Tips Menjaga Kesehatan Anak yang Hobi Bermain di Luar Rumah

Si Kecil mungkin saat ini sedang senang-senangnya bermain di luar rumah. Untuk itu, Anda bisa mencoba beberapa tips menjaga kesehatan anak berikut.
Tips Menjaga Kesehatan Anak yang Hobi Bermain di Luar Rumah (ferli/123rf)

Klikdokter.com, Jakarta Anak Anda hobi bermain di luar rumah? Jangan terlampau khawatir. Bermain di luar rumah memberi banyak manfaat bagi anak –seperti pengenalan lingkungan sekitar, meningkatkan kemampuan motorik, serta belajar bersosialisasi. Agar tetap aman, Anda perlu ekstra waspada dalam menjaga kesehatan anak saat bermain di luar rumah.

Bermain di luar rumah memang membuat anak lebih banyak melakukan kontak dengan orang lain. Bisa saja orang tersebut sedang pilek, batuk, atau penyakit menular lainnya. Jika pada saat itu sistem imun si Kecil kurang baik, besar kemungkinan dia akan tertular kuman dan virus.

Baca Juga

Belum lagi jika Anda mempertimbangkan banyaknya debu dan asap kendaraan di sekitar anak. Hal-hal ini dapat membuat si Kecil terkena alergi dan infeksi bakteri.

Tips untuk anak yang hobi main di luar rumah

Hal-hal tersebut sebaiknya tidak membuat Anda melarang anak bermain di luar rumah. Ada tips yang dapat membantu Anda menjaga kesehatan si Kecil yang hobi bermain di luar rumah, yaitu:

  • Tetap menjaga kebersihan

Bermain di luar berarti anak-anak melakukan interaksi langsung dengan orang, benda, dan hewan di sekitar. Hal-hal tersebut membuat anak dapat terpapar dengan kuman patogen penyebab penyakit.

Oleh sebab itu, pastikan anak Anda mandi dan rajin mencuci tangan dengan produk yang sesuai untuk anak-anak.

Salah satu yang wajib dicoba adalah Zwitsal Kids Bubble Bath Active Blue dan Zwitsal Kids Bubble Bath Beauty Pink. Sabun cair ini diformulasikan khusus untuk anak-anak dengan wangi buah-buahan yang segar dan tahan lama.

Sabun cair ini efektif menghilangkan kuman dan bakteri pada anak. Zwitsal Kids Bubble Bath Active Blue tersedia dalam wangi melon, sedangkan Zwitsal Kids Bubble Bath Beauty Pink memiliki aroma stroberi. Keduanya akan menjaga tubuh si kecil tetap harum sepanjang hari.

Untuk sampo, si Kecil bisa menggunakan Zwitsal Kids Shampoo Soft & Moisturizing Pink, Zwitsal Kids Shampoo Active Blue, dan Zwitsal Kids Shampoo Natural Green. Sampo khusus untuk anak ini diformulasi untuk membersihkan kulit kepala dan rambut. Dengan sampo Zwitsal, rambut buah hati Anda akan selalu sehat serta wangi sepanjang hari.

  • Memberikan nutrisi yang seimbang

Salah satu hal yang penting dalam menjaga kesehatan anak adalah nutrisi seimbang. Pastikan kebutuhan nutrisi anak Anda terpenuhi setiap harinya. Beri makanan dan minuman yang sehat –seperti sayur dan buah, ikan, daging, serta susu.

Dengan daya tahan tubuh yang baik, serangan kuman, bakteri, dan virus penyebab penyakit dapat ditangkal sehingga anak tidak mudah sakit.

  • Memberikan waktu bermain yang cukup

Waktu bermain yang cukup juga menjadi penunjang dalam menjaga kesehatan anak. Paling tidak, anak-anak memiliki waktu selama 30-180 menit untuk bermain di luar rumah.

Meski punya banyak manfaat, tidak baik juga jika waktu bermain anak berlebihan. Hal itu akan membuatnya menjadi capek sehingga kekebalan tubuhnya menurun.

  • Pastikan tidurnya cukup

Setelah memberi waktu untuk bermain di luar rumah, si Kecil juga membutuhkan waktu istirahat untuk menjaga kesehatannya. Dengan memiliki tidur yang cukup, kesehatan fisik dan emosional si Kecil menjadi lebih baik. Hal ini pada akhirnya juga akan menunjang performa anak di sekolah.

Dengan menerapkan tips di atas, Anda tidak perlu khawatir lagi menjaga kesehatan anak yang hobi bermain di luar rumah. Si Kecil pun dapat bergembira dan tetap sehat setelah bermain. Namun yang terpenting, pastikan anak membersihkan diri segera setelah bermain di luar rumah dengan sabun dan sampo Zwitsal.

[HNS/ RH]

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Tumbuh Kembang Anak Berkebutuhan Khusus Bergantung pada Penerimaan Orang Tua

Info Sehat
02 Des

Ragam Kegiatan Seru untuk Tumbuh Kembang Optimal Si Kecil

Info Sehat
26 Nov

Tips Menstimulasi Tumbuh Kembang Si Kecil Usia Satu Tahun

Info Sehat
26 Nov

Bekal Sehat dan Lezat agar Si Kecil Lebih Semangat ke Sekolah

Info Sehat
26 Nov

Kapan Waktu yang Tepat Membawa Anak ke Dokter Gigi?

Info Sehat
20 Nov

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk