Bekal Sehat dan Lezat agar Si Kecil Lebih Semangat ke Sekolah

Bunda, yuk lebih semangat dalam menyiapkan bekal sehat dan lezat, agar Si Kecil lebih semangat beraktivitas di sekolah.
Bekal Sehat dan Lezat agar Si Kecil Lebih Semangat ke Sekolah (inewsfoto/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Ada banyak cara untuk menemani aktivitas Si Kecil di sekolah yang semakin padat. Salah satu cara agar Si Kecil siap menjalani hari-hari belajarnya adalah dengan menyiapkan bekal sehat dan lezat untuk ia bawa ke sekolah.

Untuk bisa tetap optimal menjalani hari-harinya yang padat, kunci pentingnya adalah menjaga tubuh Si Kecil tetap sehat dan bugar. Salah satu hal yang bisa Bunda lakukan adalah dengan menyediakan bekal makanannya.

Baca Juga

Ada beberapa manfaat sehat membawakan Si Kecil bekal makanan. Pertama, Bunda bisa memastikan kelengkapan gizi yang ia dapatkan.

Tubuh anak usia sekolah (usia 6-12 tahun) masih terus mengalami pertumbuhan. Oleh karena itu, Si Kecil butuh makanan kaya akan nutrisi dan lengkap dengan kandungan makronutrien dan mikronutrien.

Makronutrien adalah karbohidrat, protein, dan lemak, sementara mikronutrien termasuk vitamin dan mineral. Dengan membawakan bekal dari rumah, kebutuhan gizi Si Kecil bisa terpenuhi.

Manfaat lain menyiapkan bekal untuk Si Kecil agar ia terhindar dari kebiasaan makan yang buruk.

Seperti yang telah diketahui, jumlah anak yang mengalami obesitas terus meningkat. Padahal, obesitas adalah salah satu faktor risiko terjadinya penyakit seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan diabetes di masa mendatang.

Salah satu hal yang mencetuskan obesitas adalah kebiasaan makan makanan siap saji yang tinggi gula maupun garam. Untuk menyiasatinya, Bunda bisa membuatkannya makanan yang sehat, sehingga Si Kecil akan lebih jarang mengonsumsi makanan tinggi gula dan garam.

Selain itu, Bunda juga dapat mulai memperkenalkan pola makan sehat. Jika rutin membawakan buah dan menyediakan sayur dalam bekal makannya, maka Si Kecil akan terbiasa mengonsumsi buah dan sayuran hingga ia dewasa kelak.

Hal tersebut juga sekaligus menjadi contoh yang baik dalam menerapkan pola makan sehat.

1 dari 2

Tips menyediakan bekal sehat dan lezat untuk Si Kecil

loading

Sudah tahu bermanfaat, tetapi karena berbagai alasan Si Kecil tetap tidak dibekali makanan ke sekolah. Mungkin karena bosan dengan bekal yang itu-itu saja, Si Kecil termasuk picky eater, atau memang tak sempat.

Sebagai alternatif solusi, berikut adalah beberapa tips penting untuk menyediakan bekal sehat bagi Si Kecil:

  1. Buat jadwal bekal seminggu

Dengan menjadwalkan menu mingguan bekal Si Kecil, Bunda tak lagi mesti kebingungan akan menyiapkan makanan apa di kotak makannya. Bunda pun bisa mempersiapkan bahan-bahan makanan dengan lebih terorganisir, sekaligus penyimpanannya di lemari pendingin.

  1. Siapkan bekal yang praktis

Bekal yang praktis tetap bisa bernutrisi. Sebagai contoh, Bunda bisa membawakannya roti lapis atau sandwich dengan berbagai variasi isian. Mulai dari telur, daging, tomat, keju, selada, selai kacang, dan lain-lain.

Contoh lainnya adalah nasi kepal alias onigiri, yang bisa diisi dengan berbagai tumis ikan, daging, sayuran, ayam, dan lain-lain.

Susu juga merupakan salah satu pilihan bekal yang praktis dan bernutrisi. Kandungan protein dan lemak dalam susu dapat menjadi sumber energi bagi Si Kecil untuk beraktivitas sepanjang hari.

Bunda bisa membekalinya dengan susu cair steril siap minum Morinaga Chil*Go! yang mengandung berbagai nutrisi penting seperti serat pangan inulin 1700 mg, kolin, inositol, vitamin B kompleks, zat besi, yodium, kalsium, zinc, serta vitamin A, C, dan E.

Semua kandungan yang terdapat dalam Morinaga Chil*Go! yang Enak Bernutrisi berperan penting dalam mendukung Kecerdasan Multitalenta dan Pertahanan Tubuh Ganda Si Kecil yang berusia 1-12 tahun.

Ada lima pilihan rasa yang pasti disukai Si Kecil, yaitu cokelat, vanila, stroberi, pisang, dan melon madu. Tak hanya bisa diminum dengan praktis sebagai bekal sekolah, tetapi juga saat ia bermain dengan teman-temannya di luar rumah.

  1. Sajikan dengan menarik

Salah satu faktor yang dapat memengaruhi selera makan Si Kecil adalah penyajian makanan. Karenanya, cobalah tempatkan bekal makan dalam wadah makanan yang disukai Si Kecil.

Coba juga untuk membentuk atau menghias makanan sesuai dengan kegemarannya, misalnya mengikuti warna, bentuk, atau karakter favoritnya. Dengan demikian, Si Kecil akan lebih semangat ketika menyantap bekal.

Membuat bekal makan yang sehat dan lezat untuk Si Kecil tidaklah sesulit yang dibayangkan. Beberapa tips di atas niscaya bisa membantu Bunda untuk menyiapkan bekal makanannya ke sekolah. Tak hanya sebagai bentuk kasih sayang, tetapi juga untuk menjamin kebutuhan nutrisi hariannya dimanapun Si Kecil berada. Wherever You Go, Chil*Go!

(RN/ RH)

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Gejala dan Faktor Risiko Oppositional Deficit Disorder (ODD) pada Anak

Info Sehat
16 Nov

Manfaat Bermain Sepeda Tanpa Pedal Bagi Anak

Info Sehat
16 Nov

Cara Tepat Dukung Perkembangan Otak Anak

Info Sehat
15 Nov

Musim Panas Bikin Anak Mudah Terkena Penyakit Ini

Info Sehat
15 Nov

Kenali Penyebab Anak Sering BAB di Celana

Info Sehat
14 Nov

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk