7 Penyebab Benjolan di Gusi, Kapan Harus ke Dokter?
searchtext customer service

Ada Benjolan di Gusi, Kapan Perlu ke Dokter Gigi?

Benjolan di gusi bisa sebabkan berbagai hal. Apa saja penyebab benjolan di gusi? Apa harus diperiksakan ke dokter? Simak lengkapnya disini!
Ada Benjolan di Gusi, Kapan Perlu ke Dokter Gigi?

Klikdokter.com, Jakarta Munculnya benjolan di gusi seringkali dibiarkan tanpa perawatan oleh penderitanya. Biasanya mereka baru menyadari jika benjolan sudah membesar dan terasa sakit.

Agar tidak bertambah parah, benjolan harus segera dirawat sedini mungkin. Namun, kapan waktu yang tepat untuk periksa ke dokter gigi? 

Perlu diketahui, penyebab benjolan di gusi biasanya sebagai respons terhadap iritasi dari plak atau sisa makanan yang menumpuk. Penumpukan ini bisa menyebabkan gusi berdarah dan berwarna kemerahan.

Namun, dalam beberapa kasus, benjolan pada gusi mungkin merupakan tanda dari sesuatu yang lebih serius. Berikut beberapa kondisi yang menyebabkan benjolan muncul di gusi, yaitu:

1 dari 9

1. Kista

Kista
loading

Kista adalah gelembung kecil yang berisi udara, cairan, atau zat lunak lainnya yang dapat terbentuk pada gusi di sekitar gigi. Kebanyakan kista gigi muncul di sekitar akar gigi yang sudah mati. 

Mereka tumbuh perlahan seiring berjalannya waktu dan jarang menyebabkan gejala, kecuali jika terinfeksi. Ketika kondisi ini terjadi, rasa sakit dan bengkak akan muncul di sekitar benjolan.

Kebanyakan kista gigi mudah dihilangkan dengan prosedur pembedahan secara langsung. Selama prosedur, dokter gigi juga dapat merawat jaringan akar yang mati untuk mencegah kemunculan kista kembali. 

Artikel lainnya: Penyebab Gusi Sakit yang Harus Diwaspadai

2 dari 9

2. Abses

loading

Abses periodontal adalah benjolan berisi nanah yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Abses muncul seperti benjolan yang lembut, hangat dan seringkali terasa sangat menyakitkan.

Gejalanya meliputi sakit berdenyut secara tiba-tiba pada satu sisi hingga menyebar ke telinga, rahang, dan leher. Selain itu, abses muncul berwarna kemerahan dan terlihat bengkak di bagian gusi atau wajah.

3 dari 9

3. Fibroma

loading

Fibroma adalah benjolan bukan kanker yang terbentuk pada jaringan gusi yang teriritasi atau terluka. Umumnya, fibroma terjadi pada gusi akibat iritasi dari gigi palsu atau perangkat mulut lainnya. 

Benjolan di gusi seperti fibroma biasanya terasa seperti gumpalan yang keras, halus, berbentuk kubah, dan tidak menyakitkan. 

Dalam kebanyakan kasus, fibroma tidak memerlukan perawatan. Akan tetapi, jika tumbuh sangat besar, fibroma dapat diangkat melalui pembedahan. 

4 dari 9

4. Granuloma Piogenik

Granuloma Piogenik
loading

Granuloma piogenik adalah benjolan berwarna merah yang berkembang di rongga mulut, terutama gusi. Biasanya, kemunculan granuloma piogenik ditandai adanya benjolan bengkak dan mudah berdarah. 

Kondisi ini dapat disebabkan oleh trauma dan iritasi di gusi secara terus menerus. Akan tetapi, granuloma piogenik juga dapat ditemui pada beberapa wanita hamil. Dalam kasus tersebut, perubahan hormonal kemungkinan menjadi faktornya. 

Artikel lainnya: Gum Boil, Ketika Gusi Bengkak dan Bernanah

5 dari 9

5. Torus Palatinus

loading

Torus palatinus adalah tonjolan atau benjolan tulang yang terjadi di langit-langit mulut (palatum). Benjolan ini dikategorikan sebagai variasi normal yang tidak terasa sakit dan bukan merupakan kondisi berbahaya.

Massa muncul di tengah langit-langit keras. Ukuran dan bentuk torus palatinus dapat bervariasi. Biasanya, torus palatinus paling sering dialami wanita dan orang-orang keturunan Asia. 

6 dari 9

6. Torus Mandibula

loading

Kondisi ini ditandai dengan pertumbuhan tulang yang tidak berbahaya di dalam rongga mulut. Benjolan ini sering berkembang dan tumbuh di sisi mulut yang berlawanan. 

Meskipun ukurannya bisa sangat besar, tapi benjolan ini tidak menyebabkan sakit dan jarang menimbulkan gejala sehingga tidak memerlukan perawatan. 

Pada kasus yang jarang terjadi, torus mandibula bisa membesar dan mengganggu saat berbicara, sehingga prosedur operasi dapat menjadi pilihan

7 dari 9

7. Kanker Mulut

Kanker Mulut
loading

Kondisi ini dapat terjadi di dalam rongga mulut termasuk gusi. Kanker di gusi mungkin terlihat seperti pertumbuhan benjolan kecil atau penebalan kulit. 

Gejala lain kanker mulut di antaranya luka yang tak kunjung sembuh, nyeri lidah dan rahang, gigi terasa goyang, mudah berdarah, sulit mengunyah atau menelan, hingga sakit tenggorokan.

Artikel Lainnya: Penyebab Gusi Sakit yang Harus Diwaspadai

8 dari 9

Kapan Harus ke Dokter Gigi?

Kapan Harus ke Dokter Gigi?
loading

Umumnya benjolan pada gusi sering kali tidak berbahaya. Namun, penting untuk menghindari kondisi yang lebih serius sedini mungkin.

Jika Anda melihat salah satu gejala di bawah ini selain benjolan, sebaiknya segera menghubungi dokter gigi untuk pemeriksaan lebih lanjut. Beberapa gejala tambahan yang perlu diwaspadai di antaranya:

  • Benjolan yang tak kunjung hilang lebih dari dua minggu.
  • Disertai demam.
  • Sakit berdenyut.
  • Keluarnya darah dari benjolan.
  • Luka yang semakin parah.
  • Muncul bau busuk dari rongga mulut.

Untuk mencegah munculnya benjolan di gusi, lakukan perawatan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut secara teratur. 

Jangan lupa untuk rutin menjalani pemeriksaan di dokter gigi setiap enam bulan sekali. Dengan demikian, masalah-masalah di gigi maupun gusi dapat dihindari.

Baca Juga

Ketahui informasi mengenai kesehatan gigi dan mulut dengan membaca artikel di aplikasi KlikDokter. Anda juga bisa mengonsultasikan keluhan kesehatan melalui fitur layanan kami.

(OVI/JKT)

Referensi:

Healthline. Diakses 2022. What’s Causing This Bump on My Gums?

Medical News Today. Diakses 2022. What’s Causing This Bump on My Gums?

National Library of Medicine. Diakses 2022. Lumps and Bumps of the Gingiva: A Pathological Miscellany.

Healthline. Diakses 2022. What Is Torus Palatinus and How Is It Treated?

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

drg. Max Johnson, Sp. BM

Dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut
wallet
Rp. 50.000
avatar

drg. Ganendra Anugraha, Sp. BM

Dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut
wallet
Rp. 50.000
avatar

drg. Fransiska Uli Arta Panjaitan, Sp. Perio

Dokter Gigi Spesialis Periodonsia
wallet
Rp. 30.000

ARTIKEL TERKAIT

Beberapa Penyebab Gusi Pucat yang Harus Anda Waspadai

Info Sehat
27 Apr

Tips Mencegah Radang Gusi Saat Puasa

Info Sehat
25 Apr

Manfaat Sikat Gigi Saat Puasa untuk Kesehatan

Info Sehat
22 Apr

Perlu Paham, Ini Prosedur Scaling Gigi Yang Tepat

Info Sehat
22 Apr

Mengenal Metode Kuretase pada Gigi

Info Sehat
21 Apr

REAKSI ANDA

2 KOMENTAR

Avatar
ilham nawawi
2 Bulan Lalu

dok

Avatar
HANAFI LESMANA
3 Tahun Lalu

kalau benjolan di gusi yang tidak sakit dan sekarang sudah hilang lagi , apakah perlu tindakan ke dokter gigi lanjut ? karena sebelumnya difoto dan kata dokternya kemungkinan ada radang Atau lainnya, sarannya gigi malah dicabut, sekarang bengkak yang sudah hilang , Apakah perlu ke dokter gigi lagi ?

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat