Tips Menstimulasi Tumbuh Kembang Si Kecil Usia Satu Tahun

Tumbuh kembang Si Kecil baru akan optimal dengan pemberian stimulasi dan nutrisi yang tepat. Ini hal yang bisa Bunda lakukan.
Tips Menstimulasi Tumbuh Kembang Si Kecil Usia Satu Tahun (Odua Images/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Tumbuh kembang Si Kecil harus terus dipantau sejak dini. Hal ini dilakukan untuk mencegah Si Kecil mengalami keterlambatan, yang bisa memengaruhi kualitas kehidupannya di waktu mendatang.

Perlu Bunda ketahui, pertumbuhan dan perkembangan adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan dari hidup Si Kecil. Pertumbuhan diartikan sebagai penambahan jumlah dan ukuran sel-sel tubuh yang diukur dengan parameter berat dan tinggi badan, serta lingkar kepala.

Baca Juga

Sedangkan, perkembangan adalah hasil dari proses ‘pematangan’ sistem saraf serta diferensiasi berbagai sel-sel tubuh sehingga menghasilkan fungsi tambahan. Di mana, semua hal tersebut dinilai dari perkembangan motorik kasar, motorik halus, bahasa, kognitif dan kemampuan sosial.

Pertumbuhan dan perkembangan adalah dua hal yang saling berkaitan. Misalnya, Si Kecil dengan gizi buruk tidak memiliki massa otot yang cukup untuk menunjang kemampuan motorik kasar. Begitu pula dengan Si Kecil yang memiliki lingkar kepala kurang akibat malnutrisi, akan menyebabkan ia tidak memiliki kemampuan kognitif yang memadai.

Fase tumbuh kembang Si Kecil usia satu tahun keatas

Si Kecil usia satu tahun umumnya akan mengalami perkembangan kognitif yang lebih kompleks. Di usia ini, Si Kecil akan mulai memiliki kemampuan untuk mengingat perilaku atau kejadian di sekitarnya. Si Kecil juga mulai meniru dan berpura-pura menjadi orang lain (role play).

Di usia satu tahun, Si Kecil pun akan menangis saat dipisahkan dengan orang-orang terdekat. Selain itu, Si Kecil juga bisa menunjukkan sikap tantrum, apalagi jika keinginannya tidak dipenuhi oleh Ayah atau Bunda.

Si Kecil yang telah berusia satu tahun juga mulai memahami kosa kata yang bahkan sepuluh kali lebih banyak dari yang ia bisa katakan sebelumnya. Seiring berjalannya waktu, Si Kecil akan terus menguasai kosakata baru yang jumlahnya bisa mencapai 50 hingga 100 kosakata.

Tidak berhenti di situ, di usia satu tahun Si Kecil juga memiliki kemampuan sensorik dan motorik yang lebih baik. Si Kecil akan memiliki kemampuan berjalan yang lebih baik dan stabil. Seiring waktu, Si Kecil akan mampu mencapai tahap kontrol dan koordinasi yang lebih rumit hingga akhirnya mampu melompat dan memanjat.

1 dari 2

Stimulasi untuk dukung tumbuh kembang Si Kecil

loading

Salah satu hal yang dibutuhkan untuk menunjang tumbuh kembang Si Kecil adalah stimulasi. Ini karena kemampuan perkembangan Si Kecil berawal dari rangsangan yang didapatkan oleh panca indranya.

Si Kecil akan ‘merekam’ stimulasi tersebut dalam otak, dan memeragakannya sesuai dengan kemampuan yang dimiliki saat itu. Inilah mengapa Bunda perlu memberikan stimulasi sesuai dengan fase tumbuh kembang dan usia Si Kecil.

Sebagai contoh, untuk melatih kemampuan motorik dan sensorik Si Kecil, Bunda dapat melatihnya untuk berjalan yang dimulai dengan berdiri, berjalan dengan dituntun, berjalan satu atau dua langkah sendiri hingga akhirnya dapat berjalan dengan mandiri.

Stimulasi tersebut tidak hanya bisa dilakukan di dalam rumah, tapi juga di luar rumah. Stimulasi di luar rumah bertujuan untuk mengasah kemampuan Si Kecil dalam bersosialisasi dan berinteraksi dengan orang lain maupun alam sekitarnya.

Di samping stimulasi yang tepat, Bunda juga perlu memberikan pasokan nutrisi yang memadai. Tak perlu repot-repot mencari sumber nutrisi yang tepat, karena kini sudah tersedia Morinaga Chil*Go! yang praktis untuk dibawa saat menstimulasi Si Kecil di luar rumah.

Morinaga Chil*Go! yang Enak Bernutrisi memiliki kandungan serat pangan inulin 1700 miligram, kolin dan inositol, vitamin A, C, E, B kompleks, serta zat besi, yodium, zinc, dan kalsium. Semua nutrisi tersebut berperan penting dalam membentuk kecerdasan multitalenta, memberikan pertahanan tubuh ganda dan menjaga kesehatan saluran cerna Si Kecil.

Morinaga Chil*Go! hadir dengan varian rasa cokelat, vanila, stroberi, pisang dan melon madu yang pasti disukai Si Kecil. Dengan ini, upaya Bunda untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian untuk menunjang tumbuh kembang Si Kecil menjadi lebih mudah dan terjamin.

Jangan lupa untuk mengombinasikan stimulasi yang tepat dengan pemberian susu Morinaga Chil*Go! yang Enak Bernutrisi secara rutin dan teratur, agar tumbuh kembang Si Kecil terus berlangsung dengan optimal. Alhasil, Si Kecil akan terus tumbuh menjadi Generasi Platinum yang Multitalenta!

(NB/ RH)

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Bolehkah Bayi Diberi Minum Kopi?

Info Sehat
17 Sep

Cara Tepat Mencegah Obesitas pada Anak

Info Sehat
11 Sep

Umur Berapa Seharusnya Anak Mulai Ikut Klub Olahraga?

Info Sehat
09 Sep

Makanan untuk Tingkatkan Kecerdasan Otak Anak

Info Sehat
08 Sep

Bayi Sulit Tidur, Lakukan 4 Hal Ini

Info Sehat
06 Sep

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk