Dampak Depresi Bisa Picu Bunuh Diri, Kapan Harus Periksa ke Psikolog?

Dampak depresi yang tak segera diatasi bisa memicu keinginan bunuh diri. Untuk mencegahnya, orang depresi disarankan untuk periksa ke psikolog. Kapan waktu yang tepat?
Dampak Depresi Bisa Picu Bunuh Diri, Kapan Harus Periksa ke Psikolog?

Klikdokter.com, Jakarta Depresi merupakan gangguan kesehatan mental yang sering terjadi tanpa disadari. Kondisi ini sebenarnya sangat berbahaya, karena dapat mencetuskan berbagai penyakit hingga memicu keinginan untuk bunuh diri.

Faktanya, depresi dapat terjadi dengan intensitas yang bervariasi; dari ringan hingga berat. Kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja, baik tua, muda, dewasa, bahkan pada anak-anak sekalipun.

Seperti telah disinggung sebelumnya, depresi umumnya terjadi tanpa disadari. Namun, orang-orang yang mengalami gangguan mental tersebut biasanya akan mengalami keluhan-keluhan sebagai berikut ini.

  • Kehilangan minat dan kegembiraan.
  • Berkurangnya energi sehingga sering mudah lelah.
  • Konsentrasi dan perhatian berkurang.
  • Harga diri dan kepercayaan diri berkurang.
  • Menyalahkan diri sendiri dan merasa tidak berguna.
  • Pesimis dan khawatir tentang masa depan.
  • Mengalami gangguan tidur.
  • Nafsu makan berkurang.

Puncak dari seluruh keluhan tersebut adalah munculnya keinginan untuk bunuh diri. Kondisi ini dirasakan jika gejala-gejala di atas terjadi tanpa teratasi selama sedikitnya dua minggu berturut-turut.

Artikel Lainnya: 6 Cara Mencegah Keinginan Bunuh Diri pada Remaja

1 dari 3

Mengapa Depresi Bisa Picu Bunuh Diri?

Mengapa Depresi Bisa Picu Bunuh Diri?
loading

Depresi dapat disebabkan oleh berbagai faktor, misalnya akibat stres berkepanjangan lantaran masalah keluarga, teman, ekonomi, menderita penyakit kronis dan lainnya.

Selain itu, gangguan mental tersebut ternyata juga berkaitan erat dengan kondisi genetik. Seseorang yang memiliki orang tua atau saudara yang mengalami depresi lebih berisiko untuk mengalami kondisi serupa.

Lantas, bagaimana seseorang yang depresi bisa mempunyai keinginan untuk bunuh diri? Terkait hal ini, Anda perlu tahu bahwa depresi diklasifikasikan menjadi empat kelompok utama. Misalnya, episode depresi ringan, episode sedang, episode berat tanpa gejala psikotik dan episode berat dengan gejala psikotik. 

Nah, orang-orang depresi yang punya keinginan bunuh diri biasanya berada di fase berat, baik dengan gejala maupun tidak. Ide bunuh diri ini muncul karena orang tersebut putus asa dalam menghadapi masalah yang dialaminya. Bisa juga karena merasa tidak ada harapan untuk hidup lagi. 

Orang dengan depresi kehilangan kemampuan berpikir logis sehingga kerap mengambil keputusan yang tergesa-gesa tanpa menganalisis dampak ke depannya. Inilah yang membuat ide bunuh diri kerap muncul pada orang yang mengalami depresi berat. 

Jika dibiarkan, ide bunuh diri tersebut bisa saja berkembang menjadi kekerasan terhadap orang lain atau percobaan mengakhiri hidup sendiri. Inilah hal yang harus dihindari. 

Untuk itu, orang yang mengalami depresi harus segera mencari pertolongan, salah satunya dengan berobat ke psikolog.

Artikel Lainnya: Kenali Bahaya Depresi Penyebab Bunuh Diri Sulli

2 dari 3

Kapan Waktu yang Tepat Periksa ke Psikolog?

Kapan Waktu yang Tepat Periksa ke Psikolog?
loading

Jika Anda mengalami gejala-gejala depresi, jangan tunda untuk langsung mencari pertolongan ke psikolog. Hal ini dilakukan sebelum depresi yang Anda alami bertambah parah dan benar-benar mengekang keinginan untuk terbebas dari jeratan.

Nyatanya, kondisi depresi berat dapat dicegah jika Anda mendapatkan pertolongan lebih awal dari psikolog. Seorang psikolog memiliki kemampuan dalam menganalisis penyebab depresi dan bagaimana jalan keluar terbaik yang dapat Anda ambil. 

Psikolog juga dapat melakukan psikoterapi untuk mengubah cara pandang Anda terhadap suatu hal, sehingga beban pada pikiran dan mental bisa berkurang. 

Dengan demikian, Anda tidak akan merasa sendiri dalam mencari solusi dari masalah yang mencetuskan terjadinya depresi.

Akan tetapi, jika kondisi depresi berat sudah terlanjur terjadi, orang tersebut mesti dibawa ke dokter ahli jiwa (psikiater). 

Pasalnya, depresi derajat berat adalah suatu keadaan gawat darurat yang membutuhkan pertolongan segera, misalnya dengan obat-obat antidepresan dan obat penenang yang harus dikonsumsi di bawah pengawasan dokter ahli.

Baca Juga

Bahaya depresi bagi kesehatan sangatlah beragam. Tak hanya memicu keinginan bunuh diri, gangguan kesehatan mental ini juga bisa menurunkan imunitas tubuh sehingga Anda lebih mudah sakit. 

Oleh karena itu, orang yang depresi dianjurkan untuk periksa ke psikolog sedini mungkin guna mencegah bunuh diri dan masalah kesehatan lainnya. Anda juga bisa curhat mengenai masalah yang bikin depresi pada psikolog dari KlikDokter melalui LiveChat 24 jam.

(NB/AYU)

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Atasi Depresi dengan Mengubah Pola Diet Anda

Info Sehat
16 Apr

Jenis-Jenis Depresi yang Perlu Anda Tahu

Info Sehat
15 Apr

Alasan Mengapa Pria Rentan Lemas dan Kehabisan Energi

Info Sehat
14 Apr

#Mugshotchallenge Bisa Ganggu Kesehatan Mental Korban Kekerasan

Info Sehat
13 Apr

Ini Dia Ciri-ciri Anak yang Mengalami Cyberbullying

Info Sehat
09 Apr

1 KOMENTAR

Avatar
Sonny Nuralam
10 Bulan Lalu

waw

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk