Cara Mudah Menyiapkan Buah di Tengah Kesibukan Bunda

Oleh KlikDokter pada 12 Dec 2019, 11:00 WIB
Buah memiliki nutrisi yang baik untuk tumbuh kembang si Kecil. Meski Bunda sibuk, jangan sampai asupan buah untuk Si Kecil terlupakan.
Cara Mudah Menyiapkan Buah (Lighthunter/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Buah kaya akan kandungan nutrisi yang baik untuk mendukung fungsi-fungsi tubuh, juga sekaligus dapat menjadi media untuk mengenalkan rasa dan tekstur makanan pada si Kecil. Makanan sehat ini mesti dikenalkan sejak masa MPASI, yaitu ketika usia si Kecil sudah menginjak 6 bulan.

Buah memiliki kandungan vitamin, mineral, serat dan antioksidan yang tinggi. Kombinasi zat nutrisi tersebut bisa memberikan manfaat baik sebagai berikut:

  • Mencegah penyakit

Nutrisi yang ditemukan dalam buah-buahan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang pada akhirnya mampu menurunkan risiko terjadinya penyakit kronis di masa yang akan datang.

Buah berwarna kuning seperti nanas memiliki kandungan antioksidan yang mampu melawan molekul perusak sel.

Buah biru seperti bluberi memiliki senyawa fitokimia yang bisa melindungi tubuh dari penyakit jantung maupun kanker. Sedangkan buah berwarna putih seperti pisang dapat membantu menjaga fungsi jantung dan paru-paru.

  • Membantu fungsi pengecapan

Mengonsumsi buah sejak masa MPASI bikin si Kecil merasakan sensasi kaya rasa, sekaligus belajar untuk mengonsumsi makanan dengan berbagai tekstur.

Hal ini bisa mengasah fungsi pengecapan si Kecil, sehingga ia tidak menjadi picky eater di kemudian hari.

  • Meningkatkan daya penglihatan

Jenis buah tertentu mengandung vitamin A, yang baik untuk menunjang fungsi penglihatan si Kecil. Dengan konsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin A tinggi, si Kecil mampu melihat dengan jelas sekalipun kondisi ruangan sedang gelap.

  • Kekuatan tulang lebih baik

Mengonsumsi buah sejak masa MPASI membantu si Kecil ‘membangun’ tubuh yang kuat dari ujung kepala hingga kaki. Itu berarti, si Kecil akan memiliki tulang yang kuat dan gigi yang tidak mudah patah di kemudian hari.

  • Pencernaan lebih sehat

Buah memiliki kandungan serat yang tinggi. Dengan konsumsi buah sejak masa MPASI, kesehatan saluran cerna si Kecil akan lebih sehat sehingga sembelit atau konstipasi maupun penyakit saluran cerna lainnya tidak akan terjadi.

1 of 2

Tips sajikan buah di kala sibuk

Sibuk bekerja bukan alasan untuk tidak memberikan buah pada si Kecil. Bunda tetap bisa membuat si Kecil merasakan nikmat dan manfaat dari buah dengan menyajikan pure.

Bagi Bunda yang belum tahu, pure merupakan teknik mengolah makanan agar memiliki tekstur lebih halus. Pembuatan pure dilakukan dengan memotong, mengukus dan menghaluskan.

Pada umumnya, pure buah tidak memerlukan tambahan air dalam proses pembuatannya. Karena setelah dikukus, buah sudah cukup lunak untuk dihaluskan menggunakan sendok dan saringan.

Bagi Bunda yang merasa benar-benar kesulitan menyiapkan pure buah untuk si Kecil, . Jadilah Bunda generasi Bapur (bawa pure), yang senantiasa membawa Milna Nature Delight ke mana pun pergi.

Milna Nature Delight adalah pure buah yang terbuat dari 100 persen buah asli, dan tidak mengandung pengawet maupun gula tambahan. Produk Milna yang satu ini mengedepankan konsep natural food alias makanan alami, karena diproses secara minimal dan tidak mengandung sedikit pun zat aditif.

Milna Nature Delight tersedia dalam rasa dalam tiga variasi rasa: Carrot, Apple, Pumpkin; Banana, Strawberry, Apple; dan Apple & Peach. Tidak hanya itu, Milna Nature Delight juga praktis, mudah dibawa dan bisa dikonsumsi langsung dari kemasannya.

Jadikan Milna Nature Delight sebagai konsumsi harian si Kecil. Dengan ini, si Kecil akan mendapatkan semua kebaikan yang dimiliki buah. Jangan lupa baca aturan pakai, agar manfaat Milna Nature Delight bisa sepenuhnya optimal.

(NB/ RH)

Lanjutkan Membaca ↓