Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi Setelah Melahirkan

Oleh dr. Andika Widyatama pada 27 Nov 2019, 14:35 WIB
Tidak hanya selama kehamilan, pastikan Anda juga mengonsumsi makanan ini sehat setelah melahirkan!
Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi Setelah Melahirkan (MJTH/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Tak hanya selama hamil, seorang ibu tetap harus mengonsumsi makanan sehat setelah melahirkan. Pasalnya, makanan ini diperlukan guna proses pemulihan organ intim wanita yang baru saja melewati proses kehamilan dan persalinan. Di samping itu, nutrisi makanan sehat tentu saja diperlukan oleh bayi melalui ASI. Nutrisi-nutrisi tersebut akan sangat berguna bagi pertumbuhan dan perkembangan si Kecil.

Setelah melahirkan, seorang wanita memiliki kebutuhan berkisar 1.800-2.200 kalori per hari. Ini bukan berarti Anda semata-mata bisa makan apa saja dalam dalam jumlah banyak untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Kebutuhan nutrisi tetap harus diatur agar lengkap dan seimbang sesuai kebutuhan Anda.

Nah, pasca melahirkan terdapat beberapa makanan sehat bernutrisi yang sebaiknya dikonsumsi. Simak penjelasannya di bawah ini! 

  1. Protein

Sudah menjadi rahasia umum bahwa protein merupakan salah satu nutrisi utama yang diperlukan oleh tubuh. Pasalnya, protein berperan sebagai zat pembangun bagi jaringan-jaringan di seluruh tubuh. Selain itu, protein merupakan zat yang diperlukan untuk pembentukan enzim dan hormon.

Beberapa makanan sehat yang bisa menjadi sumber protein, antara lain telur, tempe, tahu, ikan laut, kacang-kacangan, dan daging. Akan tetapi, pastikan Anda mengonsumsi daging yang tanpa lemak sehingga mengurangi risiko terpapar lemak jenuh yang tidak baik untuk kesehatan Anda.

  1. Kalsium

Seorang wanita yang baru melahirkan membutuhkan 1.000 mg kalsium per hari. Sebagai mineral utama di tubuh, kalsium diperlukan untuk pertumbuhan tulang, kontraksi otot jantung, dan otot rangka.

Selain itu, kalsium juga sangat penting bagi pertumbuhan tulang dan gigi bayi. Jika ibu memiliki asupan kalsium yang baik, tentu saja bayi akan bisa mendapat asupan kalsium yang baik pula melalui ASI yang diperolehnya.

Sumber kalsium bisa diperoleh dari susu dan produk olahannya, seperti keju dan yogurt yang mudah Anda temui dalam menu sehari-hari.

  1. Zat besi

Zat besi merupakan mineral yang juga sangat dibutuhkan oleh ibu yang baru melahirkan. Dalam beberapa kondisi, seorang ibu rentan mengalami anemia atau kekurangan sel darah merah pasca persalinan. Sering kali, hal tersebut karena ibu kekurangan asupan zat besi.

Dengan demikian asupan zat besi sangat diperlukan oleh ibu pasca persalinan. Sumber zat besi bisa diperoleh dari menu makanan sehari-hari. Misalnya bayam, udang, tempe, tahu, dan juga kacang-kacangan.

  1. Omega-3

Omega-3 merupakan asam lemak bernutrisi yang dibutuhkan oleh ibu pasca melahirkan. Faktanya, omega-3 bermanfaat untuk perkembangan otak bayi yang baru dilahirkan. Omega-3 dapat diperoleh si Kecil dari ASI.

Tidak hanya bagi bayi, omega-3 juga bermanfaat untuk ibu karena dapat memperbaiki mood pasca melahirkan. Omega-3 dapat diperoleh dari makanan, seperti salmon, tuna, sarden, serta canola oil.

Ada baiknya ketika ibu yang mengonsumsi ragam nutrisi di atas sebaiknya juga dibarengi dengan melakukan beragam pola hidup sehat lainnya. Misalnya, jalani pola hidup aktif dengan rutin berolahraga setiap hari dan kurangi konsumsi makanan tidak sehat.

Selain itu, cukupi juga waktu istirahat Anda. Mengurus bayi memang menguras banyak waktu dan energi, tetapi tubuh Anda tetap membutuhkan waktu istirahat. Anda bisa meminta bantuan suami atau keluarga terdekat, seperti orang tua dan mertua, untuk mengatasi hal ini.

Nah, itu dia beberapa makanan sehat yang baik dikonsumsi setelah melahirkan. Mulailah untuk mencukupi nutrisi yang dibutuhkan melalui variasi makanan sehat dalam menu asupan sehari-hari Anda. Apabila ada kesulitan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi.

[HNS/AYU]