Bubuk Kunyit Efektif Menghilangkan Bulu Ketiak Secara Alami?

Bingung mencari cara menghilangkan bulu ketiak secara alami? Coba bubuk kunyit yang ampuh mengatasi masalah ketiak tersebut. Bagaimana caranya?
Bubuk Kunyit Efektif Menghilangkan Bulu Ketiak Secara Alami? (tarapong-srichaiyos/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Tak sedikit wanita yang ingin menyingkirkan bulu ketiak. Bagaimana tidak? Bulu ketiak bisa mengganggu penampilan, Terutama ketika mengenakan baju tanpa lengan. Jika biasanya Anda mencukur atau mencabutnya, kini cobalah menghilangkan bulu ketiak dengan menggunakan bubuk kunyit. Bagaimana caranya? 

Mencukur bulu ketiak memang mudah dilakukan. Namun, metode ini tidak sepenuhnya efektif. Bulu ketiak akan tumbuh kembali dalam beberapa hari hingga minggu.

Baca Juga

Lalu, bagaimana dengan mencabut? Tindakan ini efektif menghilangkan bulu ketiak dan mencegah pertumbuhannya selama beberapa saat. Akan tetapi, mencabut bulu ketiak bisa menimbulkan risiko infeksi maupun iritasi.

Meski memiliki risiko, keduanya memang terbilang aman dan efektif untuk dilakukan secara rutin. Jika Anda ingin mencoba teknik menghilangkan bulu ketiak yang baru, bubuk kunyit bisa jadi alternatifnya. 

Kandungan dalam bubuk kunyit

Menurut dr. Adeline Jaclyn dari KlikDokter, bubuk kunyit memiliki kandungan anti-inflamasi dan juga anti-bakteri yang efektif digunakan untuk mencabut bulu ketiak. 

“Kedua kandungan tersebut bisa menjaga kebersihan dan kelembutan kulit ketiak dan juga mencegah iritasi karena rambut ketiak yang tercabut,” ujar dr. Adeline.

Lalu, bagaimana cara menggunakannya? Anda bisa mencampurkan beberapa sendok bubuk kunyit dengan segelas susu hangat dan aduk hingga rata. Oleskan kedua bahan tersebut di daerah ketiak (layaknya sedang melakukan proses scrubbing) dan tunggu sekitar 30 menit. Kemudian, bilas menggunakan air hangat atau air suam-suam kuku dan keringkan.

Meski demikian, hingga kini memang belum dapat dipastikan bahwa bubuk kunyit dapat merontokkan bulu ketiak secara tuntas. Bila bulu ketiak tidak rontok juga, maka metode ini bisa Anda gunakan sebagai after treatment usai mencukur atau mencabut bulu ketiak.

Seperti yang dijelaskan oleh dr. Adeline sebelumnya, bubuk kunyit bisa membantu melembapkan dan menghaluskan, serta mencegah iritasi saat mencukur atau mencabut bulu ketiak.

Selain itu, bubuk kunyit juga berfungsi untuk menunda pertumbuhan rambut ketiak, sehingga bulu ketiak Anda tidak cepat tumbuh. Anda jadi lebih bebas menggunakan baju lengan buntung kapan saja, tanpa harus repot mencukur bulu ketiak. 

Selain menggunakan bubuk kunyit, Anda juga bisa menggunakan bahan dapur lainnya, seperti madu dan lemon. Kedua bahan ini akan bekerja menipiskan pertumbuhan bulu ketiak tanpa rasa sakit.

Anda bisa mencampurkan perasan buah lemon dan dua sendok madu. Lalu, oleskan di area ketiak dan diamkan selama 15 hingga 20 menit. Setelah itu, bilas dan keringkan.

Meski tergolong bahan alami, tetap saja masih ada risiko yang bisa ditimbulkan. Menurut dr. Adeline, risiko alergi dan iritasi bisa saja muncul di kulit wanita yang sensitif. Bahkan, bukan tidak mungkin bubuk kunyit bisa menyebabkan ruam merah yang gatal dan perih di kulit.

Untuk itu, Anda sebaiknya melakukan konsultasi dulu dengan dokter sebelum melakukan metode menghilangkan bulu ketiak dengan bahan-bahan alami, seperti penggunaan bubuk kunyit.

Coba terapi IPL (Intense Pulsed Light)

Selain menggunakan metode mencukur, mencabut, dan bubuk kunyit, adakah cara lain untuk menghilangkan buu ketiak? Menurut dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, penggunaan terapi Intense Pulsed Light (IPL) atau menggunakan sinar laser intensitas rendah dapat menghilangkan bulu ketiak.

IPL adalah perawatan menghilangkan bulu ketiak dengan sinar laser intensitas rendah. Hanya saja, cara ini memiliki kekurangan. Bulu ketiak tidak dapat hilang secara instan. Anda harus melakukan perawatan IPL berulang kali demi hasil maksimal. Walau membutuhkan waktu lama, tetapi cara ini relatif aman.

“IPL tidak bisa dilakukan dalam satu kali treatment. Ini karena awal perawatannya hanya mematikan rambut yang sudah dewasa saja. Jadi, bulu yang masih bayi belum bisa dihentikan pertumbuhannya dan harus tunggu dewasa dulu baru bisa dihilangkan,” ujar dr. Dyan. 

Selain untuk menghilangkan bulu ketiak, IPL juga bisa menghapus atau mengurangi bintik-bintik di tubuh, kerusakan akibat sinar matahari, tanda lahir, dan pembuluh darah yang pecah di wajah Anda. Cahaya dari IPL lebih tersebar dibanding laser. Pasalnya, IPL mampu menembus ke bawah lapisan kedua kulit (dermis) tanpa merusak lapisan atas (epidermis). Ini mengurangi kerusakan di kulit Anda.

Sebelum memulai terapi IPL, dokter spesialis biasanya akan membersihkan area yang ingin dirawat. Kemudian mereka mengoleskan gel dingin ke kulit Anda. Lalu, mereka menerapkan cahaya dari alat IPL tersebut ke kulit. Selama perawatan, Anda harus mengenakan kacamata hitam untuk melindungi mata dari sinar IPL.

Nah, Anda berminat coba yang mana? Tetap mencukur dan mencabut dengan menggunakan pinset, menggunakan bahan alami seperti bubuk kunyit, atau mencoba metode IPL? Untuk menghindari risiko iritasi dan masalah kulit lainnya akibat menghilangkan bulu ketiak, Anda bisa konsultasi dengan dokter terlebih dulu.

(AYU/ RH)

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Jaga Kulit Tetap Sehat Meski Sering Main Skuter Listrik

Info Sehat
14 Nov

Cara Mengatasi Bekas Gatal Menghitam karena Digaruk

Info Sehat
07 Nov

Kiat Atasi Permasalahan Bintil Putih di Kulit

Info Sehat
05 Nov

Cara Efektif Menghilangkan Bulu Kaki Berlebih pada Wanita

Info Sehat
03 Nov

Bahaya Penggunaan Produk Perawatan Kulit Kedaluwarsa

Info Sehat
02 Nov

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk