Risiko Makan Daging Anjing bagi Kesehatan

Angka konsumsi daging anjing di Solo, Jawa Tengah, cukup meresahkan. Jangan ikut-ikutan, ketahui risiko makan daging anjing bagi kesehatan!
Risiko Makan Daging Anjing bagi Kesehatan (soloway/123rf)

Klikdokter.com, Jakarta Kasus makan daging anjing di Indonesia terus menuai pro dan kontra. Namun, Dog Meat Free Indonesia (DMFI) menyebutkan bahwa 13.700 ekor anjing dibunuh untuk dikonsumsi setiap bulan di wilayah Solo, Jawa Tengah. Belasan ribu ekor anjing tersebut dipasok dari Jawa Barat. Statusnya masih belum steril atau bebas rabies. 

Berangkat dari temuan tersebut, Karin Franken selaku Koordinator DMFI meminta pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk mengambil langkah cepat dalam melarang tindakan makan daging anjing. 

Baca Juga

Menurut Karin, rabies tak hanya ditularkan melalui daging anjing yang dikonsumsi. Namun, juga dari mobil yang mengangkut anjing-anjing tidak steril itu. Hal ini dikarenakan mobil yang mengangkut telah terpapar liur anjing yang tidak steril. Hal ini berpotensi menjadi media penyebar virus rabies.

Perkara itu kemudian ditanggapi oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Ia menginstruksikan Pemerintah Solo untuk membuat peraturan larangan makan daging anjing. Pasalnya, anjing bukanlah hewan untuk dikonsumsi. 

Hal yang dilontarkan Ganjar Pranowo sebenarnya sudah diatur dalam undang-undang Nomor 18 Tahun 2012. Dengan mempertegas aturan tersebut, diharapkan DPRD Kota di Jawa Tengah, seperti Solo, Salatiga, Sukoharjo, Sragen, dan Semarang bisa segera bertindak untuk mengatasi tingginya angka konsumsi daging anjing di daerahnya masing-masing.

Risiko makan daging anjing bagi kesehatan

Senada dengan Karin Franken, dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter mengatakan bahwa makan daging anjing dapat meningkatkan risiko terkena rabies. Badan Kesehatan Dunia (WHO) bahkan menduga bahwa perdagangan daging anjing adalah faktor penyebab penyebaran rabies di Indonesia. 

Rabies itu sendiri adalah penyakit akibat infeksi virus yang menyerang sistem saraf pusat. Kondisi ini dapat menyebabkan peradangan di otak dan mengancam keselamatan jiwa pengidapnya.

“Makan daging anjing juga meningkatkan risiko infeksi parasit, seperti E.Coli 107 dan salmonella. Belum lagi masalah antraks, hepatitis dan leptospirosis. Itu semua bisa menyebar melalui daging anjing ke manusia,” jelas dr. There.

Lebih lanjut, dr. Theresia mengatakan bahwa makan daging anjing juga bisa menjadi awal terjadinya penyakit trikinosis. Ini adalah penyakit yang bisa terjadi akibat makan daging mentah atau kurang matang dari hewan yang terinfeksi parasit Trichinella

“Begitu parasit ini ada di tubuh manusia, peradangan di pembuluh darah bisa saja terjadi,” katanya.

Gejala dan tingkat keparahan penyakit trikinosis bervariasi. Jika infeksinya berat, pengidap mungkin akan mengalami kesulitan dalam mengoordinasikan gerakan. Bahkan, jantung dan pernapasan juga akan terganggu. Kematian mendadak pun bisa terjadi kapan saja.

“Jangan berpikir bahwa suntikan antibiotik dosis tinggi pada anjing dapat mengatasi infeksi yang terjadi pada hewan itu. Perilaku ini justru membuat manusia yang makan daging anjing tersebut mengalami resistensi antibiotik, dan itu sangat berbahaya!,”

Dengan mengetahui fakta tersebut, Anda yang dulunya sering makan daging anjing sebaiknya bersikap lebih bijak dan waspada. Mulailah untuk membangun mindset bahwa anjing bukanlah hewan untuk dikonsumsi. Pegang teguh mindset tersebut, sekalipun bertentangan dengan tradisi. Ini dilakukan demi menjaga kesehatan tubuh untuk kini dan nanti.

Hentikan kebiasaan makan daging anjing mulai sekarang. Ayo, dukung pemerintah dalam upaya melarang perdagangan daging anjing di Indonesia. Jangan sungkan untuk melaporkan kecurigaan terhadap kendaraan dan tempat perdagangan daging anjing kepada pihak berwajib. Ini semua demi menjaga kesehatan seluruh warga Indonesia, termasuk Anda sendiri.

(NB/AYU)

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

9 Gejala Rabies yang Dapat Berujung Kematian

Info Sehat
28 Sep

Kapan Vaksin Rabies Perlu Diberikan?

Info Sehat
27 Sep

5 Penyakit Selain Cacar Monyet yang Ditularkan Hewan ke Manusia

Info Sehat
16 Mei

Wajib Tahu, Panduan Vaksinasi untuk Anak Alergi

Info Sehat
05 Mar

3 Penyakit Berbahaya yang Bisa Ditularkan dari Hewan Peliharaan

Info Sehat
19 Feb

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk