulu anggap nyeri ulu hati sebagai gejala dari penyakit mag. Segera periksakan diri ke dokter agar pengobatan yang paling tepat bisa segera diberikan. Jangan anggap sepele, karena nyeri ulu hati juga bisa menjadi gejala dari adanya penyakit berbahaya.

(NB/RPA)

62saanih.rawaindah.gmail_157217119730962saanih.rawaindah.gmail_1572171197309

kan saya uda bilang dok berkali,, sama dokter sudahlah saya ga mao mentusahkan sipa,, udahlah dok kan semua saya udah ceritakan trimakasih dok

62saanih.rawaindah.gmail_157217119730962saanih.rawaindah.gmail_1572171197309

yah berobat juga dikasih obat gitulagih,, engga ada solusi saya juga merasakan mata saya sebelah kiri bagian atas ga mukin sekaligus bisa disemuh kan