5 Superfood dengan Kearifan Lokal

Oleh dr. Astrid Wulan Kusumoastuti pada 27 Nov 2019, 14:00 WIB
Identik dengan produk impor yang mahal, padahal banyak juga superfood dengan kearifan lokal yang ramah kantong dan punya manfaat berlimpah!
5 Superfood dengan Kearifan Lokal (Sue Tansirimas/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Label “superfood” banyak menghiasi rak produk impor di swalayan premium, dengan harga cenderung lebih mahal. Akhirnya, banyak yang salah kaprah. Padahal, banyak juga superfood dengan kearifan lokal yang harganya terjangkau dan manfaatnya tetap berlimpah.

Secara arti, superfood adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan bahan makanan alami yang kaya akan kandungan nutrisi serta mampu menurunkan berbagai risiko penyakit.

Indonesia sebagai negara tropis memiliki beragam jenis makanan eksotis yang masuk dalam kelompok superfood—tak hanya sehat, harganya pun tak bikin kantong bolong! Apa saja?

  1. Taoge

Banyak dijual di swalayan, pasar tradisional, maupun tukang sayur, taoge banyak mengandung protein dan serat, sehingga sangat cocok dikonsumsi orang-orang yang sedang menjalani diet.

Taoge juga berfungsi sebagai antioksidan untuk menjaga daya tahan tubuh dan melawan sel-sel penyakit.

Selain itu, konsumsi taoge juga baik untuk pasangan yang merencanakan kehamilan. Pasalnya, taoge dapat meningkatkan kesuburan dan mengandung asam folat yang baik untuk rahim ibu hamil.

Perlu diketahui bahwa taoge berasal dari kacang hijau yang mengandung vitamin penting, mineral, protein, dan serat. Kalau sudah berkecambah (menjadi taoge), kandungan kalorinya berkurang, tetapi memiliki antioksidan dan asam amino lebih banyak.

1 of 5

2. Tempe

Tempe (Dani Daniar/Shutterstock)
Tempe (Dani Daniar/Shutterstock)

Kalau pergi makan ke restoran Indonesia, menu tempe hampir selalu ada. Menu “wajib” orang Indonesia ini mengandung asam lemak tak jenuh baik untuk menangkal kolesterol dan menyehatkan jantung. 

Tempe juga sangat baik bagi anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Ini karena kandungan kalsiumnya, yang juga dapat membantu mencegah osteoporosis.

Manfaat tempe lainnya masih banyak, termasuk sebagai antioksidan, penangkal diare, serta mencegah anemia.

2 of 5

3. Ikan teri

Ikan teri (Pawarun Chitchirachan/Shutterstock)
Ikan teri (Pawarun Chitchirachan/Shutterstock)

Meski ukurannya kecil, tetapi kandungan nutrisi ikan teri banyak sekali! Ikan teri mengandung vitamin E yang baik untuk kulit. Kalsium dan vitamin A yang juga terkandung di dalamnya sangat baik untuk menjaga kekuatan tulang dan kesehatan mata.

Untuk penderita anemia, ikan teri bisa menjadi variasi menu sehari-hari. Pasalnya, kandungan zat besinya tergolong cukup tinggi, yaitu sekitar 3,9 mg setiap 100 gram.

Ikan teri juga cocok untuk Anda yang sedang menjalankan diet, karena kandungan kalorinya sangat rendah.

3 of 5

4. Tahu

Tahu (Brent Hofacker/Shutterstock)
Tahu (Brent Hofacker/Shutterstock)

Dengan popularitas sebesar tempe, tahu juga ternyata masuk dalam kategori makanan super. Tahu adalah sumber protein yang baik agar fungsi metabolisme tubuh maksimal.

Nutrisi yang dimiliki tahu antara lain: protein, karbohidrat, serat, lemak, mangan, kalsium, selenium, fosfor, tembaga, magnesium, besi, dan zink.

Kandungan isoflavon pada tahu diketahui mendatangkan manfaat untuk meredakan nyeri haid. Isoflavon adalah senyawa yang bekerja seperti estrogen.

Menurut beberapa penelitian, tahu diketahui dapat menurunkan risiko penyakit jantung, kanker payudara, kanker di sistem pencernaan, kanker prostat, dan diabetes.

Potensi manfaat kesehatan lainnya termasuk menjaga atau meningkatkan kesehatan tulang, fungsi otak, elastisitas kulit, membantu menurunkan berat badan, serta meredakan gejala menopause.

4 of 5

5. Manggis

Manggis (On_france/Shutterstock)
Manggis (On_france/Shutterstock)

Kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, vitamin C, dan vitamin A hanya segelintir kandungan nutrisi penting yang bisa Anda peroleh dari si manis asam segar ini.

Melimpahnya kandungan nutrisi manggis banyak membuat buah tersebut dimanfaatkan untuk kesehatan kulit, peningkat kekebalan tubuh, menurunkan kolesterol, melancarkan peredaran darah, mengurangi radang sendi, hingga mampu mengendalikan diabetes.

Memang tak sedikit orang yang beranggapan bahwa sehat itu mahal. Namun, beberapa superfood dengan kearifan lokal tetap bisa bikin Anda makan sehat bebas kantong bolong. Tak perlu selalu mengandalkan makanan dengan embel-embel superfood. Prinsipnya, terapkan pola makan sehat bergizi seimbang dengan memperbanyak sayur dan buah, serta variasi berbagai jenis makanan. Optimalkan dengan olahraga teratur, hidrasi tubuh dengan baik, dan istirahat cukup.

(RN/RPA)

Lanjutkan Membaca ↓