Tips Mengajarkan Gaya Hidup Sehat pada Anak Berkebutuhan Khusus

Selain perhatian ekstra, orang tua juga harus mengajari gaya hidup sehat pada anak berkebutuhan khusus. Ini beberapa tips yang dapat dilakukan.
Tips Mengajarkan Gaya Hidup Sehat pada Anak Berkebutuhan Khusus

Klikdokter.com, Jakarta Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang memiliki keterbatasan fisik, perilaku, kecerdasan, perkembangan, serta sensori. Seperti namanya, anak ini memang memerlukan kebutuhan dan perhatian khusus dalam kehidupan sehari-harinya. Nama lain untuk anak dengan kondisi ini adalah ABK.

Namun, sama seperti anak-anak lainnya, ABK juga perlu mendapatkan edukasi mengenai gaya hidup sehat dari orang tuanya. Hal ini penting agar tumbuh kembang mereka dapat berjalan lebih optimal.

Alasan Anak Berkebutuhan Khusus Perlu Gaya Hidup Sehat

Sama seperti anak normal, anak berkebutuhan khusus juga memerlukan gaya hidup sehat mulai dari pola makan, olahraga atau aktivitas fisik, istirahat, serta kebiasaan. Mereka membutuhkan itu untuk pertumbuhan dan perkembangan yang optimal.

Banyak kesalahpahaman yang terjadi pada orang tua yang merawat anak berkebutuhan khusus. Orang tua berpikir ABK harus diberikan asupan makanan sebanyak-banyaknya dan dilindungi secara berlebihan agar tidak cedera sehingga tidak boleh berolahraga.

Artikel Lainnya: Tumbuh Kembang Anak Berkebutuhan Khusus Bergantung pada Penerimaan Orang Tua

Tak sedikit pula orang tua yang berpikir, anak berkebutuhan khusus boleh dibiarkan melakukan kebiasaan yang ia senangi sesuka hati. Anggapan-anggapan keliru tersebut sebenarnya justru membahayakan bagi ABK.

Ketahuilah bahwa risiko berbagai penyakit metabolik menghantui banyak anak berkebutuhan khusus. Misal, obesitas dengan segala komplikasi jangka panjangnya seperti hipertensi, penyakit jantung, dan masalah kesehatan lainnya.

Itulah mengapa orang tua dengan anak berkebutuhan khusus harus mengetahui apa saja pola hidup yang baik bagi ABK. Serta, bagaimana cara membangun pola hidup sehat sehingga anak mereka bisa menjalani kehidupan dengan baik.

1 dari 2

Cara Mengajarkan Gaya Hidup Sehat pada Anak Berkebutuhan Khusus

Anak Berkebutuhan Khusus sedang Makan
loading

1. Dimulai dari Anda

Anak sangat mudah diajari sesuatu dengan cara mencontoh. Jika Anda ingin mengajarkan sesuatu kepada anak, maka mulailah dari Anda sendiri. Contohkan kepada anak cara hidup sehat, kemudian ajak anak untuk mengikuti Anda secara bertahap.

Cara ini dianggap paling efektif dalam mengajari anak berkebutuhan khusus untuk memiliki pola hidup sehat.

Artikel Lainnya: Mengenal Terapi untuk Anak Berkebutuhan Khusus

2. Atur Pola Makan Anak

Anak berkebutuhan khusus memang memiliki rentang pola makan berbeda-beda. Ada anak yang dapat makan sendiri, namun ada juga yang harus makan menggunakan selang khusus (seperti pada sebagian anak dengan gangguan saraf atau saluran cerna).

Pada anak yang tidak memiliki hambatan makan, Anda tetap perlu memperhatikan asupan kalori anak. Ajari anak untuk membatasi asupan karbohidrat dan lemak, terutama pada jajanan-jajanan tertentu.

Ajarkan anak untuk makan teratur serta mengonsumsi buah dan sayuran dengan cukup. Jumlah makanan yang diberikan juga harus disesuaikan dengan aktivitas fisik anak.

3. Lakukan Aktivitas Fisik Bersama Anak

Anak Berkebutuhan Khusus Naik Sepeda
loading

Ajaklah anak untuk melakukan aktivitas fisik sesuai dengan kemampuannya. Pada anak yang tidak memiliki keterbatasan untuk melakukan aktivitas fisik, Anda dapat mengajaknya berolahraga di luar rumah. Misalnya dengan berlari, bersepeda, atau jenis olahraga lain yang digemarinya.

Pada anak yang memiliki keterbatasan melakukan aktivitas fisik, maka Anda dapat menyesuaikan jenis aktivitas fisik sesuai dengan kemampuannya. Misalnya pada anak dengan keterbatasan pada kaki, Anda dapat mengajari anak melakukan aktivitas fisik dengan tangannya.

Artikel Lainnya: Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Anak Berkebutuhan Khusus

Orang tua atau pengasuh anak berkebutuhan khusus, perlu memberikan pengawasan yang ketat saat anak berkebutuhan khusus melakukan aktivitas fisik. Sehingga semua kondisi bisa aman terkendali.

4. Atur Pola Tidur Anak

Anak dengan kebutuhan khusus juga perlu diajarkan untuk dapat mengatur waktu tidurnya. Tidur pada malam hari sangat penting untuk pertumbuhan anak karena di sanalah terjadi pengeluaran hormon pertumbuhan.

Cara mudah mengatur pola tidur anak adalah dengan membiarkan anak tidur siang dan membangunkan anak pada sore hari untuk beraktivitas. Hindari tidur pada sore hari karena akan membuat anak tidak mengantuk pada malam hari.

5. Ajarkan Anak Kebiasaan-Kebiasaan Baik

Anak Berkebutuhan Khusus sedang Bermain
loading

Orang tua dapat mengajarkan kebiasaan-kebiasaan yang baik kepada anak berkebutuhan khusus. Misalnya, kebiasaan hidup bersih, bersosialisasi dengan lingkungan, atau melakukan hobi. Dengan begitu, mereka akan memiliki kebiasaan yang positif.

Jangan biarkan anak terlalu lama di depan TV atau gadget, karena ini bukan kebiasaan yang baik jika dilakukan secara berlebihan. Akan jauh lebih baik apabila anak diajak berinteraksi secara langsung.

Baca Juga

Kini, Anda telah mengetahui cara mengajarkan gaya hidup sehat pada anak berkebutuhan khusus. Dengan menerapkan pola hidup sehat, tumbuh kembang mereka pun bisa berjalan lebih lancar. Semoga bermanfaat!

Jika Anda masih memiliki pertanyaan seputar topik ini, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kami melalui layanan Live Chat di aplikasi KlikDokter.

[FY/ RS]

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Manfaat Jus yang Perlu Anda Ketahui

Info Sehat
24 Mar

Cegah GERD dengan Gaya Hidup Sehat Ini

Info Sehat
19 Feb

Cara Mengatasi Badan Lemas Setelah Sembuh dari Sakit

Info Sehat
23 Des

Dukung Penyandang Disabilitas & Hidup Sehat melalui “Gerak Tak Terbatas”

Info Sehat
04 Des

Jangan Ditinggalkan, Ini Peran Suami Ketika Lahir Anak Difabel!

Info Sehat
04 Des

1 KOMENTAR

Avatar
Bernat Khristina
8 Bulan Lalu

l

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk